KINERJA HOTEL DARI PERSEPKTIF STRATEGIC MANAGEMENT ACCOUNTING, LINGKUNGAN BISNIS DAN KUALITAS PIMPINAN

Agnes Irwanty, Zul Azmi, Linda Hetri Suriyanti

Abstract


Kinerja dapat diartikan sebagai suatu faktor penting dalam operasionalpperusahaan.., Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiAapakah strategic management accounting, lingkungan bisnis dan kualitas pimpinan dapat meningkatkan kinerja hotel di Pekanbaru. Data sampel diperoleh dari manajer terkait akuntansi, dan keuangan yang bekerja pada industri perhotelan di Kota Pekanbaru. Data kemudian diolah menggunakan metode regresibberganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategic management accounting berpengaruh terhadap kinerja hotel di Pekanbaru. Akuntansi manajemen strategik dapat memberikan informasi penting untuk pengambilan keputusan bisnis. Lingkungan bisnis berpengaruh terhadap kinerja hotel, dan kualitas pimpinan juga berpengaruh terhadap kinerja hotel di Pekanbaru.


Keywords


Akuntansi manajemen strategik, Lingkungan bisnis, Kualitas, Kinerja

References


Abdullah, M Ma’ruf. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Alamri, A. (2018). Association Between Strategic Management Accounting Facets And Organizational Performance. Baltic Journal Of Management, 14(2), 212-234.

Anderson, L. W. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan assessmen revisi: taksonomi pendidikan Bloom. Terjemahan Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Antony S & Hariyanto. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Hotel Bintang Empat Di Kota Batam. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol 4 No 2, 1274-1287.

Ardiansyah, I., & Chandra, I. A. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dan Penerapan Green Hotel Management Terhadap Kinerja Lingkungan Di The Dharmawangsa Hotel Jakarta Dengan Metode Structural Equation Modelling. Jip Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.2 No.3, 965-976.

Ardiansyah, S. S., Dkk. (2021). Penggunaan Strategic Costing Untuk Meningkatkan Kinerja Ukm Di Kota Pekanbaru Selama Masa Pandemi. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, Vol. 6 No. 2, 206-212.

Azmi, Z., Dan Harti, I. D. (2021). Pengaruh Akuntansi Manajemen Strategik Dan Kapabilitas Organisasional Terhadap Kinerja Organisasi. Ekonomis: Journal Of Economics And Business, 5(1), 266-276.

Badan Pusat Statistik Kota Pekanbaru (Statistics Pekanbaru). (2022). Diambil KembaliDariBps1471@Bps.Go.Id: Https://Pekanbarukota.Bps.Go.Id/Subject/16/Pariwisata.Html.

Chenhall, R., & Langerfield-Smith. (1998). The relationship between strategic priorities, management techniques and management accounting: an empirical investigation using a systems approach. Accounting, Organizations and society, Vol. 23 No. 3, 243-264.

Cravens, K. S., & Guilding, C. (2001). An Empirical Study of the Application of Strategic Management Accounting Techniques. Advances in Management Accounting, 10, 95-124.

Faradiza, S. A. (2018). Kinerja Perusahaan Dan Keselarasan Strategi Dengan Intensitas Persaingan Dan Kecanggihan Praktik Akuntansi Manajemen. Akuntabilitas, 11(2), 223-244.

Ghofar, A., & Sunaryo, K. (2013). Pengaruh Strategi Kompetitif Dan Lingkungan Eksternal Pada Kinerja Umkm Di Yogyakarta. Jbti, Vol. IV, 72-84.

Guilding, C., Cravens, K. S., & Tayles, M. (2000). An international comparison of strategic management accounting practices. Management Accounting Research, 11(1), 113–135.

Hertati, L., Syafarudin, A., & Safkaur, O. (2020). Peran Manajemen Perubahan Pada Akuntansi Manajemen Strategis Akibat Virus Corona. A Research Journal On Islamic Finance, Vol.06 No. 02, 106-124.

Larasati, D., & Mustafa, Z. (2015). Pengaruh Kualitas Pemimpin Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Budaya Organisasi, Strategi Organisasi Dan Motivasi Karyawan. Prosiding National Conference On Applied Business, 1-10.

Lubis, P. I. A., Azmi, Z., & Suriyanti, L. H. (2019). Pengaruh Customer Accounting Dan Customer Orientation Terhadap Kinerja Organisasi. Jurnal Al-Iqtishad, Edisi 15 Volume II, 180-215.

Miliken, F. J. (1987). Three types of perceived uncertainty about the environment: State, effect, and response uncertainty. The Academy of Management Review, 12(1), 133–143.

Petroni, A. and Braglia, M. (2000) Vendor Selection Using Principal Component Analysis. Journal of Supply Chain Management, 36, 63-69.

Pono, M. (2009). Pengaruh Dinamika Lingkungan, Strategi Bersaing dan Strategi Operasi terhadap Kinerja Perusahaan (Studi pada Industri Manufaktur di Sulawesi Selatan). Jurnal Aplikasi Manajemen, Volume 7, No 4, 994-1005.

Qiftiyah, M. (2015). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Mi Qurrota A’yun Sleman. Jurnal Didika, 127-138.

Rivai, Veithzal, (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan : dari Teori Ke Praktik, Edisi Pertama, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sejati, A. S. (2009). Analisis Pengaruh Perencanaan Strategis Formal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus: Pt Pertamina Geothermal Energy). of empirical research, Volume 3, Nomor 1, 197-211.

Setiawan, A. S., & Rahmawati, R. (2017). Hubungan Rating Bintang Terhadap Peran Akuntansi Manajemen Strategis (Studi Empiris Pada Perusahaan Hotel Di Sumatera Selatan). Jurnal Akuntansi, No. 01, 114-126.

Situmorang, C. V., & Simanjuntak, A. (2021). Pengaruh Strategic Management Accounting Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar, Dan Kualitas Pimpinan Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 7 (2) , 100-108.

Srbinoska, D. S., Stojanova, M., Hristova, S., & Mrsik, J. (2020). The impact of organizational characteristics on the adoption of contemporary cost management techniques by the textile industry in North Macedonia. Journal of Accounting and Management Information Systems, 19(1), 65–88.

Szymaniec-Mlicka, K. (2014). Resource-Based View In Strategic Management Of Public Organizations – A Review Of The Literature. National Science Center, Vol. 18, No. 2.

Tari, J. J., Claver, Cortés, E., Pereira, Moliner, J., & Azorín, J. F. M. (2009). Is it worthwhile to be a quality certified hotel? Evidence from Spain. International Journal of Quality & Reliability Management, 26(9), 850-864.

Thoha, M. (2013). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Pimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pariwisata. Joppas: Journal Of Public Policy And Administration, Volume 2, Nomor 2, 56-62.

Thoha, M. (2013). “Kepemimpinan dalam manajemen”. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Uha. (2014). Budaya Organisasi Kepemimpinan dan kinerja. Jakarta: Kencana.

Yolanda, K., Azmi, Z., & Suriyanti, L. H. (2022). Anteseden Partisipasi Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Pada Bisnis Perhotelan. Economics, Accounting and Business Journal, 2 (1) , 211-222.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v18i2.18854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.