Pelayanan Bimbingan dan Konseling Guru Kelas Terhadap Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amala, A.K. dan Kaltsum, H.U. (2021). Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu. 5(6), 5213-5220. http://jbasic.org/index.php/basicedu.
Anggreni BP, S., Ekasyafutra., Suhaili, N., Mudjiran.,& Nirwana, H. (2021). Peranan Guru dalam Bimbingan dan Konseling untuk Pembentukan Nilai Moral pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Ensiklopedia of Journal. 3(3), 2622-9110. http://jurnal.ensiklopediaku.org
American School Counselor Association (2005). The ASCA National Model: A Frame Work For School Counceling Program. Second Edition. Alexandria, VA: Author.
Batubara, H.H. dan Ariani, D.N. (2018). Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan. 3(4), 447-452. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Daryono, Sugiharto, D.Y.P., Sutoyo, A. (2014). Model Program Bimbingan dan KonselingKomprehensif di SMA. Jurnal Bimbingan Konseling. 3(2), 123-129.
Farozin, M., Suherman, U., Triyono, Purwoko, B., Hafina, A., Yustiana, Y. R., & Sukmaja. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kerja.
Kamaluddin, H. (2011), Bimbingan dan Konseling Sekolah. Pendidikan dan Kebudayaan. 17(4). 447-454. Doi:10.1007/s10811-011-9673-4.
Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sink, C. A. (2008) Elementary School Counselors and Teachers: Collaborators for Higher Student Achievement. The Elementary School Journal, 108(5), 445-458. http://doi.org/10.1086/589473.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 084 Tahun 1994 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Martanti, F. (2015). Peran Guru Kelas dalam Memberikan Layanan Bimbingan dan Konseling di SDN Watuaji 01 Kabupaten Jepara. Magistra, 6(2). 18-30.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Ridwan, A. (2018). Peran Guru Agama dalam Bimbingan Konseling Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. 4(1). http://jurnal.faiunwir.ac.id.
Slavin (2011). Psikologi Pendidikan, Teori dan Praktek. Jakarta: PT Indeks.
Suryahadikusumah, Ahmad Rofi dan Dedy, Adrianus (2019). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar untuk Mengembangkan Kemandirian Siswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 9(1), 44-56. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE
Syafaruddin., Syarqawi, A.,& Siahaan D.N.A. (2019). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Medan: Perdana Publishing.
Trianingsih, Rima. (2016). Pengantar Praktek Mendidik Anak Usia Sekolah dasar. Jurnal Al Ibtida. 3(2).
Trice-Black, S., Bailey, C.I., & Kiper Riechel, M. (2013). Play Therapy in School Counseling. Professional School Counseling, 16(5), 303-312. https://doi.org/10.5330/psc.n.2013-16.303.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v5i1.17012
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.