ANALISIS PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER LITERASI GENERASI Z DI ERA DIGITAL

Agus Susilo, Yohana Satinem, Sarkowi Sarkowi

Abstract


Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam cara Generasi Z mengakses dan memanfaatkan informasi. Perpustakaan, yang selama ini dikenal sebagai pusat literasi, kini dihadapkan pada tantangan untuk beradaptasi dengan kebutuhan generasi yang tumbuh bersama teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perpustakaan sebagai sumber literasi bagi Generasi Z dalam konteks digital. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui studi literatur dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan harus mengintegrasikan teknologi digital dalam layanannya, seperti koleksi e-book, database digital, dan layanan perpustakaan daring, untuk tetap relevan bagi Generasi Z. Selain itu, perpustakaan juga perlu menyediakan program literasi digital yang dapat meningkatkan keterampilan teknologi informasi di kalangan pengguna muda. Dengan adaptasi ini, perpustakaan dapat terus berfungsi sebagai sumber literasi yang efektif dan relevan di era digital.


Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. syakir Media Press.

Achmad, W. K. S. (2021). Transformasi Nilai Kearifan Lokal Berbasis Teknologi. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 1, 8–16. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/PROSDING/article/view/1537

Affa Iztihana & Mecca Arfa. (t.t.). Peran Pustakawan MTs N 1 Jepara Dalam Upaya Mengembangkan Minat Kunjungan Siswa Pada Perpustakaan.

Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Ambarwati, D. R. S., Rohidi, T. R., Syakir, S., Syarif, M. I., & Pamadhi, H. (2024). The noble character-based learning in the ornaments of Kraton Yogyakarta: A visual analysis of Javanese cultural heritage. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 43(1). https://doi.org/10.21831/cp.v43i1.66310

Amna, A., dkk. (2023). Pelatihan dan Penggunaan Mail Merge Pada Aplikasi Microsoft Office dan Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Kemampuan Administratif Staf. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3109–3117. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14769

Andriyan, W., Septiawan, S. S., & Aulya, A. (2020). Perancangan Website sebagai Media Informasi dan Peningkatan Citra Pada SMK Dewi Sartika Tangerang. Jurnal Teknologi Terpadu, 6(2), 79–88. https://doi.org/10.54914/jtt.v6i2.289

Anggito, & Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Apdillah, D., Zebua, R. B., Idham, M., & Anhar, I. (2022). Teknologi Digital di Dalam Kehidupan Masyarakat. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 8(2), 101–107. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v8i2.247

Arif, Suparman, dkk. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 435–446. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4685

Aryani, Fitri & Armiati. (2021). Analisis Tata Ruang Perpustakaan Sekolah. Jurnal Ecogen, 4(2), 158–168. http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11162

Asmayawati, dkk. (2024). Sosialisasi Literasi Digital Berbasis Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kognitif dan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2523–2529. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.26068

Astin Lukum. (2019). Pendidikan 4.0 di era generasi Z: tantangan dan solusinya. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, 2, 1–3. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/kpk/article/view/329

Cahyono, H., & Iswati, I. (2018). Memahami Peran Dan Fungsi Perkembangan Peserta Didik Sebagai Upaya Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 47–62.

Danuri, Muhamad. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2), 116–123. https://doi.org/10.53845/infokam.v15i2.178

Endarti, S. (2022). Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6990

Eskha, A. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 12–18. https://doi.org/10.15548/jib.v2i1.25

Evawani, L. (2022). Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar di Madrasah. Jurnal Literasiologi, 8(1), 136–143. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i1.350

Fahmi, Fauzi, dkk. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar: Use Of Simple Learning Media as A Source of Learning. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17

Fitria, Norma, dkk. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4660

Fitriyanti, Dewi. (2021). Inovasi Dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dasar Menggunakan Media Sosial Masa Pandemi. IQRA’: JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI, 15(1), 76–98. http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v15i1.8456

Hazmin, G., & Wijayanti, A. (2022). Pendekatan Berbasis Phygital dalam Menjembatani Kesenjangan dalam Transformasi Digital. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 159-166. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.48470

Krisnawati, Nopi, dkk. (2023). Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(1), 485–497. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i1.12098

Luthfiyah, F. (2016). MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 189–202. https://doi.org/10.19109/elidare.v1i2.676

Mahmud, A. (2018). Konsep Masyarakat Menurut Murtadha Muthahhari. 2.

Muttaqin, A. Z., Pratama, I. W., Pambudi, G. S., Oktavian, A., Diyanto, P., & Nuraziza, V. F. (2023). Pembuatan dan Pengelolaan Website Desa Sebagai Media Informasi dan Administrasi Desa Kedungbanteng. 2(1).

Nugraheni, A. (2023). Pengaruh Lingkungan, Kepercayaan Diri, dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Generasi Z Di Kecamatan Tambaksari Surabaya. SOSIALITA, 2(2), 388–402.

Putri Rieswansyah, Annisa Fitriana, dkk. (2021). Perpustakaan digital sebagai alternatif utama dalam memberikan layanan pada masa pandemi di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung. AL-KUTTAB: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.24952/ktb.v3i1.3045

Setyawan, Deddy, dkk. (2022). Pendidikan Literasi Digital Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 2. https://ocs.machung.ac.id/index.php/senam/article/view/340

Shiddiqy, M. A. A. ., dkk. (2023). Sosialisasi Pentingnya Literasi Digital Di Era Globalisasi Sebagai Upaya Pendukung Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri 010 Desa Batu Sasak. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.259

Sri Endarti. (2022). Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6990

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alfabeta.

Surani, D. .,dkk. (2024). Sosialisasi Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Untuk Meningkatkan Literasi Media Pembelajaran Digital Guru SD. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 334–338. https://doi.org/10.46306/jabb.v5i1.802

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206

Susilo, Agus & Andriana Sofiarini. (2020). Pembelajaran Sejarah Online Mahasiswa STKIP PGRI Lubuklinggau Di Masa Pandemik Covid 19. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.31539/kaganga.v3i1.1303

Susinta, Annisa & Rahman Senjaya. (2022). Manajemen Perpustakaan Digital Di Era Global Pada Perpustakaan Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Unilib : Jurnal Perpustakaan, 13(2), 56–66. https://doi.org/10.20885/unilib.Vol13.iss2.art1

Tan, P. S. I. (2022). Modern Democratic Family: An Ethical And Integrity Private Place to Grow. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 14(1), 691–706. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.4746

Thoharudin, Munawar, dkk. (2020). Pengaruh Kelengkapan Sumber Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Dedai. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 10(1), 48–55. https://doi.org/10.24036/011080860

Treanor, M., & Troncoso, P. (2022). Digitally excluded: Inequalities in the access and use of online learning technologies in Scottish secondary schools. International Journal of Population Data Science, 7(3). https://doi.org/10.23889/ijpds.v7i3.1819

Widiyanto. (2023). Perpustakaan Digital dalam Pendidikan Tinggi: Analisis Bibliometrik. Jurnal Sastra Indonesia, 12(3), 234–242. https://doi.org/10.15294/jsi.v12i3.74695

Yoga, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1), 29–46. https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175

Yuhasnil. (2019). Perubahan Nilai-Nilai Budaya Dalam Proses Modernisasi di Indonesia. Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, 13(5), 222–230. https://doi.org/10.33559/mi.v13i5.1375

Yustisia, K. K., dkk. (2023). Edukasi Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Tentang Strategi Keamanan dan Manajemen Siber. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 135–147. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4472

Zulfikar, G., Permady, G. C., & Sudirman, A. (2023). Strengthening National Character in Islamic Elementary School. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(1), 884–899. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i1.2414




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v3i2.32368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View MyStat View MyStat

 

INDEXED BY:

      

 

Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.