Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar Materi Kegiatan Ekonomi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPS siswa yang diberikan perlakuan dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran pop-up book dengan siswa yang belajar menggunakan buku tema saja. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 42 Pekanbaru yang terdiri dari kelas IV B dan kelas IV C, dimana kelas IV C menjadi kelas eksperimen dan kelas IV B menjadi kelas kontrol yang dilakukan dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil uji hopotesis diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,012 < 0,05 dengan rata-rata kelas eksperimen memiliki nilai (mean) 82,97 sedangkan kelas control memperoleh nilai (mean) 76,83. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran pop-up book sebesar 22,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran pop-up book terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 42 Pekanbaru dengan besar pengaruhnya sebesar 68,8% dalam kategori tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Hardani, Ustiawaty, dkk. (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Penerbit Ilmu Group. Google Scholer.
Hariani, Sri. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2): 1196-1205.
Hasanah, Uswatun. (2019). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu).
Hendri, Marhadi, Lazim N., Erlisnawati, Nia P., (2018). Effect Of Cooperative Learning Model Type Course Review Horay (CRH) On Elementary Students Learning Outcome In Social Subject. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education, 1(1), 20-29.
Muzahar. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Peduli Terhadap Mahkluk Hidup. (Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah).
Nofiyani. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Sholat Jum’at Di Kelas VII MTS Al- Hasanah Medan. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan).
Nurhasanah. (2018). Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Mahasiswa Mata Kuliah Geometri. Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 14(1):62. https://doi.org/10.35329/fkip.v14i1.186.
Silvana, Dewi. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Bambo Dancing Pada Murid Kelas IV SD Negeri 1 Lopok Kabupaten Sumbawa. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar).
Subekti, Ari. (2017). Buku Siswa Tema 8 "Daerah Tempat Tinggalku" Jakarta:Penerbit Erlangga. Statistik Buku Kemendikbud.
Sudjiono. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : PT Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta.
Suharimi,Arikunto. (2013). Prosedur Penelelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rimeka Cipta. Google Scholer.
Sundayana, Rostina. (2013). Media Pembelajaran Matematika.Bandung:Alfabeta, 11-12.
Suprihatiningrum, Jamil. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.26409
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.