Analisis Pentingnya Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Perundungan pada Siswa di Sekolah Dasar

Bella Aldama, Hadi Rohyana, Pebrisa Ambrina

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis  pentingnya peran guru dalam mengatasi dan mencegah terjadinya perundungan di sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu studi literature dengan pendekatan kualitatif deskriptif teknik pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini yaitu dengan cara membaca jurnal relavan terakreditas kemudian menganalisis dan menyimpulkan. Temuan penelitian ini menunjukkan: Guru terbukti berperan penting dalam mencegah dan mengatasi perundungan di sekolah dasar, beragam variasi yang guru lakukan yaitu dengan menerapkan pendidikan karakter, kemudian memberikan bimbingan, nasihat, arahan, pemahaman, memberikan contoh perilaku yang baik serta memberikan efek jera kepada pelaku perundungan. Kesimpulan bahwa peran guru sangatlah bervariasi yaitu dengan cara menerapkan pendidikan karakter memberikan nasihat, bimbingan klasikal serta individual arahan melakukan deklarasi anti perundungan kemudian dalam mengatasi perilaku perundungan guru memanggil siswa memberikan arahan memberikan efek jera pada siswa. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya peran guru kelas dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung bagi semua siswa di sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Adiyono. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Alawiyah, M., & Busyairi, A. (2018). Peran Guru dan Lingkungan Sosial terhadap Tindakan Bullying Siswa Sekolah Dasar. Joyful Learning Journal, 7(2). https://doi.org/10.15294/JLJ.V7I2.24441

Butar, H. S. B., & Karneli, Y. (2022). Persepsi pelaku terhadap bullying dan humor. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 372-379.

Fadil, K. (2023). Peran guru dalam penanaman sikap anti bullying verbal dalam pembelajaran PKN di sekolah dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 123-133.

Firmansyah, F. A. (2022). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205–216. https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590

Giwangsa, S. F. (2018). Pentingnya Pendidikan Moral dalam Pendidikan Kewarganegaraan. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 26–40. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v1i1.16

Ismail, T. (2019). Pentingnya Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4761

Muttaqin, M. F., & Aviari, B. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di SD IT Insan Teladan Mandiri Cibitung. JIEGC Journal of Islamic Education Guidance and Counselling, 3(1), 25–30. https://doi.org/10.51875/jiegc.v3i1.150

Muttaqin, M. F., & Hariyadi, S. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan Masyarakat pada Sekolah Dasar. Muttaqin | JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1). https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3302

Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterampilan Manajemen Kelas terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 178. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.178

Rahmawati, I. S., & Illa, A. (2020, November). Pencegahan bullying dalam pendidikan karakter melalui peran guru di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 633-640).

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892

Rihani, A. L., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Studi Literatur: Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(2), 123-131.

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366

Sofyan, F. A., Wulandari, C. A., Liza, L. L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying dan Cara Mengatasi Masalah Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04), 496–504. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i04 Desember.400

Sucipto, S. (2016). Bullying dan upaya meminimalisasikannya. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1).

Susanto, R., Syofyan, H., Febriani, E., Nisa, M. A., Oktafiani, O., Yolanda, Y. D., Tobing, L. A. L., Diani, S. B., Hendrawan, B. B., Alfira, A., Cahyaningrum, D. E. N., Oktavia, H., & Nurlinda, B. D. (2021). Pemberdayaan Keterampilan Model Komunikasi Instruksional Guru SD. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 84–94. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.36635




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.29504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.