PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH BIRO PERJALANAN UMROH DAN HAJI KHUSUS

Elsi Maya Intan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi konsumen teradap keputusan. Jenis  penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, kuesionar dengan banyak responden 60 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, Uji F (Uji Signifikan Simultan), Uji T  (Uji Signifikan Pengaruh Parsial) , Uji R (Koefisien Determinan).

Penelitian menggunakan software SPSS 20 dan hasil menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan biro jasa perjalanan Umroh dan Haji khusus PT. Neekoi Wisata dengan hasil nilai t hitung sebesar 0,415 dengan nilai signifikan sebesar 0,680 > 0,05 dengan demikian Ho diterima dan H1 ditolak. Sedangkan Persepsi Konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan biro jasa perjalanan Umroh dan Haji Khusus PT. Neekoi Wisata dengan hasil nilai signifikan persepsi konsumen 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien regresinya sebesar 0,685 sehingga yang kedua ini diterima dengan demikian Ho ditolak dan H2 diterima.


Keywords


kualitas pelayanan, persepsi konsumen, keputusan.

References


Afrianto. (2008). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas. Jurnal. Al-Quranul Karim In Word.

Ahmad. (2012). Fiqih Seri Kehidupan Haji & Umroh, Seri V , Cet. 1. Jakarta: Surya Kencana.

Awaliyah. (2021). Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Haji Dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru. Jurnal Niara.

Darmanto. (2020). Observasi Pt Neekoi Wisata Umroh Dan Haji Khusus Pada Tanggal 12 Agustus 2019.

Dwiatma. (2019). Etika Bisnis Islam Dalam Pelayanan Haji Dan Umroh. Jurnal Ilmiah.

Fahrullah. (2020). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Dan Nilai Islami Terhadap Minat Anggota Menggunakan Simpanan Haji Dan Umroh. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam.

Fajar Laksana. (2018). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Farid Jasfar. (2019). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia Indah.

Fikri. (2021). Peran Humas Dalam Menyampaikan Informasi Dan Komunikasi Terkait Perkembangan Ibadah Haji Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Imiah.

Firdaus. (2020). Menunaikan Ibadah Haji Dengan Biaya Hasil Undian. Proceeding Iain Batusangkar.

Hasyatu. (2012). Ad –Dardir, Hasyatu Ad-Dasuqi’ala Asy-Syarah Al-Kabir, Mesir, Daral-Ma’arif, Jilid Ll, Hlm 2. (Dalam Kitab Ahmad Sarwat., Fiqih Seri Kehidupan Haji & Umrah, Seri V. Jakarta: Pt Rajawali Press.

Komar. (2020). Kebijakan Penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Di Indonesia. Jurnal Pemerintahan Dan Politik.

Mazahibuna. (2020). Pelaksanaan Ibadah Haji Pada Masa Pandemi Covid 19; Studi Komparatif Perspektif Mazhab Fikih. Jurnal Hukum Isalm.

Mochamad Fatoni Aziz. (2018). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Persepsi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Travel Umroh Dan Haji Plus Pt. Arofah Mina Kantor Cabang Tulungagung. Jurnal Ekonomi Islam.

Muhammad. (2015). Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurusan Syariah Dan Ekonomi Islam Stain Pekalongan.

Noor. (2018). Haji Dan Umrah. Jurnal Humaniora Teknologi.

Palita. (2019). Dana Talangan Haji; Problem Atau Solusi Jitu?(Studi Evaluasi Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji). Journal Of Social Religion Research.

Peterson. (2013). (2004) Dalam Buku, Dr. Etta Mamang Sangadji, M.Si. & Dr. Sopiah, Mm., M.Pd.(2013), Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Diserti. Himpunan Jurnal Penelitian.

Pratiwi. (2018). Manajemen Pelayanan Calon Jama'ah Haji Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (Kbih) Al-Ikhwan Bandar Lampung. Repository.Radenintan.Ac.

Sabrina. (2021). Diplomasi Indonesia Kepada Arab Saudi Dalam Penambahan Kuota Ibadah Haji Periode 2017-2020. Jurnal Umroh.

Sangadji. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Himpunan Jurnal Penelitian.

Schiffan Dan Kanuk. (2003). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.

Sri Pujianti. (2014). Analisa Kepuasan Jamaah Haji Tahun 2011/1432 H Terhadap Kualitas Pelayanan Pemerintah Setudi Kasus Jamaah Haji Kota Pangkal Pinang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen Ekskutif.

Stanton. (2013). Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis Diserti. Himpunan Jurnal Penelitian.

Syech Umar. (2018). Analisis Program Pelayanan Haji Dan Umroh Pt. Ya Annahl Tour Cabang Yogyakarta Persfektif Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindugan Konsumen. Yogyakarta: Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Yudi Firmansyah. (2017). Pengaruh Kulitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Sanggar Punokawan Desa Krebet Pajangan Bantul). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v18i2.19458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.