PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Maryatun Kabatiah, akmal akmal, Suhertina Suhertina, Hermi Zaswita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, terutama dalam mata pelajaran geografi. Metode yang digunakan adalah Cooperative Script dalam pembelajaran materi dinamika kependudukan di SMA Handayani Pekanbaru tahun pelajaran 2022/2023. Hipotesis penelitian menyatakan bahwa penerapan metode ini akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Dua kelas yang terlibat adalah kelas XI IPS I sebagai kelas kontrol dengan 20 peserta didik, dan kelas XI IPS II sebagai kelas eksperimen dengan 32 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi dilakukan sebelum penelitian untuk menggambarkan kondisi kelas, sedangkan tes digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik. Data nama dan hasil belajar peserta didik diperoleh melalui dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi kepala sekolah/madrasah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Script memberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar pada materi dinamika kependudukan. Terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 63,70 menjadi 79,15 pada posttest. Peningkatan ini dapat dihitung sebagai persentase peningkatan sebesar 24,25% berdasarkan rumus persentase peningkatan. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode Cooperative Script memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi dinamika kependudukan. 

Kata kunci: Metode Pembelajaran, Cooperative Script, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Aqib. (2013). Hubungan model pembelajaran Cooperative Script dengan model pembelajaran cooperative SQ3R terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar.

Hariyanto, W., &. (2013). Pembelajaran Aktif. Jurnal Pembelajaran Kooperatif, hal. 164.

Hanafiah, & Sufana. (2009). Hubungan model pembelajaran Cooperative Script dengan model pembelajaran cooperative SQ3R terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar.

Huda. (2011). Cooperative learning. Jurnal Pembelajaran Kooperatif, hal. 121.

Hasan Alwi, Muh. Yusuf M. (2003). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PLC.

Jihad, S., &. (2013). Penerapan Model Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Kooperatif, hal. 142.

Jurnal Peluang, Volume 4, Nomor 1, Oktober 2015, ISSN: 2302-5158.

Jurnal Cakrawala Pendas, Volume I, No. 1 Januari 2015, ISSN: 2442-7470.

Majid, A. (2013). 8 BAB II Kajian Pustaka. Jurnal Pembelajaran Kooperatif, hal. 174.

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media.

Mulyasa. (2006). Jurnal MEDTEK, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2009.

SUGIHARTONO. (2013). Artikel cendikiawan. Jurnal Pembelajaran.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar, hal. 42.

Sutrisno Hadi. (2002). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset, hal. 302.

Sugiyono. (2011). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, hal. 228.

Suprijono. (2009). Resti Khanalaya/Economics Education Analysis Journal 6(1), 2017.

Pakar Pendidikan. Vol. 10 No. 2 JULI 2012 (151-162).

Rima Meilani dan Nani Sutarni. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar. UPI: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI Vol. 1 No. 1.

Rossa Linna. (2018). Pengaruh Belajar Aktif Index Card Match (ICM) dalam Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 1 Bangkinang. Jurnal Edukasi Vol. 1 No. 1.

Wina Sanjaya. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Aris Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media, hal. 49.

Jurnal Idaraah, Vol. 1, No. 2, Desember 2017.

Diantini Nur Faridah, Vol. 05, No. 01, 2015, hal. 45-60.

Suharsimi Arikunto. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v2i2.23243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 

 

CALL FOR PAPER

 
 The Editorial Team of the journal welcomes contributions of papers on any topics related to current issues in the perspective of Islamic social education and the cultural field, especially in the Islamic perspective.

Android Apps by StatCounter on Google Play


INDEXED BY:

      

 


Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.