Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam membaca pemahaman di UPT SD Negeri 011 Pasir Sialang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V UPT SDN 011 Pasir Sialang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 6 orang siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap pembelajaran yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan September 2023. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V pada Siklus I pertemuan I dengan persentase 33,39%, siklus I pertemuan I siswa dengan persentase 50%. Sedangkan Siklus II pertemuan I dengan persentase 66,66% dan siklus II pertemuan II dengan persentase 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V UPT SD Negeri 011 Pasir Sialang.
Full Text:
PDFReferences
Ainussyifa, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Model CIRC Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V MI Math La ’ Ul Anwar Cigola Bogor.
Amalia, M., Riyadi, A. R., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan model CIRC untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 15–28.
Ashari, D. A. (2023). Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Pada Materi Energi Alternatif Siswa Kelas III SD.
Dwiarno, P. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas III SDN Sumberbening 4 Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi Melalui Teknik CIRC. Jurnal Pendidikan Modern, 3, 42–53.
Fuzidri. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Siswa Kelas VIII MTsN Kamang Kabupaten Agam (Vol. 85, Issue 1).
Hakim, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penggunaan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Temanggal, Kalasan Tahun Pelajaran 2013/2014 (Vol. 17, Issue 3). file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.
Heni, A., Gading, I. K., & Bayu, G. W. (2020). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26465
Ilham, M., Rizal, M. S., & Ananda, R. (2022). Penggunaan Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(2), 42–51. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10527
Nuraini, R. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition ( Circ ) Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 928–938. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15534
Piliandini, Y. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model CIRC pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Yuli Piliandini Sekolah Dasar Negeri Jajartunggal III / 452 Surabaya. Jurnal Basicedu, 6(5), 8886–8896. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3968
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.28599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.