PERANAN CORPORATE PUBLIC RELATIONS (CPR) DAN MARKETING PUBLIC RELATIONS (MPR) DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN

Irien Violinda Anggriani

Abstract


Komunikasi tidak secara langsung menimbulkan perilaku tertentu, tetapi cenderung
mempengaruhi cara kita mengorganisasikan citra kita tentang lingkungan. Public
Relations digambarkan sebagai input-output, proses intern dalam model ini adalah
pembentukan citra, sedangkan input adalah stimulus yang diberikan dan output adalah
tanggapan atau perilaku tertentu. Konsep Corporate Public Relations (CPR) merupakan
konsep Public Relations (PR) dalam suatu organisasi namun, seiring dengan
perkembangan baru sosialisasi PR dan pemasaran, PR kemudian ditempatkan dibagian
Marketing, sedangkan CPR masuk kedalam bagian perusahaan secara umum. Fungsi dan
peran CPR dan Marketing Public Relations (MPR) jelas berbeda dan memiliki tujuan
tidak hanya sekedar untuk meningkatkan penjualan semata tetapi lebih jauh dari itu yakni
berusaha memberikan gambaran yang utuh tentang produk maupun corporate kepada
stakeholder-nya, sehingga mampu memberikan image yang positif mengenai produk
maupun perusahaan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v11i2.3341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.