ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KONSEP DASAR AKUNTANSI SETELAH PEMBERLAKUAN IFRS

Elisa novi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat pemahaman mahasiswa yang
beradal dari SMK jurusan Akuntansi, SMU jurusan IPS dan MA jurusan IPS tentang
konsep dasar akuntansi setelah pemberlakuan IFRS dengan menggunakan variabel
Aset, Kewajiban dan Ekuitas. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner,
dengan menggunakan sampel sebanyak 90 orang mahasiswa Akuntansi S1 Universitas
Riau dan UIN Suska Riau yang aktif pada smester III tahun akade mik 2012/2013 dan
telah lulus mata kuliah Pengantar Akuntansi 1 dan 2
Penelitian ini menggunakan uji beda Kruskal Wallis.  D ari  tiga  variabel  yang
dijadikan  pengukuran perbedaan  tingkat  pemahaman  mahasiswa  terhadap  konsep
dasar  akuntansi  yaitu  aset,  kewajiban  dan  ekuitas tidak  terdapat perbedaan
pemahaman  mahasiswa  terhadap  konsep  dasar  akuntansi setelah pemberlakuan IFRS.
Dari  nilai  mean  rank  ketiga  variabel  maka terlihat    bahwa    mahasiswa    yang    berasal
dari    Madrasah    Aliyah    lebih    memahami    konsep    dasar    akuntansi dibandingkan
mahasiswa   yang   berasal   dari   SMK   dan   mahasiswa   yang   berasal   dari   SMA

Keywords


Aset, Kewajiban,Ekuitas dan Mahasiswa Akuntansi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v10i1.3109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.