PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BANGSALSARI TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pemilihan jenis penelitian quasi-exsperimental. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah Non Equivalent Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas intrumen menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan 2 uji prasyarat seperti uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini dalam analisis data menggunakan Independent Sample T-test diperoleh thitung = 0,000 dan ttabel = 0,361 maka thitung < ttabel, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Oleh karena itu, dari nilai yang diperoleh dinyatakan adanya pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Saintifik, hasil belajar, IPS
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Vol. 2
Hananingsih, Wahyu, and Ali Imran. 2020. “Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 5(6). doi: 10.58258/jupe.v5i6.1593.
Nurzaman, Wahyu, Nelly Fitriani, Gida Kadarisma, and Wahyu Setiawan. 2022. “Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Spldv.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 5(3):693–702. doi: 10.22460/jpmi.v5i3.693-702.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia.
Roffina, zamrat desi. 2020. “Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Relasi Dan Fugsi Melalui Pendekatan Scientific.” Jurnal Pendidikan Tambusai | 4(2004):810–20.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v3i2.32411
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View MyStat
INDEXED BY:
Published By:
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.