Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan dengan mengasosiasi ke Garis

granita - -

Abstract


Tulisan ini bertujuan memberikan cara lain mengajar materi perbandingan yang berbentuk soal cerita dengan melakukan asosiasi ke garis sehingga lebih kongkrit. Belajar dengan melakukan asosiasi termasuk cara belajar yang bermakna karena peserta didik mengaitkan materi yang sedang dipelajari dengan materi yang sudah dipelajari. Dalam pembahasan ini akan ditampilkan terlebih dahulu cara biasa yang dipakai dan ada dibuku-buku pembelajaran dan cara dengan menggunakan asosiasi ke garis baik di bilangan Riel  ataupun . Kita telah mengetahui bahwa soal-soal yang berbentuk soal cerita biasanya sulit diselesaikan oleh siswa, sehingga dengan cara ini diharapkan dapat membantu siswa belajar dengan lebih menyenangkan.

Full Text:

PDF

References


Arista, G.A., Kadek A. W., I Putu A. A. P. (2022), Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Perbandingan dan Skala Berdasarkan Empat Langkah Polya di Kelas VII SMP TP 45 Denpasar, PRISMA (Prosiding seminar Nasional Matematika) 5, pp. 214-221.

Burhanuddin; Nur Wahyuni, Esa. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media.

Basyir, M. S., Aqimi, D., Aulia, D. D. (2022), Kontribusi Teori Belajar Kognitivisme David P. Ausubel dan Robert M. Gagne dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 7, Nomor 1, pp. 89-100.

Darjiani, N. N. Y., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014 / 2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), pp. 1– 11.

Khaerunnisa, E., Cecep A.H.F. S., dan Novaliyosi (2020), Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11 (2), pp. 118-125.

Kholiyanti, A. (2018), Pembelajaran Matematika dari Konkrit ke Abstrak dalam Membangun Konsep Dasar Geometri bagi Siswa Sekolah Dasar, Pi, Mathematics Education Journal, Vol. 1, No,2, pp. 40-46.

Mulyani, S. (2020), Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom, Syntax Idea, Vol. 2, No. 3, pp. 68-77.

Mustamin, St. H. (2018), Penggunaan Alat Peraga Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V, Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 2, pp. 170-182.

Nufus, H., Sudi P., Baidowi, Turmuzi (2022), Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi perbandingan ditinjau dari tingkat kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Maluk Tahun Pelajaran 2020/2021, Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume 2 Nomor 1, pp. 246-259.

Panjaitan, S., Christina S., Vina V. M., Alda K., Mesni N., Risky D., Chintya S. (2022), Analisis Kesulitan Peserta Didik Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Kelas VII UPT SMP Negeri 37 Medan, SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied Vol. 03, No.02, pp.114-123.

Putri, D. A., Winarni, R., & Surya, A. (2021). Analisis kesulitan belajar pemecahan masalah matematika berdasarkan newman procedure pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(3).

Rahmah, N. (2013), Belajar bermakna Ausubel, Al-Khwarizmi, Vol.I, pp. 43-48.

Riyana, S., Lisa R., Amroni S. (2021), Penggunaan Benda Konkret Sebagai Media Untuk Meningkatkan Keterampilan Menghitung Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas I Sekolah Dasar, Prosiding Pendidikan Profesi Guru, pp.1623-1629.

Toha, M., Mirza, A., & Ahmad, D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Di Kelas VII SMP, pp. 1-10

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), pp. 534-540.

Wijaya, R., Niken V., Jan B. M. (2021), Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, pp. 579-587.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), pp. 258-274.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.18411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.