Makkiyyah Dan Madaniyyah: Telaah Mengenai Pergeseran Realitas Dan Kronologis Lahirnya Sebuah Hadis
Abstract
This research aims to examine the shift in reality and map the chronological emergence of a hadith. It is a literature review type of research, with primary sources being the foundational books of hadith, namely kutub al-sittah and kutub al-tis’ah, while the approach used is historical. Through this approach, researchers can clearly observe the disparity or alignment between the idealistic world and the empirical world, as well as history. The makkiyyah and madaniyyah theory are the greatest contributions to mapping the chronological emergence of a hadith. This statement is based on the essence of makkiyyah and madaniyyah themselves, which are theories that can trace the life trajectory of the Prophet. The concepts of makkiyyah and madaniyyah in hadith are applications of the makki and madani theories in Qur'anic studies, making them relatively new theories in the field of hadith sciences. The makkiyyah and madaniyyah concepts in hadith can be identified through two indicators, namely the aspects of the sanad (chain of narrators) and the matan (text) of the hadith. Both aspects serve as the primary reference in determining the quality of a hadith, whether it belongs to the makkiyyah or madaniyyah category. The sanad and matan aspects can provide information regarding the historical context of a hadith, whether explicit or implicit. The sanad indicator can also serve as a means to map the chronological emergence of a hadith, including companions who passed only through the pre-Hijrah phase, those who passed only through the post-Hijrah phase, and those who passed through both phases. Meanwhile, the matan indicator serves as a means to observe the shift in reality, which can be identified through events or themes that have the characteristics of makkiyyah and madaniyyah.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pergeseran realitas dan memetakan kronologis lahirnya suatu hadis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang sumber rujukannya berupa kitab induk hadis yaitu kutub al-sittah dan kutub al-ti’ah, sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan historis. Melalui pendekatan ini peneliti dapat melihat secara jelas adanya kesenjangan atau keselarasan antara dunia idealis dengan dunia empiris serta sejarah. Teori makkiyyah dan madaniyyah merupakan sumbangsih terbesar dalam memetakan kronologis lahirnya suatu hadis. Pernyataan ini berdasarkan pada esensi makkiyyah dan madaniyyah itu sendiri, yakni teori yang dapat menelusuri rekam jejak kehidupan Nabi. Makkiyyah dan madaniyyah pada hadis merupakan terapan dari teori makki dan madani dalam studi Qur’an, sehingga menjadi teori yang tergolong baru dalam ululumul hadis. Konsep makkiyyah dan madaniyyah hadis dapat diketahui melalui dua indikator, yaitu dari aspek sanad dan matan hadis. Kedua aspek ini menjadi acuan pokok dalam mengetahui kualitas suatu hadis, apakah tergolong hadis makkiyyah dan madaniyyah. Aspek sanad dan matan dapat memunculkan informasi terkait konteks historitas suatu hadis, baik itu secara tersurat ataupun tersirat. Indikator sanad juga bisa berfungsi sebagai sarana dalam memetakan kronologis lahirnya suatu hadis. Indikator ini meliputi Sahabat yang hanya melewati fase sebelum hijrah, Sahabat yang hanya melewati fase setelah hijrah dan Sahabat yang melewati kedua fase tersebut. Sedangkan indikator matan merupakan sarana dalam melihat pergeseran realitas yang dapat diketahui melalui peristiwa atau tema yang mempunyai ciri khas makkiyyah dan madaniyyah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Nurlaelah. ‘MASA DEPAN HADIS DAN ‘ULUM AL-HADIS (Suatu Gagasan Ke Arah Pembaruan Pemikiran Hadis)’. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman 13, no. 1 (30 June 2019): 41–63. https://doi.org/10.24252/sulesana.v13i1.9950.
Abdul Karim Toure. Al-Bahits Makki wal Madani: Ma’alim wa Dhawabith. Nilai: Jami’ul ’Ulum Al-Islami Malaysia, 2011.
Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. ‘Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka’. Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (1 March 2022): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Afriani, Andri, and Firad Wijaya. ‘PENDEKATAN TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL DALAM STUDY HADIST’. ALIFBATA: Journal of Primary Education 1, no. 1 (12 January 2021): 37–54. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.91.
Ahmad Sudianto. ‘Metodologi Penulisan Musnad Ahmad Ibn Hambal’, 8 October 2018. https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/71.
Ajid Thohir. Sirah Nabawiyah. I. Bandung: Penerbit Marja, 2014.
Al-Asqalani, Syihab al-Din Ahmad bin Ali bin Hajar. Tadzhib At-Tadzhib. Pertama. Beirut-Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Imiyah, 2004.
Alkhotob, Imam Taufik. ‘KADERISASI PADA MASA RASULULLAH’. Jurnal Da’wah: Risalah Merintis, Da’wah Melanjutkan 1, no. 01 (4 March 2018): 35–63. https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v1i01.4.
Andariati, Leni. ‘Hadis dan Sejarah Perkembangannya’. Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis 4, no. 2 (13 April 2020): 153–66. https://doi.org/10.15575/diroyah.v4i2.4680.
Choiroh, Wahyuni Nuryatul, and Munawir Munawir. ‘Metodologi Pemahaman Hadis M. Yusuf al-Qaradhawi: Studi Analitis Atas Hadis Partisipasi Wanita Dalam Berpolitik’. Al-Qudwah 1, no. 1 (15 August 2023): 61–74. https://doi.org/10.24014/alqudwah.v1i1.22817.
Daud, Safari. ‘MAKIYAH DAN MADANIYAH (Teori Konvensional Dan Kontemporer)’. Dialogia 8, no. 1 (1 January 2010): 1–13. https://doi.org/10.21154/dialogia.v8i1.1280.
Hakim, Lukmanul, and Afriadi Putra. ‘SIGNIFIKANSI MAKKIYAH MADANIYAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN’. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam 3, no. 1 (30 June 2022): 95–113. https://doi.org/10.35961/rsd.v3i1.472.
Hasna ‘Afifah, and Halimatul Sakdiah. ‘MAKNA DAN KARAKTERISTIK AYAT AL-MAKKY DAN ALMADANY SERTA URGENSI MEMPELAJARINYA’. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis 2, no. 2 (16 February 2022): 134–42. https://doi.org/10.54443/mushaf.v2i2.27.
Huda, Muhammad Misbahul. ‘KONSEP MAKKIYAH DAN MADANIYAH DALAM AL-QUR’AN (Sebuah Kajian Historis-Sosiologis Perspektif Fazlur Rahman)’. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir 5, no. 2 (30 December 2020): 61–81. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v5i2.459.
Husni, Muhammad. ‘STUDI AL-QUR’AN: TEORI AL MAKKIYAH DAN AL MADANIYAH’. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam 4, no. 2 (30 December 2019): 68–84. https://www.ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/77.
Ifendi, Mahfud. ‘PENDIDIKAN ISLAM RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH: STRATEGI, MATERI DAN LEMBAGA PENDIDIKAN’. Al-Rabwah 15, no. 01 (21 June 2021): 9–15. https://doi.org/10.55799/jalr.v15i01.71.
Kurniawan, M. Agus, and Ahmad Adebisi. ‘ULUMUL QUR’AN: CLASSIFICATION OF MAKKIYAH MADANIAH VERSES IN THE QUR’AN’. Jurnal Ilmiah AZZIQRI: Kajian Keislaman Dan Kependidikan 1, no. 7 (24 August 2022): 1–10. https://doi.org/10.47902/az-ziqri.v3i1.410.
Kurniawatie, Nia. ‘Dinamika Kepemimpinan Dalam Prespektif Al-Qur`an (Kajian Makki-Madani)’. Qaf: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 3, no. 1 (1 January 2018): 84–113. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/qaf/article/view/2032.
Laisa, Emna, and Luthfatul Qibtiyah. ‘URGENSI ASBABUL WURUD DALAM HADITS (Upaya Reinterpretasi Hadits Misoginis Berdasarkan Pendekatan Historis, Sosiologis Dan Antropologis)’. Reflektika 16, no. 1 (25 March 2021): 1–26. https://doi.org/10.28944/reflektika.v16i1.530.
Maturidi, Maturidi, and Arifin Zain. ‘MODEL BIMBINGAN NABI MUHAMMAD SAW DALAM MELAKUKAN KADERISASI PEMIMPIN’. AL IMARAH : JURNAL PEMERINTAHAN DAN POLITIK ISLAM 6, no. 1 (31 January 2021): 63–76. https://doi.org/10.29300/imr.v6i1.4120.
Mawasti, Wahanani. ‘Strategi Nabi Muhammad Membangun Komitmen Organisasional Kaum Anshar’. INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 4, no. 1 (4 June 2022): 135–56. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v4i1.210.
Mazzi, Jamaluddin Abu Al Hajjaj Yusuf. Tadzhibul Kamal fi Asma’ ar-Rijal. Pertama. Beirut: Muassasah Ar-Risalah, 1987.
Mudzakir AS, Manna Khalil al-Qattan, trans. STUDI ILMU-ILMU AL-QUR’AN. ke 17, 571 hlm. Bogor: Litera AntarNusa, 2016.
Muhammad bin Ismail. Shahih Bukhari. Jilid 8. 2120. Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyah, 2017.
Muhammad ibn Muhammad Abu Syahbah. Al-Madkhal Li Dirasati al-Qur’an al-Karim. Beirut: Dar Al-Jiil, 1992.
Muin, Munawir. ‘PEMAHAMAN KOMPREHENSIF HADIS MELALUI ASBAB AL-WURUD’. ADDIN 7, no. 2 (14 November 2015). https://doi.org/10.21043/addin.v7i2.580.
Nasution, Abdul Gani Jamora, Erina Damayanti, Khairunnisa Khairunnisa, and Syahrani Yumna Irfani. ‘NARASI PERJALANAN HIJRAH RASULULLAH DALAM BUKU SKI’. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat 1, no. 2 (30 December 2022): 168–74. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i2.715.
Nengsih, Desri, and Ridhoul Wahidi. ‘MAKKI DAN MADANI SEBAGAI CABANG ULUM AL-QUR’AN’. SYAHADAH : Jurnal Ilmu al-Qur’an Dan Keislaman 8, no. 1 (14 August 2020): 33–54. http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/syahadah/article/view/266.
Norfauzan, Moh. ‘Genealogi Pendekatan Historis-Sosiologis Fazlur Rahman Dalam Memahami Hadis’. KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin 11, no. 2 (1 August 2021): 144–61. https://doi.org/10.36781/kaca.v11i2.130.
Novriadi, Reno, and Indal Abror. ‘MAKKIYYAH DAN MADANIYYAH PADA HADIS Upaya Menemukan Konsep Makki’. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 16, no. 1 (16 March 2015): 17–34. https://doi.org/10.14421/qh.2015.1601-02.
Nyoman Dantes. Metode Penelitian. I. Yogyakarta: ANDI, 2012.
Putri, Hasna Tuddar. ‘Hisab Urfi Syekh Abbas Kutakarang: Kajian Etnoastronomi Dalam Penentuan Awal Bulan Hijriah’. Media Syari’ah : Wahana Kajian Hukum Islam Dan Pranata Sosial 21, no. 1 (28 February 2020): 52–72. https://doi.org/10.22373/jms.v21i1.6476.
Qāsimī, Muḥammad Sa‘ūd ‘Ālim. Madkhal Ilá ‘Ulūm al-Qur’ān. Beirut: Mu’assasat al-Ḍuḥá lil-Ṭibā‘ah wa-al-Nashr wa-al-Tawzī‘, 2012.
Ridwan, Muannif. ‘SEJARAH MAKKAH DAN MADINAH PADA AWAL ISLAM (Kajian Tentang Kondisi Geografis, Sosial Politik, Dan Hukum Serta Pengaruh Tradisi Arab Pra-Islam Terhadap Perkembangan Hukum Islam)’. Al-Ittihad: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam 7, no. 1 (12 October 2021): 1–20. https://www.e-journal.stisbima.ac.id/index.php/ittihad/article/view/36.
Ritonga, Marataon, Arwin Juli Rakhmadi, Muhammad Hidayat, and Hariyadi Putraga. ‘Transformasi Hisab-Rukyat Dalam Penentuan Awal Bulan Hijriah Di Muhammadiyah’. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 21, no. 1 (1 May 2024): 83–92. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2024.vol21(1).14676.
Rohmana, Jajang A. ‘Al-Qur’an Sebagai Basis Aktivitas Pendidikan: Kontribusi Tafsir Surat Luqman Karya K.H. Abdulchalim Iskandar’. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis 3, no. 2 (2021): 1–30. https://doi.org/10.15548/mashdar.v3i2.2976.
Sairazi, Abdul Hafiz. ‘Kondisi Geografis, Sosial Politik Dan Hukum Di Makkah Dan Madinah Pada Masa Awal Islam’. JOURNAL OF ISLAMIC AND LAW STUDIES 3, no. 1 (13 April 2019). https://doi.org/10.18592/jils.v1i1.2658.
Setiawan, Agung Ibrahim, and M. Al-Qautsar Pratama. ‘Karakteristik Pendidikan Islam Periode Nabi Muhammad Di Makkah dan Madinah’. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam 2, no. 2 (31 December 2018): 130–37. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i2.958.
Shafiyurrahman al-Mubarakfuri. AR-RAHIQ AL-MAKTUM SIRAH NABAWIYAH. Ke 20. Jakarta: Ummul Qura, 2019.
Shafiyurrahman al-Mubarakfuri. Sejarah Emas & Atlas Perjalanan Nabi Muhammad. Translated by Muhammad Misbah Ahamd Nurrohim. I. Surakarta: Shahih, 2012.
Sugirma, Sugirma, and Agustang K. Agustang K. ‘Antara Khadijah Dan Aisyah (Teladan Moderasi Beragama Persfektif Gender)’. AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama 14, no. 1 (29 September 2020): 45–64. https://doi.org/10.46339/al-wardah.v14i1.244.
Suryadi, Suryadi. ‘Rekonstruksi Kritik Sanad Dan Matan Dalam Studi Hadis’. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 16, no. 2 (1 October 2015): 177–86. https://doi.org/10.14421/esensia.v16i2.996.
Wijayanti, Sherina. ‘Resepsi Hadis dalam Sinetron Taqdir Ilahi: Ujian dari Allah’. Al-Qudwah 1, no. 1 (15 August 2023): 46–60. https://doi.org/10.24014/alqudwah.v1i1.22953.
Yahya, Ismail, and Farkhan Farkhan. ‘PEMETAAN TEMA DAN POLA PENULISAN MANUSKRIP HADIS DI INDONESIA’. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi) 5, no. 1 (27 June 2019): 129–41. https://doi.org/10.18784/smart.v5i1.709.
Zayd, N.Ḥ.A. Mafhum Al-Nass: Dirasa Fi ’Ulum al-Qur’an. Lebanon: al-Markaz al-thaqafi al-’arabi, 2005. https://books.google.co.id/books?id=WqRM0AEACAAJ.
Zuhri, Ahmad. ‘KEDUDUKAN DAN KEADILAN SAHABAT’. Wahana Inovasi : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU 11, no. 1 (21 June 2022): 64–71. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/5474.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/alqudwah.v2i1.29080
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office Board :
The Qur'anic and Tafsir Science Study Program and the Hadith Science Study Program. Faculty of Ushuluddin State Islamic University Sultan Syarif Kasim Riau.
H.R. Soebrantas Street No. 155 KM 18, Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293 PO.Box. 1004 Telp. 0761-562051 Fax. 0761-562051 Web: https://fush.uin-suska.ac.id/
https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/alqudwah/index
Al-Qudwah by https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/alqudwah/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.