Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan dengan mengasosiasi ke Garis
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arista, G.A., Kadek A. W., I Putu A. A. P. (2022), Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Perbandingan dan Skala Berdasarkan Empat Langkah Polya di Kelas VII SMP TP 45 Denpasar, PRISMA (Prosiding seminar Nasional Matematika) 5, pp. 214-221.
Burhanuddin; Nur Wahyuni, Esa. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media.
Basyir, M. S., Aqimi, D., Aulia, D. D. (2022), Kontribusi Teori Belajar Kognitivisme David P. Ausubel dan Robert M. Gagne dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 7, Nomor 1, pp. 89-100.
Darjiani, N. N. Y., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014 / 2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), pp. 1– 11.
Khaerunnisa, E., Cecep A.H.F. S., dan Novaliyosi (2020), Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11 (2), pp. 118-125.
Kholiyanti, A. (2018), Pembelajaran Matematika dari Konkrit ke Abstrak dalam Membangun Konsep Dasar Geometri bagi Siswa Sekolah Dasar, Pi, Mathematics Education Journal, Vol. 1, No,2, pp. 40-46.
Mulyani, S. (2020), Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom, Syntax Idea, Vol. 2, No. 3, pp. 68-77.
Mustamin, St. H. (2018), Penggunaan Alat Peraga Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V, Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 2, pp. 170-182.
Nufus, H., Sudi P., Baidowi, Turmuzi (2022), Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi perbandingan ditinjau dari tingkat kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Maluk Tahun Pelajaran 2020/2021, Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume 2 Nomor 1, pp. 246-259.
Panjaitan, S., Christina S., Vina V. M., Alda K., Mesni N., Risky D., Chintya S. (2022), Analisis Kesulitan Peserta Didik Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Kelas VII UPT SMP Negeri 37 Medan, SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied Vol. 03, No.02, pp.114-123.
Putri, D. A., Winarni, R., & Surya, A. (2021). Analisis kesulitan belajar pemecahan masalah matematika berdasarkan newman procedure pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(3).
Rahmah, N. (2013), Belajar bermakna Ausubel, Al-Khwarizmi, Vol.I, pp. 43-48.
Riyana, S., Lisa R., Amroni S. (2021), Penggunaan Benda Konkret Sebagai Media Untuk Meningkatkan Keterampilan Menghitung Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas I Sekolah Dasar, Prosiding Pendidikan Profesi Guru, pp.1623-1629.
Toha, M., Mirza, A., & Ahmad, D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Di Kelas VII SMP, pp. 1-10
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), pp. 534-540.
Wijaya, R., Niken V., Jan B. M. (2021), Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, pp. 579-587.
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), pp. 258-274.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.18411
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.