PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Metakognitif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Latar belakang penelitian ini karena belum maksimalnya keterampilan berfikir kritis siswa saat proses pembelajaran. Lokasi penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi ekperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Cotrol Group Design. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah strategi pembelajaran Metakognitif dan keterampilan berfikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X (Ilmu-ilmu Sosial) 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X (Ilmu-ilmu Sosial) 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan menggunakan prettest, empat kali pertemuan menerapkan strategi pembelajaran Metakognitif dan satu kali menggunakan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah Test ―T. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan mean antara dua kelas yaitu kelas kelas eksperimen 85,6944 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 80,1389. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel baik taraf signifikan 5% (1,667) dan 1% (2,381) atau 1,667 < 2,739> 2,381 berarti maka diterima danditolak. Hal ini terdapat pengaruh signifikan strategi pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Metakognitif, Keterampilan Berfikir Kritis
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Baskara. Darmayati. 2008. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Desmita. 2012. Psikologi Perkemabangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Fatmawati, Herti. 2011. Skripsi: Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit dengan Metode Pratikum. Jakarta: Skripsi Progrm Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Fernando, Roni. 2016. Skripsi: Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTS Al-Muttaqin Pekanbaru. Pekanbaru: UIN Suska Riau.
Hadi, Muhammad Husaini maulana. 2016. Skripsi: Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas V Pada Materi Satuan Jarak dan Kecepatan Melalui Pembelajaran Kotekstual SD N Jamus 2. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Hartono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Iskandar, Srini M. 2014. Pendekatan keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Tersedia di file:///F:/KULIAH/SEMESTER
%208/INTERNET/151-367-1-PB.pdf. Diakases 11 Juli 2018.
Johnson, Elaine B. 2014. Contextual Teaching and Learning: menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasikkan dan bermakna. Bandung: Kaifa.
Jufrina, Yesi. 2015. Skripsi: Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sawalunto. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Noto M. Subali dkk. 2015. Efektivitas Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemandirian Belajar Dan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNSWAGATI.
Septiani Putri lestari dkk. 2019. Pengaruh Penerapan Startegi Metakognitif Terhadap Kemamouan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Jurnal Cendekia. Program Studi Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2.. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sulan Syarif Kasim Riau.
Khoiriah, Tuti. 2015.Pengaruh Strategi Belajar Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Pada Manusia. Tersedia di: file:///F:/KULIAH/SEMESTER%208/INTERNET/TUTI% 20KHOIRIAH-FITK.pdf). Diakses 12 Juli 2018.
Maryam. 2017. Skripsi: Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Interaktif terhadap Kterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah atas PGRI Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Pratiwi, Fitri Apriani, dkk.Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Santifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Artikel Penelitian Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan. 2014.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar Cet-3. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Riduwan. 2004. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Nana. 2002. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan: Edisi II. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
. 2009. Psikologi Pendidika. Edisi 3 Buku 2. Jakarta: Selamba Jumanika.
Subana. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Sudjana. 2005. Metode Stastistik. Bandung: Tarsito.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta: Prenadamedia Group.
Syah, Muhibin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi & metode dalam model pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Zein, Mas’ud dan Darto. 2012. Evaluasi Pemebelajaran Matematika. Pekanbaru: Dulat Riau.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v2i1.20191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View MyStat
INDEXED BY:
Published By:
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.