ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT MUSLIM DAN NON MUSLIM TERHADAP KESIAPAN DESTINASI WISATA SYARIAH DI KOTA PEKANBARU DAN PADANG

Putriana Putriana

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat muslim dan non muslim terhadap kesiapan destinasi wisata syaraih di kota Pekanbaru dan Padang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat Kota Pekanbaru dan Padang tentang kesiapan masing-masing destinasi wisata syariah.Populasi adalah masyarakat di Kota Pekanbaru dan Padang  dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan metode accidental sampling Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi maysrakat terhadap kesiapan destinasi wisata syariah. Tekhnik analisa data mengunakan deskriptif dengan mendapatkan hasil kesiapan Pekanbaru menjadi destinasi wisata syariah adalah baik yang dilihat beberapa indikator utama yaitu: daya tarik wisata dan infastruktur dan  Pekanbaru  berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata syariah dan persepsi masyarakat Kota Padang Sumatera Barat telah siap menjadi destinasi wisata yang banyak mengandung unsur religi.


Keywords


Kata Kunci : Persepsi Masyarakat dan Destinasi Wisata Syariah

References


VI. Daftar Pustaka

Bungin, Burhan, 2004. Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Airlangga University Press.

Hamzah, Maulana.Mdan Yudiana, Yudi. 2015. Analisis Komparatif Potensi Industri Halal dalam Wisata Syariah dengan Konvensional

Global Muslim Travel Index (GMTI). 2016.

Kempar. 2015. Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Menurut Pintu Masuk dan Kebangsaan. Jakarta: Kementerian Pariwisata.

Kotler, Philip, dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran jilid1.Alih Bahasa: Benyamin Molan. Edisi Ketiga Belas. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran jilid 2. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Edisi Ketiga Belas. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudjarad, 2007, Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogjakarta : IPD STIM YKPN.

Moleong, Lexy.J, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Narbuko, Chalil, Abu Achmadi, 2004, Metodologi Penelitian, Jakarta :Penerbit Bumi Askara.

Sarwono, J. 2009. Statistik Itu Mudah. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Setiadi. 2005. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi UntukStrategi dan Penelitian Pemasaran.

Sofyan, Riyanto. 2012. Prospek Bisnis Pariwisata Syariah. Jakarta: Republika.

Sugiyono, 2005.Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta

Suharso, Puguh, 2010. Model Analisis Kuantitatif. Jakarta : Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v15i2.8617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.