PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNTIF SISWA

Dwi Arum Aprilianti, Muzani Muzani, Asma Irma Setianingsih

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pendekatan kuasi eksperimen yang pengambilan sampelnya menggunakan teknik Purposive Sampling pada materi litosfer di SMAN 3 Tangerang. Pertimbangan pengambilan sampel didasarkan pada nilai rata-rata PAS dan jumlah siswa yang sama. Adapun sampel yang dipilih yaitu kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, angket dan dokumetasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media kartu domino memberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar pada materi litosfer. Terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 54% dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar 45%. Berdasarkan hasil Uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,04 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi litosfer di SMAN 3 Tangerang.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kartu Domino, Hasil Belajar Kognitif


Full Text:

PDF

References


Arrahmah, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Modifikasi Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Sirkulasi Darah. Skripsi thesis. Repostory UIN Jakarta.

Desstya, A. (2013). Pembelajaran Kimia Dengan Metode TGT (Teams Games Tournaments) Mengunakan Media Animasi dan Kartu Ditinjau dari Kemampuan Memori dan Gaya Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Gahara, B. (2019). Integrasi Media PowerPoint Dengan Metode Card Sort Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Materi Makna Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 DAN Q.S. AR-RAHMAN (55): 33 Di Kelas VII. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 69.

Handayani, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams Game Tournament ) Dengan Media Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA. Geo Educasia, 1(12).

Heksanti, M. Y. (2012). Penggunaan Media Kartu Domino-Kwartet (domtet) dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Idapitasari, N. (2021). Pengunaan Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Logaritma. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1(4), 259–265.

Isnawan, M. G. (2020). Kuasi Eksperimen. Lombok: Nashir Al-Kutub Indonesia.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Sutabaya.

Maidatul, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIN 29 Kabupaten Bireuen. Skirpsi. UIN AR-RANIRY.

Nurhamidin, F. (2018). Penggunaan Media Kartu Domino Untuk Penguatan Kemampuan Faktual Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. Avatara: E-Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(4).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT:Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. In P. C. Ambarwati (Ed.), Cv. Wade Group. Wade Group.

Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran : hakikat pengembangan, pemanfaatan dan penilaian.Bandung: Wacana Prima

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT.Alfabet.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v2i2.25299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View MyStat View MyStat

 

INDEXED BY:

      

 

Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.