Konseling Kelompok Teknik Cognitive Behavior Therapy Dalam Mengelola Stres Akademik Santri Beasiswa di Pesantren
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi, S., Solihah, N. R., Hasna, A. &, & Hidayat, M. S. (2024). Penanganan Korban Bullying: Intervensi Konseling Kelompok dengan Pendekatan Client Centered. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 5(4), 108–114. https://doi.org/10.31960/konseling.v5i4.2505
Abdillah, F., & Fitriana, S. (2021). Penerapan Konseling Cognitive Behaviour dengan Teknik Self Management untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(1), 11–24. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/safrj/article/view/13576
Andrianti, S., Darmayanti, N., & Al-Farabi, M. (2023). Konseling Kelompok Dengan Teknik Berfokus Pada Solusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Al-Uswah Kuala. Journal of Student Research, 1(1), 87–101. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.955
Apriatama, D., Romiaty, R., Al Idha, S., Anisah, W. N., &, & Maulida, R. (2022). Konseling Kelompok dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Harga Diri Santri. Jurnal Basicedu, 6(4), 6281-6288. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3229
Baen, S., & Wahyuni, E. (2023). Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (Cbt): Literatur Review Untuk Mengatasi Stres Akademik Peserta Didik. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(2), 181. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v9i2.11050
Beck, A. T. (1976). Cognitive therapy and the emotional disorders. International Universities Press.
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fathurrohman, A. (2022). Strategi Meningkatkan Motivasi Tahfidz Al-Qur’an Pada Pondok Pesantren. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 20(1), 76–90. https://doi.org/10.37216/tadib.v20i1.542
Gadzella, B. M., Baloglu, M., Masten, W. G., &, & Wang, Q. (2019). Evaluation of the student life-stress inventory-revised. Journal of Instructional Psychology, 39(2).
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lahusa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 1(2), 13–22. https://doi.org/10.57094/jubikon.v1i2.348
Habsy, B. A., Putri, R. F., Nursani, R. N., & & A’yunin, W. Q. (2024). Review Of The Theory And Practice Of Cognitive Behavioristic Group Counseling Approaches. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 2(1), 12-20. https://doi.org/https://doi.org/10.61397/jkpp.v2i1.141
Henny & Sa’adah. (2024). Peran Bimbingan Konseling Islam Dalam Autisme Melalui Program Pagi Ceria Dan Kegiatan Outdoor Di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Yogyakarta The Role Of Islamic Counseling Guidance In Improving The Social Interaction Capability Of Children With Autisme. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 7(2), 541–550. https://doi.org/https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v5i1.1158
Hutagalung, R. (2019). Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Tingkat I Diploma Iii Keperawatan Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dirgahayu Samarinda. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 1(2), 17–25. https://doi.org/https://doi.org/10.52841/jkd.v1i2.86
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075
Lestari. (2022). Penerapan Teori CBT Menggunakan Teknik Thought Stopping Untuk Mengatasi Ketidaknyamanan Dalam Keluarga. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 63–76. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/bki.v6i2.13657
Megawaty, M., & Saputra, R. B. (2021). Sistem Informasi Santri Di Pondok Pesantren Darul Muhtadiin. Journal of Information Technology, 5, 18–22. https://doi.org/https://doi.org/10.53564/fortech.v5i2.725
Mulyanto. (2024). Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self-Concept Pada Remaja Broken Home. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 2470-2479. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/realita.v9i2.12562
Nurjannah, N. (2023). Konseling untuk Meningkatkan Efikasi diri Siswa SMA Muhammadiyah Sewon dalam Menghafalkan Al-Qur’an. Jurnal Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 9(2), 70–88. https://doi.org/https://doi.org/10.47435/mimbar.v9i2.2056
Olejnik, S. N., & Holschuh, J. P. (2007). College rules! How to study, survive, and succeed in.
Pawijiya, S., & Abditama, U. C. (2025). Langkah Kecil , Perubahan Besar : Pengaruh Bimbingan Konseling dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial pada Anak Introvert. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 3(2), 237–247. https://doi.org/https://doi.org/10.57185/mutiara.v3i2.341
Praekanata, I. W. I., Yuliastini, N. K. S., Zagoto, S. F. L., & Suarni, N. K. (2024). Inovasi Konseling Berbasis Pendekatan Holistik: Integrasi Teori, Model, dan Teknik untuk Mendukung Kesejahteraan Siswa. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=R7k5EQAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PA1%5C&dq=konseling+kelompok+teknikcbt%5C&ots=5hawafmn6y%5C&sig=wdQOwlGrTqieMUNfhNbAWBhKxo4
Radisti, M., Suyanti, S., & Albadri, A. (2023). Religiusitas dan konsep diri akademik dengan stres akademik mahasiswa santri. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 2(2), 102–111. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2023.v2i2.102-111
Rahma Wulan Muin, S., Hermatasiyah, N., Fauzan Muttaqin, M., Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, P., & Tarbiyah dan Keguruan, F. (2024). Implementasi Konseling Kelompok Dalam Perilaku Maladaptif Remaja Broken Home Implementation of Group Counseling in the Maladaptive Behavior of Broken Home Adolescents. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 7(2), 353–372.
Rasimin, & Muhammad, H. (2018). Bimbingan dan Konseling Kelompok. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=R7k5EQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Teori+Kognitif+(Aaron+Beck+%26+Albert+Ellis)+Pendekatan+Cognitive-Behavioral+Therapy+(CBT)+dalam+konseling+kelompok+membantu+individu+mengidentifikasi+dan+mengubah+pola+pikir+nega
Rusmana, N. (2009). Bimbingan dan konseling kelompok di sekolah (metode, teknik dan aplikasi). Bandung: Rizqi. (Issue 29).
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113
Sabarrudin, Silvianetri, & N. (2022). Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar : Studi Kepustakaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1349–1358. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5240
Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: perkembangan remaja.
Sugiyono, D. (2021). Metode Penelitian Komunikasi.
Suharnadi, P., & Ardi, Z. (2024). The Effectiveness of Cognitive Behavior Therapy (CBT) in Overcoming Various Anxieties. Journal Of Psychology, Counseling …, 2, 188–200. https://doi.org/https://doi.org/10.58355/psy.v2i3.37
Sujadi, E., Meditamar, M. O., Ahmad, B., & Artikel, I. (2022). Pengaruh Stres Akademik dan Self-Efficacy terhadap Penyesuaian Diri Santriwati Pondok Pesantren Tahun Pertama: Efek Mediasi Self-Esteem. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 11(3), 64–80. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i3.60895
Suryanto, Hermatasiyah, N., & Setyadi, D. (2021). Pemahaman Konsep Kesehatan Jiwa Menurut Hamka Dengan Metode B Imbingan Klasikal Pada Sma Daarul Qur ’ an. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6(September), 34–45. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jbki.v9i1.5364
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Susdiyanti, T., Humaira, L., Anen, N., Ketut, N., & Catur, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Manajemen Usaha Agroforestri Kelompok Tani Hutan Cibulau Hijau Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. 4(November), 11–18. https://doi.org/https://doi.org/10.52188/psnpm.v4i-.903
Tibus, E. D., & Ledesma, S. K. G. (2021). Factors of academic stress: Do they impact English academic performance? International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1446–1454. https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I4.21296
Wayan, P. I., Yukiastini, N. komang S., Zagoto Laurence Flonina Sri, P. A. D., & Suarni, N. K. (2024). Inovasi Konseling Pendekatan Holistik. In https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=R7k5EQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Teori+Kognitif+(Aaron+Beck+%26+Albert+Ellis)+Pendekatan+Cognitive-Behavioral+Therapy+(CBT)+dalam+konseling+kelompok+membantu+individu+mengidentifikasi+dan+mengubah+pola+pikir+nega.
Wilks, S. E. (2008). Resilience amid Academic Stress: The Moderating Impact of Social Support among Social Work Students. Urnal Pendidikan Islam, 9(2), 106-125. https://doi.org/10.18060/51
Yusliana, Nurina, P., & Desi, S. (2024). Pola Asuh Orang Tua dalam Mendidik Anak Penghafal Al-Quran Pada Suku Batak Pakpak. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 9(1), 1–13. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jbki.v9i1.5317
Zulaifi, R. (2023). Efektifitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Thought Stoping Untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Akademik Siswa Kelas X Smkn 2 Mataram. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 2046. https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7617
Zulkifli, A., Fauzi, A., & Mulkiyan, M. (2022). Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy Dengan Teknik Cognitive Restructuring Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani., 8(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.47435/mimbar.v8i2.1028
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ittizaan.v8i1.36197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By:
Al-Ittizaan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.