Peningkatan Karakter Sosial dan Budaya dalam Pembelajaran Etnopedagogi di Sekolah Dasar (Studi Penanaman Nilai Kewarganegaraan)

Syaiful Marwan

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada sekolah dasar bertujuan memberikan penguatan proses peningkatan dalam melihat penerapan sikap sosial dan budaya di lingkungan sekolah dasar. Adapaun sikap sosial budaya yang ditampilkan berupa sikap disiplin, jujur, tanggungjawab, percaya diri, santun, percaya diri dan peduli, dan terkhusus pada proses pembelajaran etnopedagogi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan. Bentuk tindakan yang dilakukan di dalam proses pembelajaran etnopedagogi. Adapaun data diperoleh melalui proses observasi dan dokumentasi yang dideskripsikan secara kualitatif. Analisis data direduksi, disajikan, dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dengan berbagai tindakan siklus yang menunjukkan karakter sosial budaya peserta didik mengalami peningkatan. Adapun perolehan hasil dapat dilihat dalam peningkatan karakter sosial dan budaya pada siklus I terlihat sebanyak 40% yang diperoleh dari 8 orang peserta didik, pada siklus II diperoleh data sebanyak 75% dari 15 orang peserta didik, kemudian pada siklus III diperoleh data sebanyak 85% dari 17 orang peserta didik. Dengan peningkatan data ini maka telah terjadi peningkatan karakter sosial dan budaya warga negara di sekolah.

Full Text:

PDF

References


Anshori, S. (2016). Kontribusi ilmu pengetahuan sosial dalam pendidikan karakter. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2).

Aprilianti, K., Fitri, L., Salsabilla, P., & Marwan, S. (2023). Pelatihan Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SD Islam Raudhatul Jannah. PASAI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 49–56.

Ardila, R. M., Nurhasanah, N., & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajarannya di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Arikunto, S., & others. (2012). Penelitian tindakan kelas.

Asyafiq, S. (2016). Berbagai pendekatan dalam pendidikan nilai dan pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 29–37.

Budianti, Y., & Permata, T. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Percaya Diri Siswa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Buni Bakti 03 Babelan Bekasi. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 44–56.

Cahyani, L. I., & Hidayat, M. T. (2023). Tinjauan Pustaka Sistematis: Program Kantin Kejujuran untuk Meningkatkan Karakter Jujur di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1).

Dianti, V. (n.d.). Minat Baca dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Prediktor Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V di SD Negeri 007 Gunung Kijang. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 6(1).

Guntara, F., Fatchan, A., & Ruja, I. N. (2016). Kajian sosial-budaya rambu solo’dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 154–158.

Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222.

Khatimah, H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Widya Accarya, 13(2), 127–132.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). ANALISIS Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27.

Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37–45.

Marwan, S., & Marhen, M. (2021). Interaksi Simbolik Masyarakat Madani Dalam Perspektif Ilmu Sosial. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(1), 361–370.

Mustoip, S. (2023). Analisis Penilaian Perkembangan dan Pendidikan Karakter di Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 144–151.

Nanggala, A. (2020). Pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan multikultural. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 197–210.

Nurdin, I. I. L., Danielle, D., Purbanegara, D. K., Ramadhania, N., Farhan, M. I., & Ridhana, P. (2021). Pudarnya Budaya Sopan Santun Masyarakat Indonesia Dalam Mengemukakan Pendapat di Media Sosial. Journal of Development and Social Change, 4(1), 133–142.

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam pembelajaran di sekolah dasar melalui media berbasis kearifan lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2).

Reski, N., Taufik, T., & Ifdil, I. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91.

Rezkita, S., Wardani, K., & others. (2018). Pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup membentuk karakter peduli lingkungan di sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2).

Sari, Y. M. (2014). Pembinaan toleransi dan peduli sosial dalam upaya memantapkan watak kewarganegaraan (civic disposition) siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1).

Siswati, S., Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13.

Siswinarti, P. R. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter untuk membangun bangsa beradab. Retrieved August, No.

Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Relevansinya dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri, 14(1), 1–14.

Sultonurohmah, N. (2017). Strategi penanaman nilai karakter jujur dan disiplin siswa. AL IBTIDA’: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 1–21.

Tetet. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Sosial dan BudayaSiswa dalam Pendidikan Kewarganegaraan dan IPS. 2(2), 43.

Wardati, Z. (2019). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak pada Habib Alby Homeschooling. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(2), 261–280.

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.28901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.