FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN PSAK NO.109 PADA LEMBAGA PENGELOLA ZAKAT DI PROVINSI RIAU

Henni Indrayani, harkaneri harkaneri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan PSAK No.109 pada Lembaga Pengelola Zakat di  Riau. Dalam penelitian ini populasinya adalah Baznas dan Lembaga Pengelola Zakat (LAZ) yang ada di Provinsi  Riau. Pemilihan sampel dengan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh  sebanyak 30 responden yang bekerja sebagai amil pada Baznas dan LAZ di Riau. Responden yang dipilih memiliki peran dalam penerapan PSAK 109 pada Baznas dan LAZ di Provinsi Riau. Data dianalisis dengan menggunakan alat analisis statistik regresi linier berganda dan koefisien Determinasi.  Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t dan uji f . Penelitian ini menghasilkan bahwa variabel pengalaman kerja dan kebijakan pimpinan secara parsial berpengaruh terhadap penerapan akuntansi zakat, infak/sedekah (PSAK 109) dengan masing-masing nilai t hitung adalah 4,619 dan 5,437. Sementara variabel pelatihan dan tingkat pendidikan secara parsial tidak berpengaruh terhadap penerapan akuntansi zakat, infak/sedekah (PSAK 109) dengan masing-masing nilai t hitung adalah  -0,732 dan  -1,358.  Dan untuk hasil pengujian secara simultan variabel pengalaman kerja, pelatihan, tingkat pendidikan dan kebijakan pimpinan berpengaruh terhadap penerapan akuntansi zakat,infak/sedekah (PSAK 109).


Keywords


Pengalaman Kerja, Pelatihan, Tingkat Pendidikan dan Kebijakan Pimpinan, PSAK No 109

References


Ali, Mohammad Daud. 2013. Sistem Ekonomi Islam Zakat Dan Wakaf. Jakarta: Universitas Indonesia.

Cahyadi, Muhammad Amri (2015), Permasalahan dalam Penerapan Akuntansi Zakat PSAK 109 diunduh dari https://www.kompasiana.com, Tanggal 12 Desember 2020.

Dessler, Gary. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Eka Nurhayati. 2017. Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, Pengalaman Kerja, Dan Pengetahuan Akuntansi Syariah Terhadap Kualitas Penyajian Informasi Akuntansi Syariah Studi Kasus Pada KJKS KMT Tumang.

Endrawati, Reno Falth Meuthia. 2008. Pengaruh Faktor Pendidikan, Pelatihan, Pengalaman Kerja dan Penguasaan Komputer Staf Bagian Akuntansi Terhadap Kualitas Penyajian Informasi Akuntansi, (Studi Pada Kantor Cabang Bank Nagari). Jurnal Akuntansi Politeknik Negeri Padang.

Fathonah, N. 2008, Responsibility Accounting, diunduh dari http://sim.ormawa.uns.ac.id/2008/11/24/responsibility-accounting tanggal 12 Desember 2020.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

https://www.puskasbaznas.com/publications/books/885-outlook-zakat-indonesia-2019

Junita, Era. 2016. Pengaruh Pengalaman Kerja, Pengetahuan dan Kebijakan Pimpinan Terhadap Penerapan Akuntansi Zakat, Infak/Sedekah (PSAK 109) Pada Lembaga Amil Zakat di Pekanbaru.

Nastiti, Anugraheni Dyah. 2013. Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Kerja terhadap Kualitas Penyajian Informasi Akuntansi (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia di Kota Magelang). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro.

Martani, Dwi, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Marwansyah. 2010. Manajemen sumber daya manusia. Alfabeta:Bandung.

Muzahid,M. 2013. Pengaruh tingkat pendidikan, kualitas pelatihan, dan lama pengalaman kerjapegawai terhadap kualitas laporan keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)di Kabupaten Aceh Utara.Jurnal Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Nasarudin, Fadlilah. 2008. Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas Penyajian Informasi Akuntansi Pada PT. Bank Negara Indonesia Tbk(Studi Pada Kantor Pusat BNI Di Kota ).

Nasar, M. Fuad. 2018. Catatan Akhir Tahun Dan Outlook Zakat Indonesia 2018. Media Indonesia. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2011. Tentang Pengelolaan Zakat. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Perayati, Asri. 2017. Pengaruh Kompetensi Sumber Dya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Zakat, Infak/Shadaqah (PSAK 109) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Lembaga Amil Zakat di Kota Pekanbaru.

Ratnaningsih, Kadek Indah, Gusti Ngurah. 2014. Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, Dan Pengetahuan Manajer Akuntansi Pada Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Rivai, Veithzal.2013, Manajemen Sumber Daya manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktek. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Satrio dan Siswantoro. 2016. “Analisis Faktor Pendapatan, Kepercayaan Dan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Penghasilan Melalui Lembaga Amil Zakat”. Simposium Nasional Akuntansi XIX Lampung.

S. Nurhayati dan Wasilah, Akuntansi Syariah di Indonesia, Jakarta: Salemba Empat, Edisi 5. 2015.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Widiastuti, Anna, Miftah Arifin & Yanto. 2014. Pengaruh Pengetahuan Dan Kebijakan Pimpinan Terhadap Penerapan Akuntansi Syariah Di BMT Se-Kabupaten Jepara. Jurnal Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.

Zahro,F dan Harkaneri. 2020. Perbandingan Hukum Pajak dan Zakat menurut Syariah dan Negara. E-jurnal.unisda.ac.id/index.php/J-MACC/article/view/1855




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v18i2.20378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.