PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN CARA BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terdapat bepikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangya keterlibatan siswa dalam membagun kerampilan mendasar,kurangnya terlibat siswa dalam menyimpulkan masalah,kurang terlibatnya siswa dalam bertanya dan menjawab pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 331 orang. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 73 orang, yaitu siswa kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes,observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis hasil uji t pada penelitian ini dilakukan pengambilan keputusan dengan membandingkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan. selanjutnya dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Untuk ttabel dapat dilihat pada tabel distribusi nilai ttabel dengan df=71 dan taraf signifikansi 5% maka diperoleh nilai ttabel sebesar 2,00. Sehingga diperoleh hasil perhitungan thitung > ttabel atau 9,848 > 2,00 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan cara berpikir kritis siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru.
Kata Kunci : Project Based Learning (PJBL), Berpikir Kritis dan Pembelajaran IPS.
Full Text:
PDFReferences
Daryanto, dan mulyo rahardjo.2012.Model pembelajaran inovatif..Yogyakarta: gava media.
Daryanyo Dan Syaiful. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gaya Media.
Departemen Agama Ri, Al Qur’an Dan Terjemahnya, (Bandung: Diponegoro,2000)
Djaali. 2020.Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara.
Emilia dan Akmal.2016.Pengantar IPS Terpadu dan Pembelajannya.Kreasi Edukasi:Publishing and Consulting Company .
Goodman Dan Stivers. 2020. Panduan Project Based Learning. Jakarta.
Hartono.2014.Analisis System Instrumen,.Bandung: Zanafa Publishing.
Hartono.2019. Statistika untuk Penelitian.Pekanbaru .Pustaka pelajar : Zanafa Publishing.
Joe W. Kartolik, dkk,2024Reporting and Interprenting Effect Size InQuantitative Agricultural Education Reserarch. Joernal of agriculturaleducation,Vol.52 no1.
Lestari Sri, Dkk. 2018. Choaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru. Jawa Timuur: KunFayakun.
Lestari.L.Dkk.2021. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Sanggar. JISIP Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan.
Misbahuddin dan Iqbal Hasan.2013.Analisis Data Penelitian Dengan Statistik.Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: remaja rosdakarya.
Ni Luh Pt. Dianawati .2017).tentang pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis IPA siswa.
Noor. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Implusif dan Reflektif., Jurnal Pendidikan Matematika(Kudus) P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186 Volume 2, Nomor 1, Juni 2019, hlm 37-46.
Nursalam.2016.Strategi Belajar Mengajar IPS.Situbondo: CV.Garuda Mas Sejahtera.
Paskalia Yasinta.dkk.2020.‗Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)‘, ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika, 2.2 .
Qomariyah.Evi. Nurul. 2016. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Universitas Negeri Malang, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.
Ramadhan Rahmi. All.2020, Belajar dan Pembelajaran.Yayasan Kita Menulis.
Riduwan dan Sunarto. 2014.Pengantar Statistik Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis .Bandung: Alfabeta.
Riduwan.2014.Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian.Bandung: Alfabeta.
Ridwan Abdullah Sani.2015. Pembelajaran saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Rositawati Dwi Nugraheni.2018“KAJIAN BERFIKIR KRTITIS PADA METODE INKUIRI”, Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma, Prosiding, SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinnya.
Sakilah Et Al. 2020. “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Sekolah Dasar Negeri 167 Pekanbaru,”. Jmie (Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education).
Sakilah.2019. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Cv. Cahaya Firdaus : Publishing And Printing.
SE.Priyanto.2020.Analisis Statistik Sosial Rangkaian Penelitian Kuantitatif Menggunakan SPSS,(J.Simarmata, ED).Yayasan Kita Menulis .
Setiawan Andi M.2017.Belajar Dan Pembelajaran, (Ponorogo: Uwais Inpirasi Indonesia.
SetiawanRisky.2015.Aplikasi Statistik untuk Penelitian.Yogyakarta: Nuha Medica.
Sihotang, Kasdin. 2010. Berpikir Kritis Kecakapan Hidup Di Era Digital .Depok, Sleman: Pt. Kanisius
Sugiyono. 2015.Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D .Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2014.Metode Penelitian Administrasi.Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2014.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sugiyono.2019.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sukartiningsi Wahyu.2014 .Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Projek Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Eksposisi Kelas VI Di Sekolah Dasar.JPGSD.VOL 02.
Sukmadinata Nana.2014.Metode Penelitian Pendidikan .Jakarta : Remaja Rosdakarya.
Supardi,Dkk.2021.Ilmu Pengetahuan Sosial,Buku siswa SMP kelas VIII,kementrian pendidikan,kebudayaan ,Riset,dan teknologi Republik Indonesia.
Surya.Dkk.2018.berjudul penerapan model pembelajaran Project based learning (pjbl) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas II SD Negeri sidorejo Lor 01 Salatiga.
Sutamrin and Khadijah. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Project Based Learning Aljabar Elementer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 4, Nomor 1, Juni 2021., ISSN: 2622-2329 (Cetak), 2622-2442 (Online) Analisis
Sutamrin Sutamrin and Khadijah Khadijah.2021. ‗Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Project Based Learning Aljabar Elementer‘, EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4.1.
Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran “Teori Dan Konsep Dasar.” (Cetakan Keempat). Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Trianto.2014.Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta : Bumi Aksar.
Widdy Sukma Nugraha .2018) .Tentang peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning (PBL).
Zakia, Linda. Dkk. 2019. Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v4i1.35267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Published By:
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.