PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF PROFESIONAL

Wardani Purnamasari, Ifdillah Risqa

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya pengembangan bahan ajar yang inovatif dalam proses pembelajaran, merujuk kepada era globalisasi industri 4.0 yang menuntut ketersedian sumber belajar dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memudahkan pengguna dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan E-module dengan bantuan aplikasi Flip PDF Profesional pada materi manajemen. Tujuannya adalah untuk membuat modul elektronik yang memenuhi kelayakan sebagai bahan ajar ekonomi di SMA/MA. Metode penelitian dilakukan melalui langkah-langkah model penelitian pengembangan Plomp. Hasil validasi oleh ahli dalam bidang multimedia adalah 94,2 % dengan kategori sangat layak digunakan, dan hasil ahli dalam bidang materi dari segi pedagogis 94,5 %, dari segi bahasa dan isi 95,3% dan penilaian secara umum 100% dengan kriteria produk sangat layak digunakan sebagai bahan ajar ekonomi untuk tingkat SMA/MA. Selanjutnya berdasarkan hasil uji coba E-module kepada sepuluh orang siswa kelas XI IPS 3  2 orang guru Ekonomi di SMA Negeri 1 Bangkinang memperlihatkan bahwa E-modul ini memiliki tampilan yang menarik, mudah dipahami dan praktis digunakan.

 

Kata kunci: E-module, Manajemen, Flip PDF Profesional


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2013) Perencanaan Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Ali Mudlofir. (2011) Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pres. 2

Andi prastowo. (2012) Pengembangan Sumber Belajar. Yogyakarta:Pustaka Insan Madani.

Daryanto. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif Dan Inofatif. Jakarta:Publisher. 2009.

Hanifaf Ainin Nisa. Mujib. Wahyu Vanian Putr. Efektifitas E-Moduk Dengan Flip PDF Profesional Berbasisi Gamifisaki Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 6, No. 2, Juni 2020, p-ISSN: 2548-4435, e-ISSN: 2615-8752.

Hartono. Pendidkan Karakter dalam Kurikulim 13. Jurnal Budaya. Vol. 19, No 2, Agustus 2014.

Henri Septanto, Jurnal Studi Komprasi Antara Media Evaluasi Berbasis Multimedia Dengan Media Evaluasi Berbasis Kertas Terhadap Hasil Ujian Pengenalan TIK Pada Peserta Pelatihan Kejuruan Operator Komputer Di PPKD Jakarta Timur.

F.S Hutami, Pengembangan bahan ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasasr, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 5, No. 2,

Indah Sriwahyuni, Eko Risdianto, Henny Johan. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunkan Flip PDF Profesional Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 2 No. 3, Desember 2019, E-ISSN: 2655-1403 P-ISSN 2685-1806.

Kadek Aris Priyanti Dkk. Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK N 3 Singaraja). Jurnal Karmapati, Vol 6, No 1, 2017

Made Wena. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta:Bumi Aksara. 2012.

M Haviz, Research And Depelopment Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna. Ta’dib, Vol 16, No 1 (Juni 2013).

Muttaqin., 2016, Jenis- jenis Bahan Ajar, https://www.muttaqin.id, diakses 5 November 2020.

Lus Putu Eka Diantari, Luh Putu Eka Damayanti, Nyoman Sugihartini, I Made Agus Wirawan, Pengembangan E-Modul Berbasis KKPI Untuk Mata Pelajaran KKPI Kelax XI, Jurnal Nasional Fisika Pendidikan Teknik Informatika ISSN 2089-8673 (Print), ISSN 2548-4265 (Online), Vol 7, No 1, 2018.

Seminar Nasional Fisika. 25 Noverber 2017.

Ribut Prastawi Sriwijaya, Ryzca Siti Qomariyah, Ida Ftriatul Nurma, pengembangan Media Adobe Flash berbasis pakem sekolah dasar, Jurnal Pedagogy Vol,07 No. 02

Sukartono. Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya Terhadap Pendidikan di Indonesia. FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono, Aman, Dyah Kumalasari, Sutopo, dan Apri Nuryanto, Peta Jalan Pendidikan, TIM UNY

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2011.

Tjeerd Plomp, 2016, Educational Design Research: An Introduction. Dalam Tjeer Plomp and Nienke Nieeveen (Ed). An Introduction to Educational Design Research. (p:9-35). Netherlands in www.slo.nl/organisatie/international/publications.

Yuberti. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Lampung:Anugrah Utama Raharja, 2014

Yunus Abidin. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama. 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v2i1.20195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View MyStat View MyStat

 

INDEXED BY:

      

 

Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.