Analisis Karakter Dalam Tradisi Bararak Tabak di Peranap

Wilfa Restika, Erlisnawati Erlisnawati, Hendri Marhadi

Abstract


Tradisi bararak tabak merupakan salah satu bentuk upacara pernikahan di Peranap. Penelitian ini mengkaji Proses pelaksanaan dan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tradisi bararak tabak di Desa Setako Raya, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter apa saja yang terdapat pada bararak tabak. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah etnograafi dengan teknik pengambilan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan bararak tabak terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat di peroleh di antaranya religius, toleransi,disiplin,cinta tanah air, peduli sosial, tanggung jawab,kerja keras,kreatif, dan gotong royong.


Full Text:

PDF

References


Andriani, A., & Wakhudin, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Mim Pasir Lor Karanglewas Banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i2.303

Apiyani, A. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 505–511. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.445

Elvandari, E. (2020). Published by Jurusan Sendratasik FBS Unesa Efita Elvandari Sistem Pewarisan Sebagai Upaya Pelestarian Seni Tradisi. Sistem Pewarisan Sebagai Upaya Pelestarian Seni Tradisi, 3(1), 93–104. https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/index

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter Perpektif islam dan Thomas Lickona. VII(September 2018). https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/2661828/kronologi-tawuran-bocah-sd-

Irhandayaningsih, A. (2018). Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Media Sosial pada Masyarakat Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu. Anuva, 2(3), 243. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.243-251

Kamarusdiana, K. (2019). Studi Etnografi Dalam Kerangka Masyarakat Dan Budaya. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6(2), 113–128. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i2.10975

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Mukarromah, R. Q. (2016). Nilai-Nilai pendidikan karakter: perspektif pendidikan Islam dalam buku “7 Keajaiban Rezeki” karya Ippho Santosa. 17–61. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5902

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang Gema Keadilan Edisi Jurnal Gema Keadilan Edisi Jurnal. Gema Keadilan Edisi Jurnal 17, 5(September), 16–31.

Pattimurra, U. (2015). Mengintegrasikan Nilai-Nilai Multikulturalisme. 47–61.

Rizka Mutiarani, Amrazi, I. (2020). Implementasi Dan Implikasi Full Day School Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sman 10 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 8. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/32022

Santosa, E. (2015). Revitalisasi Dan Eksplorasi Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Konteks Pembangunan Karakter Bangsa. Forum, 40(2), 12–26. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/forum/article/view/8202/6722

Sukmayadi, T. (2016). Kajian tentang karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal pada masyarakat adat Kampung Kuta Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(1). https://doi.org/10.21831/civics.v13i1.11079

Suparmini, dkk. (2013). Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(1), 8–22.

Vane, O. S. (2020). Transformasi Nilai-Nilai Bararak Bako Dalam Tradisi Perkawinan Masyarakat Kota Solok. Sosietas, 10(2), 878–886.

Yuliana, L. dkk. (2021). Analisis Nilai Karakter pada Tradisi Ngalungi Sapi Untuk Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Desa Mojowarno Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. 5(4), 786–794. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2291/http




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.22200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.