Implementasi Nilai-Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa SDN 0119 Banjar Raja

Irma Sari Daulay, Lailan Aprina Siregar, Indana Zulfa Harahap

Abstract


Nilai-nilai Islam diartikan sebagai suatu konsepsi untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan. Pengembangan karakter sebagai solusi untuk masalah sosial dan merupakan pendidikan ideal. Adapun tujuan pada studi ini ialah untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Islam untuk membentuk karakter peduli sosial siswa SDN 0119 Banjar Raja. Dalam studi digunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya guru SD Negeri 0119 Banjar Raja. Analisis data berpatokan pada triangulasi pengolahan analisis data dengan teknis mereduksi data, menyajikan data dan terakhir mengambil keputusan. Studi ini dilaksanakan pada semester genap 2023 di SDN 0119 Banjar Raja dengan melibatkan guru dan siswa sebagai informan penelitian ini. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan nilai-nilai Islam yang dilakukan peneliti seperti kegiatan silaturahmi, rendah hati, tepat janji, tidak boros dan kikir serta kegiatan-kegiatan peduli sosial seperti kegiatan kekeluargaan, tolong menolong, simpati, disiplin, toleransi dan kerja sama sudah sangat bagus baik disegi pembentukan nilai-nilai Islam dan juga peduli sosial di SD Negeri 0119 Banjar Raja.

Full Text:

PDF

References


Ahmad D. Marimba. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. (Bandung: Pt Al-Ma`Arif,tTh), cet. Ke-1, h. 20

Ibnu Katsir, (2022).Tafsir IbnuKatsir, Bandung: SinarBaruGrasendo.

Imam, Ghazali. (2021). AyyuhalWalad. Jakarta: Departemen Kehakiman.

M. Arifin. (2016). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Cetakan. Ke 3

Majid, dkk. (2019). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung:Pt Remaja Rosda Karya.

Marantika ,dkk (2019). PengaruhPenggunaan Media Pembelajaran dan KreativitasTerhadapKemampuanMenulisHuruf Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).Jurnal TIK dalam Pendidikan, 6(10), 35-50.

Mirza Deswandi. (2015). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata, Sosio Didaktika. Volume 2 Nomor 1.

Nazaruddin dan Basuki. (2017). “Analisis Statistik dengan SPSS”. Edisi I. Cetakan ke-II. Penerbit: Danisa Media. Yogyakarta.

Nopan, Omeri. (2015). Pentingnya pendidikan karakterdalam dunia pendidikan. Vol 9 no 3 Jurnal manager Pendidikan. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1145/0

Sugiyono. (2016). MetodePenelitian Pendidikan PendekatanKualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019.MetodePenelitian Pendidikan PendekatanKualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suparno. 2018. Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Smart Siswa Di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter Vol 8 No 1.

Zubaidi. 2021. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kenana Prenada Media.

Zuhdi, Demiyati. 2018. Model Pendidikan Karakter: Terontegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Yogyakarta : CV. Multi Persindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i2.25030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.