Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model PBL Berbantuan Media Kartu Bergambar Materi Sumber Energi Pada Siswa Di Sekolah Dasar Kelas III B SD Kanisius Kalasan

Anggraini Rahmita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan pembelajaran yang berbeda-beda dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) dan media kartu bergambar pada topik sumber energi untuk siswa kelas III B di SD Kanisius Kalasan. Metode pembelajaran ini dirancang untuk membantu pemahaman yang beragam dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini dilakukan melalui analisis dokumen. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan PBL dengan media kartu bergambar dapat meningkatkan pemahaman konsep sumber energi dan menginspirasi siswa untuk belajar secara aktif. Siswa menunjukkan minat yang tinggi dalam pembelajaran, dan terdapat peningkatan dalam keterampilan kolaborasi, komunikasi, dan pemecahan masalah. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran yang berbeda-beda dengan menggunakan model PBL dan media kartu bergambar efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sumber energi di tingkat SD.

References


Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development Institus Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 468–470.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.

Rohmah, R. K., & Wijayanti, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Pbl Pada Subtema Kelas Iii Sdn Sambirejo 02 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1722-1738

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Z., A. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makasar: Yayasan Barcode

Sarie, F. N. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model problem based learning pada siswa sekolah dasar kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492-498.

Thobroni. (2016). Belajar dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Ar-Rush Media.. Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.29251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.