Hubungan antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik Peserta Didik
Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan suatu masalah yang menghambat proses pendidikan peserta didik. Masalah tersebut terjadi disebabkan beberapa faktor, diantaranya pola pengasuhan orang tua. Terdapat beberapa model pola pengasuhan orang tua, satu diantaranya adalah pola asuh demokratis. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah terdapat atau tidak hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan prokrastinasi akademik peserta didik MTs Al Manar Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. Peneliti menggunakan metode kuantitatif korelasional dalam penelitian ini. Adapun sampel penelitiannya adalah 71 peserta didik MTs Al Manar Medan Tahun Pelajaran 2023/2024 yang ditentukan jumlahnya menggunakan rumus Slovin, dan untuk teknik samplingnya menggunakan Purposive Sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket pola asuh demokratis dan prokrastinasi akademik yang disusun dengan skala Likert. Berdasarkan analisis data dengan rumus uji korelasi Product Moment, didapatkan hasil yaitu nilai koefisien korelasi (r) -0,608 dan nilai signifikansi (p) 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan prokrastinasi akademik peserta didik MTs Al Manar Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. Nilai koefisien korelasi tersebut juga menjelaskan bahwa semakin bertambah baik model pengasuhan demokratis yang diaplikasikan orang tua maka prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh anak/peserta didik akan semakin berkurang. Maka dari itu sangat penting bagi orang tua untuk menerapkan pola asuh demokratis dalam keluarga agar mampu mengurangi dan mencegah prokrastinasi akademik pada anak, sehingga dengan itu proses perkembangan dan keberhasilan pendidikan anak dapat berjalan dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adilla, P. N., & Lubis, W. U. (2024). Pengaruh Penggunaan Sosial Media Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Negeri 2 Medan. JURNAL INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(1), 133–152.
Agustin, R. (2018). Hubungan antara School Connectedness dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa MTs Istiqlal Delitua. Universitas Sumatera Utara.
Andini, R., & Syaimi, K. U. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa MTS SKB 3 Menteri Sei Tontong Kecamatan Perbaungan Tahun Ajaran 2021/2022. ALACRITY : Journal of Education, 2(1), 88–99. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i1.84
Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206
Dewi, I. S., Fauzi, I., & Sukmawarti. (2022). Motivasi Belajar Mahasiswa Ditinjau dengan Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2951–2955.
Faradisa, E., Supriyono, & Atok, A. R. Al. (2022). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Gotong Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6931
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2016). Teori-Teori Psikologi (R. Kusumaningratri, Ed.; 3rd ed.). AR-RUZZ MEDIA.
Hadi, A. (2023). Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak di Era 4.0 dalam Tinjauan Perspektif Islam (Guepedia/Ag, Ed.; 1st ed.). Guepedia.
Hadistia, H., & Nafeesa, N. (2023). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik Siswi SMK YP. Bina Satria Marelan. Jurnal Social Library, 3(3), 221–226.
Hasibuan, K. B., & Lubis, W. U. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Dikelas X SMK Negeri 1 Perbaungan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 5(2), 91–105.
Hutasuhut, D. H., & Lubis, W. U. (2021). Perbedaan Pola Asuh Demokratis dengan Pola Asuh Otoriter terhadap Kedisiplinan Siswa di Kelas VI SD Nurul Hasanah. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(1), 126–128. https://doi.org/10.57251/ped.v1i1.502
Khairi, Z., Pahrul, Y., & Aprinawati, I. (2022). Hubungan Pola Asuh Demokratis terhadap Kepatuhan Siswa dalam Melaksanakan Tata Tertib di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p1-7
Machali, I. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif (A. Q. Habib, Ed.; 1st ed.). Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Murti, I. S., & Hayati, R. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Bakat Anak di SMA Negeri 1 Galang Tahun Ajaran 2020/2021. AFoS J-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety), 2(1), 166–176.
Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan (1st ed.). Media Akademi.
Nursakbaniah, & Saragih, N. A. (2023). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(2), 73–80.
Ramadhani, E., Sadiyah, H., Darma Putri, R., & Andana Pohan, R. (2020). Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 45–51. https://doi.org/10.37064/consilium.v7i1.6448
Rusman, T. (2015). Statistika Penelitian: Aplikasinya dengan SPSS. Graha Ilmu.
Sahputra, D., & Hutasuhut, D. H. (2019). Kontribusi Dukungan Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(1), 35–39. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i1.1216
Saputra, A., & Afrinaldi. (2024). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Dengan Bimbingan Klasikal Pada Siswa MTSN 1 Payakumbuh. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 316–319.
Silalahi, N. B., & Saragih, N. A. (2022). Hubungan Manajemen Waktu Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2021-2022. ALACRITY : Journal of Education, 2(2), 78–84. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i2.85
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed., Vol. 1). ALFABETA.
Syahfitri, A., & Dewi, I. S. (2022). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Prokrastinasi Pada Siswa Di Tsanawiyah Al-Wasliyah Pancur Batu. ALACRITY : Journal of Education, 2(2), 85–97. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i2.86
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ittizaan.v7i2.32498
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By:
Al-Ittizaan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.