PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPAYA MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI LINGKUNGAN SEKOLAH
Abstract
Adapun tujuan dari kajian ini adalah untuk menjelaskan peran pendidikan islam dalam upaya mengatasi kenakalan remaja di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung oleh kajian pustaka yang terkait. Kajian ini menyimpulkan bahwa pembinaan moral dan pembinaan agama dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat harus menjadi perhatian yang serius dan teladan nyata dari orang tua, guru di sekolah, dan tokoh-tokoh panutan di masyarakat terbukti bisa memberikan pengaruh yang besar kepada sikap, perilaku, moralitas, dan keagamaan para remaja. Kurang adanya pembinaan moral dan pembinaan agama yang nyata dan pudarnya keteladanan para orangtua ataupun pendidik di sekolah menjadi faktor kunci dalam proses perkembangan kepribadian remaja. Secara psikologis, kehidupan remaja adalah kehidupan mencari idola. Mereka mendambakan sosok orang yang dapat dijadikan panutan. Segi pembinaan moral dan agama menjadi terlupakan pada saat orang tua ataupun pendidik hanya memperhatikan segi intelektual saja.
Keyword: Peran Pendidikan Islam, Kenakalan Remaja, Lingkungan Sekolah.
References
Abu Ahmadi., 2021. Nur Uhbiyati., Ilmu Pendidikan., PT Rineka Cipta.
Al-Munawar, Said Agil Husin. 2023., Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani, dalam system pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.
Bambang Sugiyono. 2006. Pendidikan Usia Dini Di Awal Sekolah Dasar. UIN dan Al-Azhar, Jakarta.
Bobby Deporter. 2010. Quantum teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas). Bandung : Penerbit Kaifa.
Bobbi DePorter dan Hernacki Mike. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit KAIFA
Departemen Agama RI. 2019. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Pustaka Al Kautsar,
Dian Anshoriah. 2006. Mengenal Metode Pembelajaran Sesuai untuk Anak Usia Dini. Radio Global News.
Dimyati & Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi Hastuti. 2006., Dampak Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Terhadap Kecerdasan Majemuk Dan Karakter Anak., Makalah Seminar Sehari Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini., Indonesia Heritage Foundation., Jakarta.
Edi Wiyono. 2006. Peran Orang Tua Dalam Membangun Karakter Anak., Makalah Seminar Sehari Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini., Indonesia Heritage Foundation., Jakarta.
Hartanto, Dicki dan Sri Yuliani. 2019. Statistik Riset Pendidikan. Penerbit Cahaya Firdaus, Pekanbaru. 160 Halaman
Huda, M. (2019). Juvenile Deliquency in Islamic Education Perspective (Kenakalan Remaja dalam Perspektif Pendidikan Islam). al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 176-183.
Hurlock, Elizabeth B. 2021. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Erlangga, Jakarta.
Khalil Al - Musawi. 1999. Bagaimana Menjadi Orang Bijaksana., Penerbit Lentera. 1999.
Komaruddin., Urgensi Pendidikan Aqidah Pada Anak Usia 0 –12 Tahun. STAI-Laa Roiba, Bogor. 2005.
M. Alisuf Sabri, 2008. Drs. H.M. Ilmu Pendidikan. Pedoman Ilmu Jiwa.
Muhammad Nur Abdul Hafizh. 1999. Mendidik Anak Bersama Rasullullah., Penerbit Mizan Al-Bayan,
Nana Sudjana. 2021. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo,
Laila Norvika. 2024. Upaya Mengatasi Terjadinya Kenakalan Remaja Di Desa Tubanan Jepara Melalui Pendidikan Agama Islam dalam Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan Islam [JIPPI] Volume 2 Nomor 1 Januari 2024 Hal 10-18 ISSN: 2985-5071
Qutb, Sayyid. 2000. Tafsir Fi-Zhilalil Qur’an, Jakarta. Rabbani Press.
Raymond J Wlodkowski et al. 1990. Eager To Learn; Helping Children Become Motivated and Loved Learning, San Fransisco.
Ratna Megawangi., 2006. Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini, Seberapa Pentingkah?. Makalah Seminar Sehari Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini., Indonesia Heritage Foundation., Jakarta.
Shadiq, Imam Ja’far 2005. Mengurai Tanda Kebesaran Allah. Pustaka Hidayah, Bandung.
Stewart, Alison C. 1985., A Child Development, A Topical Approach. Canada.
Suharsono. 2003, Membelajarkan Anak Dengan Cinta., Penerbit Inisiasi Press.
Syaikh M Jamaluddin Mahfudz. 2001., Psikologi Anak Dan Remaja Muslim., Pustaka Al-Kautsar.
Wibowo, H., Herliana, K., & Alatas, M. M. (2023). Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Remaja. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 8(3), 218-226.
Zuhairini. dan Abdul Ghofir. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN, UM Press.
Zuhairini. et.al. 2019. Metodologi Pendidikan Agama. Solo:Rahmadani.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v4i2.38663
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Published By:
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








