PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI MITIGASI BENCANA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik terhadap hasil belajar kognitif siswa. Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik adalah model pembelajaran yang mengoptimalkan ketiga gaya belajar (visual, auditori dan kinestetik). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Jakarta tahun ajaran 2022/2023 pada materi mitigasi bencana. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan penelitian pretest & posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri dari 33 siswa kelas kontrol dan 35 siswa kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran visual auditori kinestetik memiliki peningkatan sebesar 18,86 dari 76,14 menjadi 57,29. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif yang hanya mencakup gaya belajar visual dan auditori memiliki peningkatan sebesar 5,76 dari 58,33 menjadi 64,09. Pada pengujian Independent Sample t Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,007. Karena nilai Sig. (2-tailed) 0,007 < 0,05 maka ditolak dan diterima sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Visual Auditori.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Visual Auditori Kinestetik, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Alfin, Jauharoti. (2013). Analisis Karakteristik Siswa pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. https://core.ac.uk/display/195392993?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1
Aprianti, H. (2014). Pengaruh Penggunaan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik terhadap Hasil belajar kognitif Kognitif Peserta didik Mata Pelajaran IPS Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Pringsewu Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4804
Ardhina, D., & Mukminan, M. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Berbentuk Majalah Elektronik Dengan Materi Hidrosfer Untuk Peserta didik SMA Kelas X. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(1). https://doi.org/10.21831/socia.v14i1.19667
Committee of College and University Examiners. (1956). Taxonomy of Educational Objective. (B. S. Bloom, Ed.) London: David M-Kay Company, Inc. https://eclass.uoa.gr/modules/document/file.php/PPP242/Benjamin%20S.%20Bloom%20-%20Taxonomy%20of%20Educational%20Objectives%2C%20Handbook%201_%20Cognitive%20Domain-Addison%20Wesley%20Publishing%20Company%20%281956%29.pdf
Cuevas, Josh. (2017). Visual and auditori learning: Differentiating instruction via sensory modality and its effects on memory. Nova Science Publishers. https://www.researchgate.net/publication/319531896_Visual_and_auditory_learning_Differentiating_instruction_via_sensory_modality_and_its_effects_on_memory
Darni, D., Akmal, A., Ramadhan, D., & Ismail, I. (2023). Model Student Self Assessment for Geography Teacher at MAN. International Journal of Educational Dynamics, 5(2), 163-170.
DePorter, B., & Hernacki, M. (1992). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. New York: Dell Publishing.
Harahap, Z. H., Sugiharto, & Syarifah. (2021). The Effects of Visual and Auditory Learning Styles on Students’ Learning Outcomes in Historical Social Studies. International Journal of Research and Review, 8(1), 72–76. https://doi.org/10.52403/ijrr.20210109
Keefe, J. W. (1979). Learning style: an overview. U.S National Association of Secondary Principals, Student learning styles: Diagnosing and prescribing programs (p. 137). Reston, Virginia: National Association of Secondary School Principals. https://eric.ed.gov/?id=ED182859
Noor, Djauhari. (2014). Pengantar Mitigasi Bencana Geologi. Yogyakarta. CV Budi Utama.
Nor Asiah, Asiah. (2018). Perbandingan Hasil belajar kognitif Menggunakan Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Berbantu Software Wingeom Dan Alat Peraga Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Peserta didik Kelas IX MTS Raudhatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, UIN Antasari Banjarmasin.
Nurellah, A., Panjaitan, Regina., & Maulana. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Visual,Auditorial, Dan Kinestetik Untuk Meningkatkan hasil belajar kognitif Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 431–440.
Purnamawati, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Vak (Visual, Auditori, Kinestetik) Untuk Meningkatkan Hasil belajar kognitif Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. S1 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Shinta, F. Dwi (2016). Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Himpunan Kelas Vii Smp Negeri 3 Kedungwaru Tahun Ajaran 2015/2016. S1 Thesis, UIN SATU Tulungagung.
Sudjana, N. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo. http://repo.uinsatu.ac.id/3953/
Suryadin, Merta, I. W., & Kusmiyati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditorrial Kinestetik (VAK) Terhadap Motivasi dan Hasil belajar kognitif IPA Biologi Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 3 Gunungsari Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pijar Mipa, 12(1):19-24. https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.330
Syofyan, R., & Siwi, M. K. (2018). The Impact of Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Styles on Economics Education Teaching. 57(Piceeba), 642–649. https://doi.org/10.2991/piceeba-18.2018.1
Waluya, B. (2009). Memahami Geografi. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v3i1.29593
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View MyStat
INDEXED BY:
Published By:
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.