PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BALAI BAHASA PROVINSI RIAU

Ilham Chanra Putra

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Balai Bahasa Provinsi Riau dengan menjadikan motivasi dan lingkungan kerja sebagai faktor penunjang meningkatnya kinerja karyawan di dalam suatu institusi atau organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan Balai Bahasa Provinsi Riau, baik secara parsial ataupun simultan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode sampling dengan sampel penelitian berjumlah 47 orang. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja Balai Bahasa Provinsi Riau. Motivasi secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan Balai Bahasa Provinsi Riau. Lingkungan Kerja secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan Balai Bahasa Provinsi Riau. Secara simultan motivasi kerja dan lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan Balai Bahasa Provinsi Riau. Dari dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini didapat lingkungan kerja yang memiliki peran lebih besar dalam meningkatkan kinerja karyawan di Balai Bahasa Provinsi Riau.


Keywords


Keywords: Work Motivation, Work Environment, Performance

References


Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing

Arikunto, 2010 prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arep, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Universitas TrisSakti Jakarta.

Firmanto, A., & Silvianita, A. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Bogor. eProceedings of Management, 9(2).

Handoko, T. Hani. 2001.Manajemen Personalia & Sumberdaya ManusiaCetakan Kelima Belas. Yogyakarta: BPFE

Hasibuan, Malayu S.P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusa. Cetakan ke-11. Jakarta PT. Bumi Aksara

Hasibuan, M. Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi.Cetakan ke-12. Jakarta: Bumi Aksara.

Husein Umar. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada

Kusuma, A. A. 2013. Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Muria Semarang. Skripsi.Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.144 hal.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Organisasi. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mohtar, I. (2019). Hubungan antara motivasi kerja dan pengalaman kerja dengan kinerja guru madrasah. Uwais Inspirasi Indonesia.

Mulyadi, D. 2015. Prilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung: Alfbeta

Nabawi, R. (2020). Pengaruh lingkungan kerja, kepuasan kerja dan beban kerja terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 170-183.

Nadapdap, N. N., Lindawati, T., & Yuniarto, A. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Mediasi Pada Karyawan Pabrik Sepatu Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen: JUMMA, 11(1), 41-51.

Ningsih, O. L., Zaki, H., & Hardilawati, W. L. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Dyan Graha Pekanbaru. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 52-63.

Nitisemito, A. 2008.Manajemen Personalia dan SDM. Jakarta: Graha. O

Prihantoro, A. (2015). Peningkatan kinerja sumber daya manusia melalui motivasi, disiplin, lingkungan kerja, dan komitmen. Deepublish.

Priyatmo, D. 2010. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS.Yogyakarta: Media Kom

Setiobudi, E. (2017). Analisis Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Studi pada PT. Tridharma Kencana. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 3(3), 170-182.

Simamora, H. 2004. Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manausia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sudaryo, Y., Aribowo, A., & Sofiati, N. A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Penerbit Andi.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edi. 2010. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta : Kencana Predana Media Grup

Taruh, F. (2020). Motivasi Kerja (Meniti Suara Hati Menolak Perilaku Korupsi). Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v18i2.20388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.