Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Rosa Amelia, Sumianto Sumianto, Mufarizuddin Mufarizuddin, Rizki Ananda, Yenni Fitra Surya

Abstract


Proses pembelajaran pada kelas V UPT SD Negeri 011 Sungai Jalau saat ini belum mempraktekkan apa yang dipelajarinya menggunakan objek nyata, sehingga pemahaman siswa terhadap pembelajaran mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas dengan subjek 23 orang siswa kelas V yang berlokasi di UPT SD Negeri 011 Sungai Jalau, kecamatan Kampar Utara, kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini berupa dokumentasi dan observasi. Instrument penelitian ini menggunakan perangkat pembelajaran, rubrik penilaian dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuanititatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil penilaian kemampuan berpikir kreatif siswa melalui mind mapping pada siklus I pertemuan I memperoleh rata-rata kelas 41% pada kriteria tidak kreatif, pertemuan II meningkat menjadi 55% pada kriteria kurang kreatif. Siklus II pertemuan I memperoleh rata-rata kelas 73% pada kriteria kurang kreatif, pertemuan II meningkat menjadi 91% pada kriteria sangat kreatif. aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata 63% pada kriteria cukup baik, sedangkan siklus II memperoleh 85% pada kriteria baik. Untuk aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata 67,5% pada kriteria cukup baik, sedangkan siklus II memperoleh 89% pada kriteria baik. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunakaan model pembelajaran Predict Observe Explaint mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V UPT SD Negeri 011 Sungai Jalau.

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2019a). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1

Ananda, R. (2019b). Perencanaan Pembelajaran (Amiruddin (Ed.); Februari 2). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Anggreani, C. (2015). LINGKUNGAN PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta kritis satu. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 343–360.

Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ipa Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 02(06), 1–9. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/search/search?query=CONTEXTUAL+&authors=&title=&abstract=&galleyFullText=&suppFiles=&dateFromMonth=&dateFromDay=&dateFromYear=&dateToMonth=&dateToDay=&dateToYear=&dateToHour=23&dateToMinute=59&dateToSe

Firman, S., & Ineu, N. H. (2017). Predict-Observe-Explain (Poe) Learning Model for Increase Student’S Concept Understanding on the Material of the Nature of Light. Antology UP, 12–23.

Gemasih, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V MIN 12 Aceh Tengah. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 6.

Ginting, G. (2019). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Unsur-unsur Segitiga Menggunakan Aturan Kosinus Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas X Multimedia SMK Negeri Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019.

Gunawan, A. I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas Viii Mts Ma’Arif Al …. http://repository.radenintan.ac.id/15497/

Herdiawan, H., & Langitasari, I. (2019). Penerapan pbl untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep koloid. 4(1), 24–35. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4867

Larasati, N. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Makanan Sehat di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Sungai Pinang. 5(2), 176–187.

Masitoh, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Minat Belajar dan AQ Siswa melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving.

Shafariani Fathonah, F. (2016). Penerapan Model Poe (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 171–178.

Sukardiyono, T. (n.d.). Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas. 1-.

Sumianto. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Pop Up pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Metode Eksperimenuntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sdn 011 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, 1(1), 10–20. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.150

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174

Zuraida, I., Kariadinata, R., & Susilawati, W. (2015). Mind Map Siklus Dan Mind Map Laba-Laba Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 11. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.556




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.29829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.