Penerapan Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMK 7 Bandar Lampung

Setiawansyah Setiawansyah, Heni Sulistiani, Very Hendra Saputra

Abstract


Teknologi informasi merupakan bagian dari sistem informasi yang mendukung sistem informasi dalam menghasilkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu. Perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah banyak mengalami kemajuan, didukung dengan teknologi komunikasi yang menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan merupakan alternatif yang tepat bagi suatu bidang pendidikan untuk menunjang kinerja dari penyelenggaraan pendidikan tersebut agar dapat berjalan dan bekerja dengan baik. Penggunaan teknologi berbasis online dan mobile mempunyai peranan yang cukup penting dalam proses pembelajaran dalam jaringan, termasuk di dalamnya adalah pencapaian tujuan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Pembelajaran DARING pada SMK 7 Bandarlampung menggunakan aplikasi Google Classroom, pengumpulan tugas siswa harus mengirimkan jawaban melalui aplikasi pesan instan WhatApps, serta belum tersedianya tutorial video pengajaran yang dilakukan oleh guru. Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan menggunakan CodeIgniter membantu pihak sekolah dalam melakukan pengawasan pembelajaran karena dapat di monitoring secara langsung proses pembelajaran yaitu upload materi, video pengerjaan dan pembelajaran, upload tugas yang dilakukan oleh siswa dan guru, sehingga membantu pihak sekolah dalam pengawasan pembelajaran DARING. Hasil pengujian menggunakan kriteria Model TAM untuk penerimaan teknologi sebesar 85,41% dengan kriteria Sangat Baik untuk model penerimaan teknologi model TAM dalam aplikasi pembelajaran DARING

Full Text:

PDF

References


L. Sofyana and A. Rozaq, 2019, “Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, p. 81, 2019, doi: 10.23887/janapati.v8i1.17204.

A. Jayul and E. Irwanto, 2020, “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad,” J. Pendidik. Kesehat. Rekreasi, vol. 6, no. 2, pp. 190–199, 2020.

E. Wicaksana, 2020, “Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 117–124, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1937.

L. Maghfiroh, W. Subchan, and M. Iqbal, 2016. “Aplikasi Problem Based Learning berbantuan MOODLE untuk Menumbuhkan Self Regulated Learning Siswa dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekologi Kelas X IPA 2 (SMA Negeri 3 Jember),” J. Edukasi, vol. 3, no. 1, p. 5, 2016, doi: 10.19184/jukasi.v3i1.4312.

A. Purmadi, M. Samsul Hadi, and L. Najwa, 2018, “Pengembangan Kelas Daring Dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Developing Daring Class With Hybrid Learning Application Using Chamilo on Civics Education Courses,” J. Edcomtech, vol. 3, no. 2, pp. 135–140, 2018, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/5467.

Y. Wulandari and H. Sulistiani, 2020, “RANCANG BANGUN APLIKASI PRESENSI SMS GATEWAY BERBASIS WEB DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA,” vol. 1, no. 1, pp. 43–50, 2020.

D. A. Megawaty and M. E. Putra, 2020, “APLIKASI MONITORING AKTIVITAS AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNIVERSITAS XYZ BERBASIS,” vol. 1, no. 1, pp. 65–74, 2020.

N. L. Khusniyah and L. Hakim, 2019, “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris,” J. Tatsqif, vol. 17, no. 1, pp. 19–33, 2019, doi: 10.20414/jtq.v17i1.667.

N. Shodik, N. Neneng, and I. Ahmad, 2019, “Sistem Rekomendasi Pemilihan Smartphone Snapdragon 636 Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart),” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 7, no. 3, p. 219, 2019, doi: 10.23887/janapati.v7i3.15727.

M. Destiningrum and Q. J. Adrian, 2017, “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre),” J. Teknoinfo, vol. 11, no. 2, p. 30, 2017, doi: 10.33365/jti.v11i2.24.

R. Pressman, 2010, Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach.

F. Sayekti and P. Putarta, 2016, “Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah,” J. Manaj. Teor. dan Terap., vol. 9, no. 3, pp. 196–209




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/coreit.v6i2.10679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License  site stats  
Jurnal CoreIT by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.