PELAKSANAAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BANTUAN KEUANGAN PARTAI POLITIK DI KOTA PEKANBARU BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 5 TAHUN 2009 TENTANG BANTUAN KEUANGAN KEPADA PARTAI POLITIK

Siska Ratnasari, Ardiansah Syahril, Aliar Syam

Abstract


Regulasi mengatur bahwa partai politik wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran keuangan yang bersumber dari dana bantuan APBN/APBD secara berkala 1 (satu) tahun sekali kepada Pemerintah setelah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), namun di Kota Pekanbaru pelaksanaanya belum berjalan sebagaimana mestinya karena keterlambatan penyampaian laporan yang dimaksud yang berimbas terhadap perencanaan kinerja dan realisasi pencairan dana bantuan tersebut. Penelitian bertujuan menganalisis pelaksanaan laporan pertanggungjawaban bantuan keuangan partai politik di Kota Pekanbaru, merumuskan faktor – faktor penghambatnya serta menemukan upaya – upaya untuk mengatasinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian hukum sosiologis/ empiris melalui pendekatan perundang – undangan dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa faktor penghambat penyampaian laporan oleh partai politik adalah regulasi yang belum mengatur sanksi keterlambatan dan pergantian pengurus partai politik, lembaga eksekutif dan legislatif yang sejauh ini belum bisa dipisahkan antara kepentingan pribadi dan kepentingannya sebagai penyelenggara pemerintahan, Keterbatasan anggaran yang diberikan kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pekanbaru serta beberapa faktor internal partai politik .Upaya yang perlu dilakukan adalah revisi regulasi, memperkuat fungsi check and balance penyelenggaraan pemerintahan antara legislatif dan eksekutif, menaikkan anggaran Badan Kestuan Bangsa dan Politik Kota Pekanbaru serta mengadakan Bimtek mengenai pengelolaan bantuan keuangan dan penyusunan  laporan bantuan keuangan partai politik. 


Full Text:

PDF

References


A. Gau Kadir, “Dinamika Partai Politik di Indonesia”, Jurnal Sosiohumaniora. Vol. 16 No. 2 Juli 2016.

Didik Sukriono, “Desain Pengelolaan Keuangan Partai Politik Berbasis Demokrasi Menuju Kemandirian Partai Politik”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 3 No.1 Juni 2018.

Elisabet Sitepu, “Peranan Partai Politik Dalam Memberikan Pendidikan Politik Yang Berkarakter Terhadap Masyarakat”, Jurnal Ilmiah Research Sains. VoL.2 No.1 Januari 2016.

Muhammad Siddiq Armia, “Hubungan Ideal Partai Politik Nasional Dengan Partai Politik Lokal Dalam Pengisian Jabatanpublik”, Jurnal Review Politik. Vol. 07 No. 01 Juni 2017.

Sekar Anggun Gading Pinilih, “Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Pengaturan Keuangan Partai Politik”, Jurnal Mimbar Hukum. Vol. 29 No.1 Februari 2017.

Sidik Pramono. 2011. Pengendalian Keuangan Partai Politik. Jakarta: Kemitraan Bagi Pembaruan Tata Pemerintahan.

Soerjono Soekanto. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Songga Aurora Abadi, “Pertanggungjawaban Keuangan Partai Politik yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 4, No. 2 Juni 2019.

Sri Yanuarti, “Pendanaan Kepada Partai Politik: Pengalaman Beberapa Negara”, Jurnal Penelitian Politik, Vol. 16, No.2, Desember 2019.

Susanto dan Muhammad Iqbal, “Dinamika Penegakan Hukum Pada Konteks Keterbukaan Informasi Keuangan Partai Politik”, Jurnal Proseding Seminar Nasional Akuntansi. Vol. 2 No. 1 Tahun 2019.

Titik Setyaningsih, Andi Asrihapsari dan Doddy Setiawan, “Dana Bantuan Keuangan Partai Politik di Surakarta, Sudahkah Transparan dan Akuntabel?”, Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. Vol. 22 No. 2 Agustus 2019.

Torang Rudolf Effendi Manurung, “Perkembangan Politik Hukum Pertanggungjawaban Partai Politik Dalam Pengelolaan Bantuan Keuangan Negara Pasca Reformasi”, Jurnal Yustisia. Vol.4 No.1 Januari – April 2015.

Wiwid Widayanti, Maswar Patuh Priyadi dan Lilis Ardini, “Akuntabilitas Dan Transparansi Pada Laporan Keuangan Partai (Studi Kasus di Kantor DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Timur)”, Jurnal Wahana. Vol. 22 No. 2 Agustus 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/je.v4i1.14388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Eksekusi: Journal Of Law

E-ISSN: 2686-5866  | P-ISSN: 2714-5271

Published By:

Department of Law, Faculty of Syari'ah and Law, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau-Indonesia.

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau-Indonesia.

email: eksekusi.journaloflaw@gmail.com

Indexed By:

                     

 

 

 Creative Commons License

Eksekusi:Journal Of Law is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.