PENGARUH KOMPETENSI ICT GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Sakilah Rahman, ismail ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara Kompetensi ICT Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian  ini  dilatar  belakangi  oleh  rendahnya  hasil  belajar  siswa  di  masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru dan siswa SD Babusalam Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Kompetensi ICT Guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu uji pengaruh dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan kemampuan  ICT  guru  SD  Babusaalam Pekanbaru dengan nilai rata-rata 3,05 pada tingkat pencapian 61,06% berada di ketegori baik, Selanjutnya rata-rata kelas hasil belajar siswa selama 2 semester terakhir saat pandemi Covid 19 berfluktuasi dengan nilai rata-rata kelas terendah 86,6 dan tertinggi 94,20 atau jika dirata-rata kan dengan skala 1 sampai dengan 4 maka nilai terendah 2,40 dan nilai rata-rata kelas tertinggi 3,91. Hasil belajar dari semester genap tahun ajaran 2019/2020 ke semester ganjil 2020/2021 berfluktuasi ada yang mengalami kenaikan dan ada yang mengalami penurunan. Pada hasil pengujian statistic menunjukan hubungan yang relatif lemah antara kompetensi ICT guru terhadap hasil belajar siswa SD Babussalam Pekanbaru selama masa pandemi Covid-19 yakni hanya sebesar 0,007 atau 0,7%. Dan jika dilihat dari pengaruhnya disimpulkan tidak signifikan. 

 

Kata kunci: Kompetensi Guru, Kompetensi ICT, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Delila Sari Batubara. (2017). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya). Mualimmuna. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1).

Menteri Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Menteri Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2008 Tentang standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Munir. (2014). Kerangka Kompetensi TIK Bagi Guru. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v3i1.23273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View MyStat View MyStat

 

INDEXED BY:

      

 

Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.