PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Akmal Akmal, Mairizal Mairizal, Hermi Zaswita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchang terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA As-Shofa Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA As-Shofa Pekanbaru sedangkan objeknya adalah pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchang terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA As-Shofa Pekanbaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil analisa data menunjukan skor rata-rata Pre Test yaitu sebesar 58,33 menjadi 78,51 pada nilai Post test. Jika dihitung presentasi yang diperoleh, maka dapat dilihat besar kenaikan adalah 34,59%.. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Rotating Trio Exchang terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA As-Shofa Pekanbaru.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran, Rotating Trio Exchang, Hasil Belajar

 


Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono. (2004). Pengantar Statistika Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu Tri Utami, Rusdi, & Ringki Agustinsa. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII Di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu.

Darni, D., Akmal, A., Ramadhan, D., & Ismail, I. (2023). Model Student Self-Assessment for Geography Teacher at MAN. International Journal of Educational Dynamics, 5(2), 163-170.

Endang Mulyatiningsih. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Gusti Novita. Pengaruh Model Kooperatif Learning Tipe RTE Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 23 Bandar Lampung.

Hasti Anggraini. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchang (Rte) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Materi Upaya-Upaya Penegakan Ham Di Indonesia.

Hazuar, Zainal Abidin, & Cut Intan Salasiyah. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchang (Rte) Untuk Mengurangi Kecemasan Matematika Siswa.

Isjoni. (2014). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Isma Malikhah, dkk. (Tahun tidak disebut). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dan Rotating Trio Exchang (RTE) Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa.

Mas’ud Zein. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Daulat Riau.

Mel Silberman. (2013). Pembelajran Aktif 101 Strategi untuk mengajar secara aktif. Jakarta Barat: PT Indeks.

Muhammad Thobroni & Arif Mustofa. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhaimin. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchang.

Ni Kd. Ayu Mertini, et al. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchang (RTE) Berbantuan Media Questions Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 1 No. 1.

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2 (1), 107-122.

Rahman, S. (2023). Pengaruh Kompetensi ICT Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19. TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial, 3(1).

Rahman, S., Ismail, I., Kurniawan, R., & Fitriyani, I. (Tahun tidak disebut). Integrasi Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran IPS di SMP-IT AL-Ma’arif Pekanbaru. TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial, 1(1), 13-28.

Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-209.

Silberman, Melvin L. (2009). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif (Alih bahasa: Raisul Muttaqien). Rev. ed. Bandung: Nusamedia.

Sri Ekawati. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Topik Persamaan Dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 2 No. 2.

Sudjana, Nana & Ibrahim. (2012). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wiwit Agus Setiyani, Arif Maftukhin, Eko Setyadi Kurniawan. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchang (RTE) dengan Media Questions Box Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015.

Wiyono, Teguh. (2018). Pengaruh Motivasi Siswa Dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan Vol. 6 No. 2.

Yelis Mas’ud Cholifah. (2011). Implementasi Metode Rotating Trio Exchangs Pertukaran Trio Exchanges (pertukaran trio memutar) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Bidang Studi PAI di Sma Ass'adah Bunga Gresik. Gresik: IAIN Sunan Ampel.

Yuni Yuliyati, Baharudin, Rafiqah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchang (RTE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v3i1.29738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View MyStat View MyStat

 

INDEXED BY:

      

 

Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.