The Functional Reception of Qur'anic Calligraphy at the Grand Mosque of Nurul Islam, Palangka Raya

Hamidinnor Hamidinnor, Nur Amimi Tahe, Munirah Munirah, Akhmad Supriadi, M. Ali Sibram Malisi

Abstract


The Nurul Islam Grand Mosque is the first and oldest grand mosque in Palangka Raya. This mosque has a unique characteristic in that almost the entire interior is adorned with Qur'anic calligraphy, from the walls to the ceiling. This study aims to understand the functional reception of the calligraphy and identify which verses are chosen and the reasons for their selection. The methodology used in this research is descriptive-analytical, utilizing the theory of Qur'anic reception, specifically functional reception. This is a field study with data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The results show that the verses displayed in the Nurul Islam Grand Mosque are those commonly recited and memorized by Muslims in their daily lives, such as QS. Yasin, QS. al-Waqi’ah, QS. al-Mulk, and others. The functional reception of Qur'anic calligraphy is evident in the selection of verses inscribed as calligraphy in the Nurul Islam Grand Mosque. These verses not only serve as decorations but also facilitate visitors who wish to read specific surahs or verses of the Qur'an without having to search within the Qur'an itself. Additionally, the calligraphy gives the Nurul Islam Grand Mosque a distinctive appeal that sets it apart from other mosques. However, on the other hand, there is a critique regarding the difficulty in reading some of the inscriptions, which is a point of feedback received by the Nurul Islam Grand Mosque concerning its calligraphy.


Abstrak: Masjid Raya Nurul Islam merupakan masjid raya pertama sekaligus tertua di Palangka Raya. Masjid ini memiliki sebuah keunikan tersendiri karena hampir seluruh bagian dalam masjid dihiasi dengan kaligrafi Al-Qur’an, mulai dari dinding sampai plafon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana resepsi fungsional pada kaligrafi tersebut dan ayat-ayat apa saja serta alasan pemilihan ayat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif-analisis dengan mengunakan teori resepsi Al-Qur’an yaitu resepsi fungsional. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ayat yang ditampilkan pada Masjid Raya Nurul Islam adalah ayat-ayat yang umum dibaca dan dihapal oleh umat Islam sehari-hari seperti QS. Yasin, QS. al-Waqi’ah, QS. al-Mulk dan lain-lain. Adapun bentuk resepsi fungsional kaligrafi Al-Qur’an terlihat pada pemilihan ayat yang dituliskan menjadi kaligrafi di Masjid Raya Nurul Islam, di mana ayat-ayat yang dituliskan selain dijadikan hiasan  juga memudahkan pengunjung yang ingin membaca surah-surah atau ayat-ayat Al-Qur’an tanpa harus mencari di dalam Al-Qur’an. Selain itu, dengan kaligrafi tersebut Masjid Raya Nurul Islam memilki daya tarik tersendiri yang membedakannya dengan masjid lain. Namun di sisi lain, terdapat tulisan yang sulit dibaca menjadi sebuah kritik yang diterima Masjid Raya Nurul Islam atas kaligrafi yang ada di dalamnya.


Keywords


Kaligrafi Al-Qur’an; Masjid Raya Nurul Islam; Resepsi Fungsional.

Full Text:

PDF

References


Afifah, Farida Nur, Niam Khairun, and Sabi Nur Isnaini. ‘Resepsi Fungsional Surah Al-Quraisy : Pembacaan Surah Al-Quraisy Dalam Pengobatan Fide’ Pada Komunitas Madura Di Kampung Parit Waklijah Kalimantan Barat’. Mafatih 3, no. 1 (2023): 142–57. https://doi.org/10.24260/mafatih.v3i1.1830.

Aisyah, Siti, Lukmanul Hakim, Yulniza Yulniza, and Mohd Rohaizat bin Abdul Wahab. ‘Lokalitas Seni Kaligrafi Masjid di Minangkabau, Analisis Fungsi dan Makna’. Jurnal Lektur Keagamaan 21, no. 1 (30 June 2023): 89–124. https://doi.org/10.31291/jlka.v21i1.1111.

Al-Amri, Limyah, and Muhammad Haramain. ‘Akulturasi Islam Dalam Budaya Lokal’. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 10, no. 2 (24 November 2017): 87–100. https://doi.org/10.35905/kur.v10i2.594.

Al Wardah Sa’adah. ‘Pesan Al-Qur’an Dalam Kaligrafi Masjid (Studi Pemahaman Jama’ah Atas Kaligrafi Masjid Besar al-Falah Dan Masjid Jami’ Baitul Amanah)’. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, 2018.

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV. Jejak, 2018.

Anugrah, Anugrah, Yahya Yahya, Muhammad Basir Said, Jayana Suryana Kembara, and Andi Batara Isra. ‘Islamic Acculturation and Ethnography of Maddoa Tradition in Samaenre Village Community, Mattiro Sompe District, Pinrang Regency’, 861–67. Atlantis Press, 2024. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-236-1_93.

Budianor. ‘Masjid Sebagai Pusat Dakwah Islam (Studi Tentang Aktivitas Dakwah Islam di Masjid Raya Darussalam Palangka Raya)’. Skripsi, IAIN Palangka Raya, 2016.

D. Sirojuddin AR. Seni Kaligrafi Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2020.

E.L. ‘Dahulunya Lahan Masih Semak Belukar, Bangunan Beratap Pelepah Kelapa’. KaltengPos, 20 April 2022. https://kaltengpos.jawapos.com/berita-utama/20/04/2022/dahulunya-lahan-masih-semak-belukar-bangunan-beratap-pelepah-kelapa/.

Faila Sufatun Nisak. ‘Pola-Pola Resepsi Al-Qur’an Dalam Tradisi Dan Kehidupan Masyarakat Pesisir Demak’. Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2020.

Galang Rahmadhani. ‘REDESAIN MASJID RAYA DARUSSALAM DI PALANGKA RAYA’. Skripsi, Universitas Atma Jaya, 2012.

Hidayati, Sri, Muzakki Muzakki, and Asmail Azmy. ‘Implementasi Pembelajaran Tematik Di Raudhotul Athfal Al-Muslimun Kota Palangka Raya’. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 1, no. 2 (2018): 37–50. https://doi.org/10.23971/mdr.v1i2.1020.

Iskandar, Layla Nurina Kartika, Cama Juli Rianingrum, and Ahadiat Joedawinata. ‘Penerapan Elemen-Elemen Arsitektural Dan Interiori Masjid Timur Tengah Pada Bangunan Masjid Bsitul Muttaqien Samarinda, Kalimantan Timur (Kajian Dalam Perspektif Ilmu-Ilmu Desain)’. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain 3, no. 2 (2021): 215–44.

Iyah. ‘Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Masjid Berdasarkan PSAK 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba (Studi Pada Masjid Raya Darussalam Palangka Raya)’. Skripsi, IAIN Palangka Raya, 2021.

Lestari, Nurul Hidayah Puji, Yazida Ichsan, Rachmat Sukriyanto, and Saas Asela. ‘Urgensi Seni Rupa Kaligrafi Dalam Pendidikan Islam’. Palapa 9, no. 1 (2021): 126–36.

Mahfuz, Alfian. Resepsi Masyarakat terhadap Seni Kaligrafi di Masjid Raya Nurul Islam Palangka Raya, 11 June 2019.

Meylani, Nada. ‘Kemitraan Sekolah Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Di RA Al-Muslimun Nurul Islam Palangka Raya’. Skripsi, IAIN Palangka Raya, 2022.

Nanang. Fungsi Setiap Kaligrafi yang Ada di Masjid Raya Nurul Islam, 11 March 2022.

Ni’matuzahroh, and Susanti Prasetyaningrum. Observasi: Teori Dan Aplikasi Dalam Psikologi. Malang: UMM Press, 2018.

Parkan. Bincang Sejarah Masjid Raya Nurul Islam Palangka Raya, 23 March 2022.

Rahman, Pathur. ‘Dibangun 1967, Masjid Raya Nurul Islam Miliki Kapasitas 1.000 Jamaah’. BorneoNews.co.id, 2023. https://www.borneonews.co.id/berita/296085-dibangun-1967-masjid-raya-nurul-islam-miliki-kapasitas-1-000-jamaah.

Rispul. ‘Kaligrafi Arab Sebagai Karya Seni’. Tsaqafa 1, no. 1 (2012): 9–18.

Siddiq, Murjani. Sejarah Pembuatan Kaligrafi di Masjid Raya Nurul Islam Palangka Raya, 2022.

Siti Aula Diah. ‘Masjid Sebagai Pusat Peradaban (Peran Masjid Jami Al- Ikhlas Sebagai Pusat Penyebaran Dan Pembinaan Islam Di Kelurahan Mandomai Kabupaten Kapuas Periode 1903-2018)’. Skripsi, IAIN Palangka Raya, 2019. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2195/.

Syafaruddin, M. Sejarah Pembuatan Kaligrafi di Masjid Raya Nurul Islam Palangka Raya, 25 April 2019.

Widayat, Rahmanu, and Nadia Sigi Prameswari. ‘Acculturation of Javanese Culture and Islam in the Great Mosque of Surakarta Historical Site, Indonesia’. ISVS 9, no. 2 (2022): 78–96.

Zakaria, Muhammad Salehuddin, Hairulnisak Merman, and Muhammad Fikri Saidi Othman. ‘The Influence of Cultural Diversity on the Art of Mosque Design in Asian Countries’. KUPAS SENI 10, no. 2 (2022): 46–58. https://doi.org/10.37134/kupasseni.vol10.sp.2.5.2022.

Ziska, Yanti, Nilatuz Zulfa, and Rochmah Nur Azizah. ‘Analisis Wacana Kritis Konsep Plagiator Dan Buta Huruf Nabi Muhammad Dalam Gescichte Des Qoran Karya Theodore NÖldeke’. Al-Munir: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 5, no. 1 (15 June 2023): 83–110. https://doi.org/10.24239/al-munir.v5i1.126.

Zuhri, Alan. ‘Sejarah Perkembangan Kaligrafi Arab Pada Masa Pra-Islam Sampai Kodifikasi Al-Qur’an (250-940 M)’. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/alqudwah.v2i1.29065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


DOAJdrjiIci

 

Editorial Office Board :

The Qur'anic and Tafsir Science Study Program and the Hadith Science Study Program. Faculty of Ushuluddin State Islamic University Sultan Syarif Kasim Riau.

H.R. Soebrantas Street No. 155 KM 18, Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293 PO.Box. 1004 Telp. 0761-562051 Fax. 0761-562051 Web: https://fush.uin-suska.ac.id/

https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/alqudwah/index

Creative Commons LicenseAl-Qudwah by https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/alqudwah/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter