Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Makanan Sehat di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Sungai Pinang

ningrum larasati, herlina -, Syarifuddin -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema makanan sehat melalui penerapan metode pembelajaran problem solving di kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Sungai Pinang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa diantaranya siswa kurang mampu menganalisis sebuah permasalahan, siswa kurang mampu memberikan alasan mengapa memilih jawaban tersebut, dan siswa belum mampu menarik kesimpulan dari solusi permasalahan yang telah diperoleh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 18 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Sungai Pinang. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan 11 orang siswa atau 61,11% berada pada kategori kurang kritis, 5 orang siswa atau 27,77% berada pada kategori cukup kritis, dan 2 orang siswa atau 11,11% berada pada kategori kritis. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan metode pembelajaran problem solving. Pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan, 10 orang siswa atau 55,55% berada pada kategori cukup kritis dan 8 orang siswa atau 44,44% berada pada kategori kritis. Selanjutnya pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yaitu 4 orang siswa atau 22,22% berada pada kategori sangat kritis, 11 orang siswa atau 61,11% berada pada kategori kritis dan 3 orang siswa atau 16,66% berada pada kategori cukup kritis. Pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa telah mencapai target keberhasilan tindakan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem solving pada tema makanan sehat dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Sungai Pinang.

Full Text:

PDF

References


Wahab Abdul Azis, (2012). Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta

Nata Abuddin, (2011). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Ahmadi Abu dan Widodo Supriyono, (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Agus Suprijono, (2016). Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ahmad Susanto, (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Anas Sudijono, (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Chaedar Alwasila, (2002). Contextual Teaching Learning. Bandung: Mizan Media Utama

Hamdani, (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Candra Pratama Hardi, Florentina Rahayu Esti Wahyuni, dan Emilia

Dewiwati Pelipa, Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Selimbau Tahun Pelajaran 2016/2017, Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2, No. 1, April 2017, diakses pada tanggal 25 januari 2020 pukul 10.23

Harlinda Syofyan dan Abdul Halim, Penerapan Metode Problem Solving Pada Pelajaran IPA Utuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, prosiding seminar nasional multi disiplin ilmu & call for papers UNISBANK (sendi_u) ke-2 tahun 2016 kajian multi disiplin ilmu dalam pengembangan ipteks untuk mewujudkan pembangunan nasional semesta berencana (PNSB) sebagai upaya peningkatan daya saing global, ISBN: 978-979-3649-96-2, diakses pada tanggal 20 februari 2020 pukul 05.35

Fathor Rahman, Akhmad Dzukaul Fuad dan M.Iqbal Ibrahim Hamdani, Penerapan Metode Problem Solving Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII MTS Al-Ishlah Kecamatan Mayang Dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu Tahun Ajaran 2018-2019, Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial dan Budaya Volume 1 Nomor 1, Januari 2020, diakses pada tanggal 15 agustus 2021 pukul 15.30

Hartono, (2009). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar Jhon W Santrock, (2008). PsikologiPendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana

Ormrod Jeanne Ellis, (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. : Erlangga

Kementrian Agama RI, (2013) Alwasim Al-Qir`an Tajwid Kode Transliterasi Per Kata Terjemahan Per Kata. Jawa Barat: Cipta Bagus Segara

Kunandar, (2007). Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo

Mariana, Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Materi Kenampakan Alam Dan Keadaan Sosial Negara-Negara Tetangga Melalui Penerapan Metode Problem Solving Kelas VI/A SD Negeri 1 Tanah Jambo Kabupaten Aceh Utara, Jurnal Media Inovasi Edukasi Vol. 03, No. 11 Oktober 2017, diakses pada tanggal 25 januari 2020 pukul 13.07

Syah Muhibbin, (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada Purwanto Ngalim, (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya

Hamiyah Nur dan Mohammad Jauhar, (2014). Strategi Belajar-Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka

Arikunto Suharsimi dkk, (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Istarani, (2012). Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Medan: Media Persada

Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zain, (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Siswono Tatag Yulia Eko, (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Fokus Pada Berpikir Kritis dankreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sanjaya Wina, (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group

Kuswana Wowo Sinaryo, (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Setiawan Yohana dan Nathania Tri Asih Pattiasina, Peningkatan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mangunsari 01, Jurnal Pendidikan Tambusai, olume3 Nomor 6 Tahun 2019, diakses pada tanggal 25 januari 2020 pukul 11.56

Zubaedi, (2011). Desain Pendidikan Karakter ( Konsepsi Dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan). Jakarta: Prenada Media




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v5i2.19269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.