Analisis Pentingnya Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Perundungan pada Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adiyono. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1050
Alawiyah, M., & Busyairi, A. (2018). Peran Guru dan Lingkungan Sosial terhadap Tindakan Bullying Siswa Sekolah Dasar. Joyful Learning Journal, 7(2). https://doi.org/10.15294/JLJ.V7I2.24441
Butar, H. S. B., & Karneli, Y. (2022). Persepsi pelaku terhadap bullying dan humor. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 372-379.
Fadil, K. (2023). Peran guru dalam penanaman sikap anti bullying verbal dalam pembelajaran PKN di sekolah dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 123-133.
Firmansyah, F. A. (2022). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205–216. https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590
Giwangsa, S. F. (2018). Pentingnya Pendidikan Moral dalam Pendidikan Kewarganegaraan. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 26–40. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v1i1.16
Ismail, T. (2019). Pentingnya Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4761
Muttaqin, M. F., & Aviari, B. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di SD IT Insan Teladan Mandiri Cibitung. JIEGC Journal of Islamic Education Guidance and Counselling, 3(1), 25–30. https://doi.org/10.51875/jiegc.v3i1.150
Muttaqin, M. F., & Hariyadi, S. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan Masyarakat pada Sekolah Dasar. Muttaqin | JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1). https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3302
Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterampilan Manajemen Kelas terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 178. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.178
Rahmawati, I. S., & Illa, A. (2020, November). Pencegahan bullying dalam pendidikan karakter melalui peran guru di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 633-640).
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892
Rihani, A. L., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Studi Literatur: Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(2), 123-131.
Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366
Sofyan, F. A., Wulandari, C. A., Liza, L. L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying dan Cara Mengatasi Masalah Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04), 496–504. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i04 Desember.400
Sucipto, S. (2016). Bullying dan upaya meminimalisasikannya. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1).
Susanto, R., Syofyan, H., Febriani, E., Nisa, M. A., Oktafiani, O., Yolanda, Y. D., Tobing, L. A. L., Diani, S. B., Hendrawan, B. B., Alfira, A., Cahyaningrum, D. E. N., Oktavia, H., & Nurlinda, B. D. (2021). Pemberdayaan Keterampilan Model Komunikasi Instruksional Guru SD. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 84–94. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.36635
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.29504
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.