Analisis Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Fase A Kurikulum Merdeka

Rohmatul Ummah Dian syarifah

Abstract


Perubahan kurikulum memberikan dampak dalam penyusunan buku teks siswa, banyak peneliti yang telah mengakaji perubahan buku teks siswa ketika terjadi perubahan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas buku teks Bahasa Indonesia “Keluargaku Unik’ fase A untuk kelas 2 SD/MI dalam konteks kurikulum merdeka. Fokus kajian penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kelayakan isi, kejelasan bahasa, dan bagaimana penyajian Buku Teks siswa. Penelitian ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa buku tersebut memenuhi standar kualitas yang dibutuhkan dalam pendidikan dasar yang sesuai dengan tujuan dari kurikulum merdeka atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku ini memenuhi kriteria kelayakan isi, bahasa, dan penyajian berdasarkan standar BSNP. Materi buku ini sesuai dengan Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka, dengan materi yang mendukung pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Dari aspek Bahasa, buku ini menggunakan bahasa yang sederhana, komunikatif, dan sesuai dengan tingkat perkembanga siswa. Penyajian buku mencakup teknik sistematis, unsur pendukung seperti pembacaan jurnal dan refleksi, serta koherensi antara bab yang baik. Buku ini efektif dalam mendukung pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka dan layak digunakan. Rekomendasi penelitian adalah pengembangan ilustrasi digital yang lebih konstektual untuk meningkatkan daya tarik visual siswa.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, M., Kuantoro, E., & Purba, A. (2024). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Utama Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas X Dengan Capaian Pembelajaran (Cp) Kurikulum Merdeka. LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 14(1), 135. https://repository.unja.ac.id/59919/

Aliyansyah, M., & Saputra, H. H. (2021). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Kelas III SD/MI Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan. Renjana Pendidikan …, 1(3), 183–188.

Argita Endraswara. (2013). Metode penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Eppendi, J., Ilham, M., Vega, N. De, Borneo, U., Merdeka, K., Mengajar, M., & Perumusan, P. (2024). Analisis Proses Perumusan CP : Merdeka Mengajar ? 327–338. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.4455

Fairuz, T. (2019). Analisis Kesesuaian Materi IPA Dalam Buku Ajar Kelas V SD/MI dengan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Dalam Pendidikan Dasar, 02, 76–84. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5069

Hanifah, B. M., Amany, M., Dyaahulhaq, S. F., & Hanifah, D. P. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka: Kajian Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI. Prosiding SEMAI 2: Seminar Nasional PGMI 2023, 4(2), 10–21. http://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai

Hendrawanto, Y. (2017). Kelayakan buku teks bahasa indonesia sma/smk: analisis kebahasaan, isi, penyajian, kegrafikaan, dan keterbacaan. 01–80.

Hikmah, K., & Astuti, R. (2018). Analisis Perbandingan Kualitas Buku Teks Bahasa Arab Ta’lim Al-Lughoh Al-Arobiyah Dan Al-‘Ashri : Kajian Isi, Penyajian Dan Bahasa. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(1), 12–29. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.1608

Hilal, M. (2013). Guru di tengah perubahan kurikulum. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 111–124. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&oe=ASCII&user=Q62lt2YAAAAJ&cstart=100&pagesize=100&sortby=pubdate&citation_for_view=Q62lt2YAAAAJ:O3NaXMp0MMsC

Irawan, D., Bramasta, D., Yulianingrum, F., & Mumpuni, A. (2022). Telaah Buku Teks Pelajaran Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(10), 15–28.

Jonathan Saswono. (2006). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue January).

kemendikbudristekdikti. (2024). Kurikulum Merdeka. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka

Kurniati, I. D., Setiawan, R., Rohmani, A., Lahdji, A., Tajally, A., Ratnaningrum, K., Basuki, R., Reviewer, S., & Wahab, Z. (2015). Buku Ajar.

Kusuma, Z. L. D. (2024). Apa Kurikulum Pendidikan Indonesia Saat Ini? Detik-Bali. https://www.detik.com/bali/berita/d-7328652/apa-kurikulum-pendidikan-indonesia-saat-ini

Lubis, M. (2015). Kesiapan Para Guru Sebagai Pengembang Kurikulum dalam Merespon Perubahan Kurikulum. The 2nd International Multidisciplinary Conference, 461–467. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/IMC/article/viewFile/1354/1209

Maiti, & Bidinger. (1981). Sumber Belajar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Margareta, S. (2013). Hubungan Pelaksanaan Sistem Kearsipan Dengan Efektivitas Pengambilan Keputusan Pimpinan : Study Deskriptif Analisis Kuantitatif Di Sub Bagian Kepegawaian Dan Umum Lingkungan Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Repository UPI, 40–50.

Muslich, M. (2016). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Ar-Ruzz Media.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Risbi, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 25tahun 2022 Tentang Penilaian Buku Pendidikan (2022). https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/undang-undang/PERMENDIKBUDRISTEK NOMOR 25 TAHUN 2022.pdf

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Buku yang digunakan oleh Satuan Pendidikan. Resma, 3(2), 13–22.

Purnomo, M. E. (2006). Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. Sriwijaya University Institutional Repository.

Rahayuningtyas, D. I., & Mustadi, A. (2018). Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Ajar Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 123–139. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21848

Ritonga, R. F., Maesaroh, M., & Kartikawati, E. (2022). Analisis Kesesuaian Materi Sistem Pernapasan dan Sistem Percernaan Pada Buku Teks Biologi SMA. Biodik, 8(2), 47–53. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.15634

Siringo-ringo, A., & Pangaribuan, T. R. (2021). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud. KODE: Jurnal Bahasa, 11, 21–29.

Surat Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, DanTeknologi Nomor 033/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang . https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1692927593_manage_file.pdf

Wahyuni, H. I., & Puspari, D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Mengemukakan Daftar Urut Kepangkatan dan Mengemukakan Peraturan Cuti. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1 SE-Articles), 54–68. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p54-68

Wardhani, F. P., Fiamanillah, Islamiyah, Y. H., Zulfadilla, I., Pajriansyah, & Mukhlis, M. (2022). Analisis Kelayakan Penyajian Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. SAJAK: Sastra, Bahasa, Dan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra , 1(1), 156–167.

Wardhani, F. P., Islamiyah, H. Y., Zulfadilla, I., Mukhlis, M., & Riau, U. I. (2022). SAJAK. 1, 156–167.

Yulia Rahayu. (2023). PROBLEMATIKA KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8594/3211




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.34813

Refbacks



Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.