Aplikasi M-Commerce Berbasis Android Sebagai Media Informasi dan Penjualan Kambing

Retno Waluyo, Zulia Karini, Kharis Ardi Purnomo

Abstract


Hewan Kambing merupakan salah satu hewan yang banyak diminati oleh masyarakat untuk keperluan upacara agama atau dikonsumsi, permintaan hewan kambing meningkat pada saat menjelang hari raya idul adha untuk keperluan qurban. Untuk mendapatkan hewan kambing pembeli mencari di pasar hewan yang hanya buka 2 kali dalam satu minggu. Adanya biaya operasional dan Calo menjadikan harga dipembeli menjadi mahal, kurangnya media untuk mengetahui informasi peternak kambing dan harga kambing belum ada menjadikan pembeli mendapatkan harga yang mahal. Tujuan penelitian ini membangun aplikasi m-commerce berbasis android sebagai media informasi dan penjualan kambing yang dapat mempertemukan antara pembeli dan peternak kambing, sehingga pembeli mendapatkan harga yang murah, terhindar dari Calo dan pembeli mendapatkan kambing yang berkualitas. Metode yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak menggunakan model sekuensial linier dengan tahapan analisis, desain, kode, dan pengujian. Hasil dari penelitian ini aplikasi m-commerce yang digunakan sebagai media informasi dan penjualan kambing, aplikasi m-commerce dilakukan pengujian Blackbox dinyatakan aplikasi ini dapat digunakan. Pengujian selanjutnya untuk mengetahui kelayakan oleh pengguna dengan kuesioner yang dibagikan kepada 30 orang responden, Hasil peritungan memperoleh rating scale sebesar 71,5%, dengan demikian aplikasi sudah layak untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


A. Firman, L. Herlina, M. Paturochman, and M. M. Sulaeman, “Penentuan Kawasan Unggulan Agribisnis Ternak Domba Di Jawa Barat,” J. Pemikir. Masy. Ilm. Berwawasan Agribisnis, vol. 4, no. 1, pp. 111–125, 2018.

E. Wahyudi, G. Ciptadi, and A. Budiarto, “Studi Kasus Tingkat Pemtotongan Kambing Berdasarkan Jenis kelamin, Kelompok Umur dan Bobot Karkas Di Tempat Pemotongan Hewan Kota Malang,” J. Trop. Anim. Prod., vol. 18, no. 1, pp. 69–76, 2007.

A. Elysia, I. Darmawan, and M. A. Hasibuan, “Perancangan E-Commerce Angon Untuk Pelaku Peternak Berbasis Marketplace Untuk Meningkatkan Penjualan (Modul Penjualan),” in e-Proceeding of Engineering, 2016, vol. 3, no. 2, pp. 3143–3148.

B. Wibowo, S. Rusdiana, and U. Adiati, “Pemasaran Ternak Domba Di Pasar Hewan Palasari Kabupaten Indramayu,” Agriekonomika, vol. 5, pp. 85–93, 2016.

I. M. Budiarsana, B. Wibowo, and D. Priyanto, “Produktivitas dan Rantai Pasok Ternak Kambing dan Domba ( KADO ) Studi Kasus di Kabupaten Tegal,” J. Ilmu Ternak, vol. 16, pp. 35–42, 2016.

I. Bestari and Nurdasila, “Pengaruh citra merek dan kewajaran harga terhadap loyalitas merek dengan kepuasan pelanggan sebagai pemediasi pada pengguna produk apple di kota banda aceh,” J. Ilm. Mhs. Ekon. Manaj., vol. 2, no. 3, pp. 86–94, 2017.

S. M. Maulana, H. Susilo, and Riyadi, “Implementasi E-commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang),” J. Adm. Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 1–9, 2015.

Julisar and M. Eka, “Pemakaian E-Commerce untuk Usaha Kecil dan Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing,” ComTech Comput. Math. Eng. Appl., vol. 4, no. 2, pp. 638–645, 2013.

A. B. Arief, “Aplikasi M-Commerce Berbasis Android Pada Toko ‘Fani Bags,’” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 3, 2014.

I. Clarke III, “Emerging value propositions for m-commerce,” J. Bus. Strateg., vol. 25, no. 2, pp. 41–57, 2008.

E. Kojongian, H. F. Wowor, and S. D. S. Karouw, “Sistem Informasi Komoditas Pasar di Kota Manado Berbasis Android,” E-Journal Tek. Inform., vol. 12, no. 1, 2017.

A. D. Riyanto and K. Ma’arif, “Aplikasi M–Commerce Berbasis Android Pada Zona Komputer Banjarnegara,” Telematika, vol. 9, no. 1, pp. 67–77, 2016.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak Buku I. Yogyakarta: Andi, 2002.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi, 2010.

M. Muslihudin and oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Andi, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/coreit.v4i1.5275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License  site stats  
Jurnal CoreIT by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.