Preservation Strategy of Basa Temanggungan through the Media Development of Flashcard at MI Elpist Temanggung
Abstract
References
Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan dalam Pembelajaran Bahasa Arab. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ojbs.v7i2.449
Asdar, Asdam, M., Angreani, V., Lutfin, N., Asia, & Seleng, A. (2023). Desain Bahan Ajar Keterampilan Membaca Berbasis Pendekatan Integratif Sebagai Bahan Implementasi Model ADDIE Pada Siswa. EDULEC : Education, Language, and Culture Journal, 3(3). https://doi.org/https://doi.org/10.56314/edulec.v3i3.182
Budiarta, I. W. (2019). Eksistensi Bahasa Lokal Terkait Pemindahan Ibu Kota Negara Ke Kalimantan Timur: Ancaman dan Strategi Pemertahanannya. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 1–9.
Endang, M. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. UNY Press.
Hidayat, F. (2021). Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Model In Islamic Education Learning. Jurnal Inovasi PAI, 1(1).
Ichsan, A. S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Islam (Sebuah Analisis Implementasi GLS di MI Muhammadiyah Gunungkidul). Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 69–88. https://doi.org/10.14421/AL-BIDAYAH.V10I1.189
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2).
Mimin, E. (2023). Pentingnya Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok dalam Kurikulum PAUD guna Menghasilkan Siswa Berkepribadian Unggul. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4).
Muanayah, N. A., Sabela, R. S., & Fitrianti, S. I. (2023). Pengetahuan Lokal Masyarakat Temanggung dalam Basa Temanggungan (Sebuah Telisik Etnolinguistik). Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 22(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26499/mm.v22i2.6236
Musaddat, S., Suarni, N. K., Dante, N., Putrayasa, I. B., & Dantes, G. R. (2021). Kelayakan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berkearifan Lokal Sebagai Bahan Literasi Bahasa Berbasis Kelas serta Pengaruhnya terhadap Karakter Sosial dan Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i3.2123
Nurdiniawati. (2020). Penggunaan Media Flash Cards untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Al-Af’idah Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Arab, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.52266/al-afidah.v4i1.496
Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah terhadap Hasil Belajar Iqro pada Santri The Gold Generation. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.106
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sartika, L., & Sujana, R. (2022). Potensi Bahasa Melayu Jambi Dialek Seberang Sebagai Muatan Lokal Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1133
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Taufiqqurrahman. (2019). Strategi Pengembangan Buku Muatan Lokal Bahasa Sasak di Kabupaten Lombok Barat. JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v5i1.673
Verrysaputro, Andriyan, E., Subekti, & Aditya, P. (2023). Kontribusi Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Nusantara: Jurnal Pengembangan Bahasa Dan Sastra Daerah, 1(1).
Yunianta, R. D., & Ichsan, A. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Kisah Kepahlawanan Tokoh Wayang pada Siswa Kelas V SD 2 Panjangrejo Pundong Bantul. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 103–114. https://doi.org/10.30605/JSGP.3.1.2020.148
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.32946
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.