PEGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Shadrina Aulia Rahma, Muzani Muzani, Samadi Samadi

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan model random sampling karena seluruh kelas xi ips sama tidak ad akelas unggulan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 143 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 69 siswa yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model problem based learning dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penilitian ini yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan dengan perolehan rata-rata dari 74,8 menjadi 86,9. Sedangkan kelas kontrol mengalami penurunan perolehan rata-rata dari 74,3 menjadi 72,3. Kesimpulan ini didukung dengan perolehan nilai sig pada uji-t sebesar 0,00 maka nilai sig<0,05. Ha menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang diterima dan Ho yang menyatakan tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya Indonesia kelas XI di SMAN 3 Tangerang ditolak.

 Kata kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Keragaman Budaya

Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Angraini, W. D., Aminuyati, & Achmadi. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(8), 1–11. https://repository.unsri.ac.id/27031/

Djafar, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Buntulia Tahun Pelajaran 2019/2020. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1215. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1215-1222.2021

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Hamdalia Herzon, H., Budijanto, & Hari Utomo, D. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: TEori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Pribadi, G. I., Fadjarajani, S., & Kuswarini, P. (2020). … Hasil Belajar Peserta Didik Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning (Pbl) Dan Model Pembelajaran Kooperatif. Geoducation, 1, 14–22. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geoducation/article/view/2128

Sasmita, E. (2015). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 3 No 4.

Syamsidar. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Dinamika Kependudukan Indonesia Siswa Kelas VII MTsS Krueng Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi, 1(1), 21.

Wilson, Y. R., Buwono, S., & Sugiarto, A. (n.d.). Penerapan Model Pbl Pada Pembelajaran Geografi. 1–8.

Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(3), 406–411. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v2i02.25302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 

 

CALL FOR PAPER

 
 The Editorial Team of the journal welcomes contributions of papers on any topics related to current issues in the perspective of Islamic social education and the cultural field, especially in the Islamic perspective.

Android Apps by StatCounter on Google Play


INDEXED BY:

      

 


Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.