Abstract
Perkembangan dalam dunia bisnis saat ini semakin maju dan berkembang termasuk bisnis pengolahan bahan pangan siap saji. Bisnis pengolahan bahan pangan siap saji seperti rumah makan, restoran, cafe merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini. Karena rumah makan, restoran dan cafe menyediakan kebutuhan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi segmentasi pasar konsumen rumah makan Pondok Patin HM. Yunus Pekanbaru. Alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor untuk menyederhanakan variabel dari segi segmentasi demografis, perilaku dari dara responden dan segmentasi psikografis yang berjumlah 22 item pernyataan. Segmentasi pasar dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan variabel gaya hidup dengan menggunakan analisis klaster untuk mengelompokkan individu atau objek tersebut kedalam kelompok-kelompok yang mempunyai ciri dan respon yang sama. Dan dari hasil analisis faktor terhadap variabel gaya hidup terdapat 6 faktor yaitu aktif berorganisasi, optimis, senang kehidupan modern, pemerhati masalah sosial dan politik, mengedepankan status sosial dan memperhatikan penampilan. Sedangkan analisis klaster yang dilakukan terhadap gaya hidup dari variabel demografis dan perilaku menghasilkan dua segmen yaitu segmen aktif dan segmen pasif. Dengan adanya segmen yang telah diketahui, penulis memberikan saran agar rumah makan Pondok Patin HM. Yunus Pekanbaru melakukan pengembangan produk dalam pangsa pasar dengan jumlah pesaingnya sedikit yang telah disesuaikan dengan karakteristik dalam segmen tersebut dengan memanfaatkan peluang yang ada untuk menutupi faktor-faktor yang menjadi ancaman, serta melakukan pilihan pasa satu atau semua segmen dengan pertimbangan mampu meningkatkan kinerja dari masing-masing segmen.
Keywords
Segmentasi Geografis, Demografis, Psikografis, Perilaku
References
Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Penerbit Raja Grafindo Pusada, Jakarta.
Andespa, Roni. (2012). Metodologi Riset Bisnis, Penerbit Al-Huda Press, Pekanbaru.
Hurriyati, Ratih. (2008). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung.
Kasali, Rhenald. (2006). Manajemen Public Relations, Penerbit Gramedia Pustaka, Jakarta.
Kotler, Philip dan Armstrong, Garv. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Schiffman dan Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen, Penerbit Indeks, Jakarta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung