Kontestasi Hadis dalam Tagar Potong Kuku (#PotongKuku) di Media TikTok

Fachruli Isra Rukmana, Syahidil Mubarik MH, Sri Kurniati Yuzar

Abstract


This study seeks to examine the critical role of falsification in the interpretation of the Prophet’s hadith through the hashtag #potongkuku on the TikTok platform, with particular attention to its recommendations, user engagement, and implications for religious authority within digital environments. The research addresses an emerging phenomenon in hadith studies amid the disruption era, wherein social media has become a predominant medium for the dissemination and study of hadith. Prior to the advent of digital technology, the study of the Prophet’s hadith was primarily conducted through face-to-face learning circles in mosques and Islamic boarding schools. Currently, this process has transitioned into an online domain that is more inclusive and accessible. A notable example is the #potongkuku hashtag, which features excerpts from sermons by Habib Rifky Alaydrus and functions as a conduit for propagating hadith-based values in virtual spaces. Employing a qualitative methodology, this study utilizes content analysis techniques applied to videos and user comments associated with the #potongkuku hashtag as primary data, supplemented by relevant scholarly literature as secondary data. The findings reveal that hashtags facilitate the organization and retrieval of da‘wah themes, broaden the dissemination of hadith, and promote public participation in religious discourse. Nevertheless, the study also identifies instances of content citing hadiths without credible sources, underscoring the necessity of tabayyun (verification) and scholarly validation in the consumption of digital religious content. In sum, the #potongkuku phenomenon exemplifies a positive transformation in hadith learning and highlights the role of social media as a novel arena for the authentication and dissemination of Islamic knowledge.


Abstrak: Penelitian ini bertujuan menganalisis urgensi falsifikasi dalam memahami hadis Nabi melalui tagar #potongkuku di aplikasi TikTok, dengan menyoroti anjuran, respons pengguna, serta relevansinya bagi otoritas keagamaan di ruang digital. Kajian ini berangkat dari fenomena baru dalam studi hadis di era disrupsi, ketika media sosial menjadi medium utama penyebaran dan pembelajaran hadis. Sebelum kemajuan teknologi digital, masyarakat mempelajari hadis Nabi melalui majelis ilmu di masjid atau pesantren secara tatap muka. Kini, proses tersebut bertransformasi ke ranah daring yang lebih inklusif dan terbuka. Salah satu fenomena yang menonjol adalah tagar #potongkuku, yang berisi potongan ceramah Habib Rifky Alaydrus dan menjadi sarana penyebaran nilai-nilai hadis di ruang maya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis konten terhadap video dan komentar pengguna dalam tagar #potongkuku sebagai data primer, sedangkan literatur ilmiah digunakan sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tagar memudahkan pencarian dan pengelompokan tema dakwah, memperluas jangkauan penyebaran hadis, dan mendorong partisipasi publik dalam diskursus keagamaan. Namun, penelitian juga menemukan adanya konten yang mengutip hadis tanpa sumber valid, yang menegaskan pentingnya tabayyun dan verifikasi ilmiah dalam konsumsi dakwah digital. Secara keseluruhan, fenomena tagar #potongkuku mencerminkan transformasi positif dalam pembelajaran hadis dan menegaskan peran media sosial sebagai ruang baru bagi otentikasi serta diseminasi ilmu keislaman.


Keywords


Hadith contestation; Hashtag Cut Nails; TikTok; Habib Rifky Alaydrus.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Siti Nur Alfia. ‘Frame Hijrah Millenial di Media Sosial (Telaah Makna Hadis tentang Hijrah)’. Al-Tadabbur: Jurnal Kajian Sosial, Peradaban dan Agama 6, no. 2 (2020): 237–46.

Adynata, Sindy Aprianti, Salmaini Yeli, and Dasman Yahya Ma’ali. ‘Ekspresi Dakwah Mahasiswi Ilmu Hadis UIN Sultan Syarif Kasim Riau di TikTok Perspektif Hadis’. Al-Qudwah: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis 1, no. 2 (2023). DOI: http://dx.doi.org/10.24014/alqudwah.v1i2.27992

Ahmadi, Rizqa. ‘Kontestasi Atas Otoritas Teks Suci Islam di Era Disrupsi: Bagaimana Kelas Menengah Muslim Indonesia Memperlakukan Hadis Melalui Media Baru’. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat 1, no. 15 (2019): 22–35. https://doi.org/10.23971/jsam.v15i1.1138.

Al-Ayyubi, M. Zia. ‘Etika Bermedia Sosial dalam Menyikapi Pemberitaan Bohong (Hoax) Perspektif Hadis’. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an dan Hadis 19, no. 2 (2018): 148–66. https://doi.org/10.14421/qh.2018.1902-02.

Al-Naisaburi, Abu al-Husein Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi. Shahih Muslim Juz 3 (Muhaqqiq: Muhammad Fuad ’Abd al-Baqi). Kairo: Mathba’ah ’Isa al-Babi al-Halabi, 1955.

Annisa, Nurin. ‘Analisis Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Dakwah (Analisis Pada Mahasiswa KPI STAI Persis Bandung)’. Journal of Islamic Social Science and Communication 1, no. 2 (2022): 99–104.

Anshori, Muhammad. ‘Sunnah-Sunnah Fithrah’. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an dan Hadis 15, no. 1 (2014): 181–202.

Dadah, and Rizal Faturohman Purnama. ‘Pemahaman Azab Perspektif Hadis di Media Sosial: Analisis terhadap Tekstual dan Kontekstual’. Diroyah: Jurnal Studi Ilmu Hadis 6, no. 1 (2021): 13–23. https://doi.org/10.15575/diroyah.v6i1.11335.

Dalimunthe, Reza Pahlevi, and Nadea Siti Sa’adah. ‘Kontektualisasi Hadis: Menyikapi Penomena Prank di Media Sosial’. Diroyah: Jurnal Studi Ilmu Hadis 5, no. 2 (2021): 138–44. https://doi.org/10.15575/diroyah. v5i2.11212.

Dewi, Subhani Kusuma. ‘Dialektika Integrasi Antara Psikologi dan Islam di Indonesia: Peluang Bagi Metode Eksperiensial’. Jurnal Psikologi Integratif 1, no. 1 (2018): 135–41.

Fauzi, Ikmal Ahmad, and Ecep Ismail. ‘The Concept of Public Health from Hadith Perspective’. Gunung Djati Conference Series 4 (2021): 288–99.

Hamka. Tafsir Al-Azhar Jilid 9. Singapura: Pustaka PTE LTD Singapura, 1989.

Hikmawati, Sholihatul Atik, and Luluk Farida. ‘Pemanfaatan Media Tik Tok sebagai Media Dakwah Bagi Dosen IAI Sunan Kalijogo Malang’. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 2, no. 1 (2021): 1–11.

Istianah. ‘Era Disrupsi Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Hadis Di Media Sosial’. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 2020. https://doi.org/10.21043/riwayah.v6i1.6861.

Komarudin. ‘Falsifikasi Karl Popper dan Kemungkinan Penerapannya dalam Keilmuan Islam’. Jurnal At-Taqaddum 6, no. 2 (2014): 444–65.

Kurniawan, Robi, and Ayu Usada Rengkaningtias. ‘Konstruksi Keluarga Islami Lewat #Quotemuslimah di Media Sosial Instagram’. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender 18, no. 1 (2019): 16. https://doi.org/10.24014/marwah.v18i1.6426.

Kushardiyanti, Dessy, Zaenal Mutaqin, and Aulia Sholichah Iman Nurchotimah. ‘TREN Konten Dakwah Digital Oleh Content Creator Milenial Melalui Media Sosial Tiktok di Era Pandemi Covid-19’. Orasi: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 12, no. 1 (2021): 97–114.

Lestari, Sri Hariyati, and Muhammad Alwi HS. ‘Kontekstualisasi Hadis “Berkata Baik atau Diam” Sebagai Larangan Hate Speech di Media Sosial:’ Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur’an Dan Hadist 3, no. 2 (2020): 117–30. https://doi.org/10.35132/albayan.v4i2.87.

Maulid, Pikri Hafidz. ‘Analisis Aplikasi Ensiklopedia Hadis 9 Imam Versi Android sebagai Sarana Dakwah di Media Sosial’. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin 2, no. 2 (2022): 312–30. https://doi.org/10.15575/jpiu.v2i2.14393.

Miski. ‘Amplifikasi Ajaran Islam dalam Meme Hadis Larangan Perempuan Bepergian Tanpa Mahram di Media Sosial Indonesia’. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an Dan Hadis 22, no. 1 (2021): 230–54. https://doi.org/10.14421/qh.2021.2201-11.

Palupi, Rismaka, Umi Istiqomah, Fella Vidia Fravisdha, Nur Lail Septiana, and Ailyn Maharung Sarapil. ‘Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok sebagai Media Dakwah di Era Modern’. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies 5, no. 1 (2021): 90–103.

Pangestu, Perdana Putra. ‘Efektivitas Dakwah Hadis dalam Media Sosial: Analisis Atas Teori Framing Robert N. Entman’. Jurnal Dakwah dan Komunikasi 6, no. 1 (2021): 68–82. https://doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2958.

Pratiwi, Clara Sinta. ‘Platform TikTok sebagai Representasi Media Dakwah di Era Digital’. JISAB: The Journal of Islamic Communication and Broadcasting 2, no. 1 (2022): 50–65.

Putri, Yumita Anisa, Muhammad Alfaridzi, Mardianto, and Nirwana Anas. ‘Strategi Pembelajaran Al-Hadis dan Media Pembelajaran’. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2021): 213–27.

Qudsy, Saifuddin Zuhri, and Althaf Husein Muzakky. ‘Dinamika Ngaji Online Dalam Tagar Gus Baha (#GUSBAHA): Studi Living Qur’an Di Media Sosial’. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan 2, no. 1 (2021): 1–19. https://doi.org/10.53491/porosonim.v2i1.48.

Riski, Maydi Aula. ‘Teori Falsifikasi Karl Raimund Popper: Urgensi Pemikirannya dalam Dunia Akademik’. Jurnal Filsafat Indonesia 4, no. 3 (2021): 261–72.

Sari, Maula, and Saifuddin Zuhri Qudsy. ‘Resepsi Thibbun Nabawi pada Hastag #JurusSehatRasulullah (JSR) Ala Zaidul Akbar’. Hermeneutik: Jurnal Ilmu Al Qur’an dan Tafsir 15, no. 1 (2021): 143–62. https://doi.org/10.21043/hermeneutik.v15i1.9939.

Shari, Mira Fitri. ‘Bentuk Mediatisasi Hadis Berupa Video: Respon Netizen terhadap Video Pendek Mengenai Hadis di Aplikasi Tiktok’. Jurnal Moderasi: The Journal of Ushuluddin and Islamic Thought, and Muslim Societies 1, no. 2 (2021): 170–84.

Sumadi, Eko. ‘Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi’. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 4, no. 1 (2016): 173–90.

Wijayanti, Sherina. ‘Resepsi Hadis dalam Sinetron Taqdir Ilahi; Ujian Dari Allah’. Al-Qudwah: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis 1, no. 1 (2023). DOI: http://dx.doi.org/10.24014/alqudwah.v1i1.22953

Wisnuadi, Krisno. ‘Data Statistik Jumlah Pengguna TikTok April 2022’. DiPStrategy.co.id, 2022. https://dipstrategy.co.id/blog/data-statistik-jumlah-pengguna-tiktok-april-2022-lengkap/.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/alqudwah.v2i1.28862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Editorial Office Board :

The Qur'anic and Tafsir Science Study Program and the Hadith Science Study Program. Faculty of Ushuluddin State Islamic University Sultan Syarif Kasim Riau.

H.R. Soebrantas Street No. 155 KM 18, Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293 PO.Box. 1004 Telp. 0761-562051 Fax. 0761-562051 Web: https://fush.uin-suska.ac.id/

https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/alqudwah/index

Creative Commons LicenseAl-Qudwah by https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/alqudwah/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats