ANALISIS KEPUASAN DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UIN SUSKA RIAU TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE/DARING DIMASA PANDEMI COVID-19

Putriana Putriana

Abstract


Dimasa pandemi Covid-19 Kemendikbud menetapkan kegiatan belajar mengajar dengan sistem belajar online/daring maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan belajar dan minat belajar mahasiswa terhadap sistem pembelajaran online/daring.

Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dengan alat analisis SEM-SmartPLS. Penelitian dilakukan terhadap 112 orang mahasiswa manajemen Fakultas Ekonomi UIN Suska Riau dengan prosedur pengambilan sampel secara purposive sampling.

Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh positif kepuasan belajar terhadap sistem pembelajaran online/daring dan adanya pengaruh minat belajar terhadap sistem pembelajaran online/daring. Kepuasan belajar dan minat belajar dapat menjelaskan sistem pembelajaran online/daring sebesar 69,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Novelty penelitian ini adalah lebih tepat dalam mengukur kepuasan belajar dan minat belajar terhadap sistem pembelajaran online/daring dianalisa dengan menggunakan SEM-PLS (Struktural Equation Model-Partial Least Square).

Implikasi teoritisnya adalah kepuasan belajar dan minat belajar seharusnya digunakan sebagai dasar teori dan ukuran dalam sistem pembelajaran online/daring. Implikasi manajerialnya adalah memprioritaskan terhadap kualitas pelayanan, kepastian, empati dan kehandalan serta mempersiapkan metode pembelajaran yang menyenangkan, menghibur, aplikasi tekhnologi yang kreatif dan menarik serta membuat rencana pembelajaran yang melibatkan mahasiswa.


Keywords


Kata Kunci: Kepuasan Belajar, Minat Belajar dan Sistem Pembelajaran Online/daring

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, R., Febrina. W., S., Luluk, M., Sari, I., P., Saputra, N., D., & Idris (2021). Proses Dan Minat Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Kominikasi. Vol 5 No.2 hal 201 -112. Doi:10.30596/interaksi.v5i2.5793.

Bharwana, T., Bashir, M., & Mohsin, M. (2013). Impact of Service Quality on Custumer Satifaction: a Study Fromservice Sector Espacialy Private Collage Of Pakistan. International Journal of Scientific and Research Publivation. Vol 2. Issue 3 pp 1 – 7.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman. Penerbit Depublish.

Gumanti, D., & Teza, S., D. (2021). Analisis tingkat Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam Perkuliahan Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 3. N0 4. Hal 1638 – 1646.

Ghozali, I., (2008). Model Persamaan Struktural, Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16.0. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hutabarat, H., D., M. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Medan Terhadap Proses Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Model Regresinya. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1. No 1. Hal 1-8

Irsan, K., (2018). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas X Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli SMA Negeri 18 Luwu. Disertasi Doktor. Universitas Negeri Malang.

Kartika, R., A. (2018). Model Pembelajaran Daring Mata Kuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal of Early Chilhood Care & Education (JECCE). Vol 1. No 1. hal 26 -31.

Khairani, M., (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta. Aswaja Pressindo

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Indonesian Language Education and Literature. Vol 3. No 1. Hal 99 – 110.

Kurdi, M., S. (2018). Evaluasi Implementasi Desain Pendidikan Karakter Berbasis Pendekatan Humanistik, Elementary, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 4. No 2, hal 125 -138

Mulyapradana, A., Anjarani, A.D., & Harnato, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah). Vol 3. No 1. https://doi.0rg/10.36778/jesya.v3i1.115

Nurlaela, L.,W. (2018). Metode Penelitian Terapan, Aplikasi SPSS,, Eviews, Smart PLS dan Amos. Pustaka Amri. Bekasi Barat.

Nurhasanah, S., & Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinant Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol 1. No 1. hal 130

Prasetya, T., A., & Harjanto, C., T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kejuruan. Vol 17. No 2. hal 188 -197.

Prihastuti, M.T., & Suhadi. (2020). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Journal of Languange And Healt. Vol 1 No 2. pp 49-56.

Putri, S., C., Erizon, N., Sari, D., Y., & Arafat, A. (2021). Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika terapan Program Studi Teknik Mesin FT-UNP. Jurnal Homepage. Vol 3. No 3. hal 15 -21.

Ramli, M. (2012). Media dan Tekhnologi Pembelajaran. Banjarmasin. Antarsari Pers.

Rahmad, P.S. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya. Scopindo Media Pustaka.

Ricardo, R., & Meilani, R., I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol 2. No 2. Hal 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i28108

Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang. Universitas Katolik Soegipranata.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis, Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Edisi 6 Buku 1. Salemba Empat. Jakarta

Solimun, F., & Nurjanah. (2017). Metode Statistik Multivariate, Permodelan Persamaan Struktural (SEM), Pendekatan WarpPLS. UB Press. Malang

Syahputra, E., (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi. Semarang.

Sujarweni, W. (2018). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Pustabarupress. Bantul. Yogyakarta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sunardi & Handayani. (2018). Kualitas Pelayanan dalam Islam dan Kepercayaan terhadap Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Rumah Yatim Arrohman Indonesia. Jurnal Islamicomic. Hal 84-99

Ulinuha, G., & Noviyaningtyas, I. (2021). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Berdasarkan End User Computing Satisfaction. Jurnal Kalacakra. Vol 1. No 2. Pp 1-7.

Yanti, M., T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A., R. (2020) Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adiwidya Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 10 No 1 hal 61-68. http://doi.org/10.1017/CB09781107415324.004.

Yunitasari, R., & Hanifah, R. (2020). Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2. No 3. Hal 232-243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

http://update.unisayogya.ac.id, diakses pada Juli 2021.

http://covid19.hukumonline.com, diakses Juni 2020.

http://pmpk.kemendikbud.go.id, diakses Juli 2021.

http://www.merdeka.com, diakses Agustus 2021.

http://akurat.co, diakses Januari 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v18i2.18790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.