PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PENALARAN DEDUKTIF SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 PEKANBARU

UMMU HANI HASIBUAN, Emilia Susanti

Abstract


mengetahui Pengaruh yang signifikan antara Metode Problem Solving Terhadap Penalaran Deduktif Siswa di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada kegiatan pembelajaran, diantaranya siswa terlalu bergantung kepada materi yang disampaikan guru sehingga kompetensi siswa kurang berkembang dan susah dalam mengambil kesimpulan dari inti masalah pembelajaran dan dalam penggunaan metode pembelajaran siswa juga lebih fokus pada aspek kognitif saja, sehingga aspek afektif dan psikomotorik siswa belum optimal. Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu quasi eksprimen. Populasi pada penelitian adalah kelas VII yang berjumlah 279 siswa. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII1 dan VII2 yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui persentase pengaruh metode problem solving terhadap penalaran deduktif diperoleh dari hasil uji determinasi memperoleh nilai sebesar 0,878 (87%). Dari hasil uji t diperoleh nilai     atau 2,788 > 1,691 maka  ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan antara metode problem solving terhadap penalaran deduktif di SMP Negeri 21 Pekanbaru.

 

Kata kunci : Metode problem solving, Penalaran deduktif, Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru


Full Text:

PDF

References


Abdul Halim, Buku Ajar Pengantar Filsafat Hukum, Bandung: Penerbit Nusa Media, 2017.

Ade Djohar Maturidi, Metode Penelitian Teknik Informatika, Yogyakarta: Deepublish, April, 2014.

Budiyono Herman, Penalaran dan Metakognisi Kaitannya dengan Kemampuan Menulis Siswa SMATT- HAS Kabupaten Muaro Jambi, Jurnal Pena, 10(2), 2020, 3.

Busnawir, Pengukuran Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika, Indramayu: CV Adanu Abimata, 2023.

Darma, Budi, Statistika Penelitian Menggunakan SPSS, Jakarta: Guepedia, 2021.

Demiyanti, Deny, Menjadi Guru Yang Mampu Menulis dan Menerbitkan Buku, Yogyakarta: Araska, 2017.

Desak Putu Eka Nilakusumawati, Ni Made Asi, Kajian Teoritis Beberapa Model Pembelajaran, Bali: Universitas Udayana, 2012.

Deti Elice, dkk, Pendidikan Investasi Manusia, Banyumas: Wawasan Ilmu, 2024.

Djaali, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Bumi Aksara, 2020.

Edy Suwandi, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Scifintech Andrew Wijaya, 2022.

Emilia Susanti, Akmal. Pengantar IPS Terpadu dan Pembelajarannya, Pekanbaru: Kreasi Edukasi, 2016.

Endang Mulyatiningsing, Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik, Yogyakarta : UNY Press, 2011.

Endra, Febri, Pengantar Metodologi Penelitian (Statistika Praktis), Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2017.

Erna Yayuk dan Suko Prasetyo, Kajian Matematika SD, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2019.

Erni, Mahir Menyelesaikan soal-soal Pemecahan Masalah (Problem Solving) Matematika, Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Lembar Kerja Berbasisi, 2023.

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah, Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian, Yogyakarta: Andi, 2010.

Febri Endra, Pengantar Metodologi Penelitian (Statistika Praktis), Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2017.

Gita Sekar Prihanti, Strategi Belajar, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2017.

Haidir dan Salim, Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif), Medan: Perdana Publishing, 2014.

Halim, Abdul, Buku Ajar Pengantar Filsafat Hukum, Bandung: Penerbit Nusa Media, 2017.

Heri Suharto, dkk, Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Tragah Bangkalan Menggunakan Media Perpustakaan, Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(2) 2021,1.

Herri Zan dan Namora Lumongga, Pengantar Psikologi Untuk Kebidanan, Jakarta: Kencana, 2010.

I Gede Iwan Sudipa, Pratiwi, dkk, Metode Penelitian Bidang Ilmu Informatika (Teori & Referensi Berbasis Studi Kasus), Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Isrok’atun, Amelia Rosmala, Model-Model Pembelajaran Matematika, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Janawi, Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran, Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2013.

Junihot M. Simanjuntak, Filsafat Ilmu & Penalaran Teologis, Yogyakarta: PBMR Andi.

Laurencia Prismawati Degodona, Filsafat dan Logika, Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2023.

Memet Muhammad, Achmad Sofyan dan Aridhotul Haqiyah, Statistika dalam Pendidikan Olahraga, Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2021.

Milta Dwi Pisaba, “Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMK SMTI Bandar Lampung”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.

Misbahuddin & Hasan, I, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Mulyatiningsing, Endang, Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik, Yogyakarta: UNY Press, 2011.

Mustafa Edwin Nasution dan Hardius Usman, Proses Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2007.

Muwahidah Nur Hasanah & Wibawati Berni, Metode Pembelajaran PAI, Pasaman: CV. Azka Pustaka, 2022.

Narfa, Mengonstruksi Laporan Hasil Obsevasi, Tegal: Guepedia, 2021.

Noviarni, Perencanaan Pembelajaran Matematika dan Aplikasi, Pekanbaru: Benteng Media, 2014.

Novita Larasati Putri, “Pengaruh Metode Problem Solving dengan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SMP Negeri 4 Metro Utama”, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Nunuk Suryani & Leo Agung, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Ombak, 2012.

Observasi bapak Pesta Parulian Manurung guru IPS kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru.

Rahmi, Martin Kustati & Hadeli, Evaluasi Pendidikan Islam Perspektif Islam, Yogyakarta: Deepublish, 2022.

Sarmadan & La Alu, Buku Ajar Bahasa Indonesia dan Karya Tulis Ilmiah, Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2015.

Singgih Santoso, Statistik Multivariat Edisi Revisi Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo, 2014.

Sri Andayani, “Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Masyariqulanwar 4 Sukabumi Bandar Lampung”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2019.

Suhartono & Harjanto, Filsafat Ilmu Kedokteran, Surabaya: Airlangga University Press.

Suwandi, Edy, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Scifintech Andrew Wijaya, 2022.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Transmedia Pustaka, 2004.Jakarta: Transmedia Pustaka, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v4i1.32654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View MyStat View MyStat

 

INDEXED BY:

      

 

Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.