Model Project Based Learning : Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V

Wardah Mashfiya, Eva Luthfi Fakhru Ahsani

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subyek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas V MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus dengan jumlah 26 Peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian  mengunakan  teori menurut Kosasih langkah pembelajaran dengan model project based learning ada enam langkah yaitu: 1). Penentuan Proyek. 2). Perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek. 3). Penyusunan jadwal pelaksanaan proyek. 4). Penyelesaian proyek. 5). Penyampaian hasil kegiatan. Bentuk penyampaiannya tergantung pada proyek yang dihasilkan siswa. 6). Evaluasi proses dan hasil kegiatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Penerapan metode Project Based learning dalam meningkatkan kreativitas belajar peserta didik di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus dengan meminta mendesain perencanaan serta menentukan alat dan bahan yang digunakan. Dengan mengetahui kreativitas peserta didik dalam mendesain perencanaan serta menentukan alat dan bahan seperti wujud benda, anak di minta menyiapkan alat dan bahan serta merencanakan sebuah proyek. 2). Mengetahui kreativitas siswa dengan melihat empat aspek seperti Fluency (Kefasihan), Flexibility (Keluwesan, Elaboration (Keterperincian), Originality (Keaslian). Sehingga dapat dipastikan meningkatnya kreatifitas siswa. 3). Mengetahui bukti peningkatan seperti peserta didik dapat menyelesaikan proyek dengan baik sesuai dengan langkah-langkah dan mampu menyerap pelajaran lebih cepat tanggap dan mudah.

 

Kata kunci: Model Project Based Learning, Kreativitas dan Mata Pelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


A’isah, K., Khamidah, A., & Ahsani, E. L. F. (2023). Penerapan Model Snowball Throwing dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V. Jurmia: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 35–43.

Agung, I. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Bustari Buana Murni.

Ahsani, E. L. F., Zuhaida, K., Putri, M. A., Jannah, A. F., & Arumdiyah, I. A. (2022). Pembuatan Power Point Sebagai Upaya Guru Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Fasilitas Di Bitc Bandung. YASIN: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 2(1), 48–60. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/yasin.v2i1.182

Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643

Farida, Fitria, Y., Saputri, L., & Syawir. (2018). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Projek Based Learning (PjBL) di Kelas V SD Pembangunan UNP: Hasil Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen Ke Sekolah (PDS) Universitas Negeri Padang, November, 89–95. http://pdsunp.ppj.unp.ac.id/index.php/PDSUNP/article/view/14

Hidayat, A. (2012). Menulis Narasi Kreatif. Deeplubish.

Maharani, T., Maesaroh, E., & Ahsani, E. L. F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual dan Peer Teaching Method ( PTM ) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 6 di SD N 3 Baturejo. 5(2), 74–82.

Marzuki Ahmad. (2022). Pendidikan Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kreativitas dan Komunikasi Matematika. PT Nasya Expanding Magement.

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. UPI Sumedang Press.

Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning dan Kooperatif untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa SMP. Upej, 1(1), 33–37.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 SD Abdi. Kalam Cendekia, 6(4), 9–15.

Rahmasari, R. (2016). Application of Problem Based Learning Model to Increase Science Learning Result of 4th Grade Student. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 3456–3465.

Semiawan, D. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Grazindo.

Setyorini, E. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Di Sekolah Dasar Kelas V dengan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Berbantuan Google Meet. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 2314–2319. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOREJO LOR 01 SALATIGA. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Trianto. (2009). Mendesain Metode Pembelejaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.

Yususf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.24604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.