Intensitas Keaktifan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Organisasi Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan organisasi sekolah serta pengaruhnya terhadap pembelajaran dan pengembangan diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner Google Form yang diisi oleh 125 responden dari berbagai tingkatan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki minat dan partisipasi yang tinggi terhadap kegiatan organisasi sekolah. Aktivitas organisasi dinilai mampu memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa, kinerja guru, serta menciptakan iklim belajar yang kondusif. Selain itu, kegiatan organisasi juga mendorong terbentuknya sikap tanggung jawab, meningkatkan motivasi belajar, serta memperluas wawasan siswa melalui berbagai kegiatan seperti seminar, diskusi, dan kunjungan edukatif. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa organisasi sekolah memiliki peran strategis dalam mendukung proses pendidikan secara menyeluruh, baik secara akademik maupun dalam pembentukan karakter siswa.
Kata Kunci: Keaktifan siswa, organisasi sekolah, hasil belajar, pengembangan diri, iklim belajar.
References
Amelia, R. R., & Nugraheni, B. I. (2021). Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Dan Keaktifan Siswa Di Kelas Ditinjau Dari Keikutsertaan Siswa Dalam Program Bimbingan Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 14(2), 1-10.
Erni, Sukma, dkk (2024). Pembelajaran Reflektif: Upaya Problem Solving mBerbasis Pengalaman dalam Pembelajaran Tingkat Mts S Swasta. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 10 (2), 2621-2676
Indrawan, I. (2020). PRINSIP STRUKTUR ORGANISASI PENDIDIKAN. Al-Afkar: Manajemen pendidikan Islam, 8(1), 123-146.
Isya, M. A. (2020). Role-playing dalam Meningkatkan Hasil dan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Materi Hijrah Nabi ke Madinah pada Siswa Kelas V MI Riyadhul Ulum Bangil Tahun Pelajaran 2019-2020. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 4(1), 41-50.
Jailani, M. S. (2023). Teknik
pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.
Moh. Muslih, Ainul Wafa, Slamet Nurchamid, Khairun Nadiah, Sunar, Moh. Syahroful Anam, Fatimah, H.Akhmad Fauzan, Yoky Satrio Ariwibowo, Muhammad Afianto, Fazil Fadli, Isnandar, Muh.Wahyu Iza, M.Miftah Farid, Herman Wibowo, Izmimmatul Khasanah, 2021.
Mulditasari, Y., & Noviani, D. (2023). Hubungan sekolah dan masyarakat dalam menjamin mutu pendidikan. Jurnal Bisnis dan Manajemen (Jurbisman), 1(2), 525-538.
Muspawi, M., Janati, S., Panjaitan, K., & Dwi Mawarni, J. (2023). Menelaah Konsep-Konsep Dasar Organisasi. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 5 (2), 154–167.
Nindiati, D. S., Saputri, E. S., Kholifah, N., & Safitri, R. (2025). PENTINGNYA BUDAYA ORGANISASI POSITIF DALAM SEKOLAH. Jurnal Ilmu Pengetahuan Naratif, 6(1).
Rokhmah, dkk, Metode Penelitian Kualitatif (Teori, Metode dan Praktik), (Bandung: Widina Media Utama 2024).
Saondi Ondi dan Sobaruddin, Konsep-Konsep Dasar Mnejadi Sekolah Unggul, (Yogyakarta: Depublish 2015).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung:Alfabeta 2022).
Syukran, M., Agustang, A., Idkhan, A. M., & Rifdan, R. (2022). Konsep organisasi dan pengorganisasian dalam perwujudan kepentingan manusia. Publik, 9(1), 95-103.
Wahid, H. Abdul . ‘Gagasan Dakwah Pendekatan Komunikasi Antarbudaya.” Penerbit PRENADAMEDIA GROUP. 2019.
WINDIYANTO, U. (2009). IMPLEMENTASI PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DAN INTENSITAS MENGIKUTI KEGIATAN OSIS (ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH) TERHADAP KEDISIPLINAN MENTAATI TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII SMP COKROAMINOTO KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v4i2.38274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Published By:
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.