MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mahasiswa memiliki motivasi dalam pembelajaran online selama masa pandemi covid19. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi detail motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran online selama masa covid 19. Penlitian ini dilakukan di STKIP ‘Aisyiyah Riau dengan melibatkan 50 orang mahasiswa pada program studi pendidikan Ekonomi dan PG-PAUD. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi evaluasi dan bahan pertimbangan bagi civitas akademika dalam memfasilitasi dalam perbaikan jika masih menerapkan pembelajaran online. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data menggunakan rumus . Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dalam pembelajaran online selama masa pandemi covid 19 berada pada kategori baik dengan hasil 70,89%. Pandemi covid 19 tidak menjadi alasan mahasiswa untuk tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi, walaupun dalam pelaksanaannya terdapat kekurang-kekurangan yang ditemukan,akan tetapi tidak ada pilihan lain selain mengoptimalkan pembelajaran daring.
Kata Kunci : Motivasi Belajat, Pembelajaran Online, Covid19
Full Text:
PDFReferences
Dimyati Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik. Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah B Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
_____________ 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
I Md. Aditya Dharma. Md Padmarani Sudewiputri. 2021. Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid 19. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. Vol 4 (2). E-ISSN: 2614-3895
Khodijah. N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Koseoglu, Y. 2013. Academic Motivation of the first-year university students and the self-determination theory. Educational Research and Reviews. Vol. 8(8), pp. 418-424, 23 April, 2013 DOI: 10.5897/ERR12.124 ISSN 1996-0816
Marina Kudryavseva. 2014. Possibilities of distance learning as means of foreigh langueage learning motivation among student of economics. Journal Sosial and Behavioral Sciences. 152 (2014) 1214 – 1218. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.09.301
Nurhanifah dan Nurulwati .2021. Minat dan Motivasi Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan dengan E-Learning pada jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Syiah Kuala. Serambi Akademica : Jurnal Pendidikan Sains dan Humaniora. Volume 9 (6). E-ISSN 2657-0998
P. K. Gupta dan Rashmi Mili. 2015. Impact Of Academic Motivation On Academic Achievement: A Study On High Schools Students. European Journal of Education Studies. Volume 2│Issue 10│2016. ISSN: 2501 – 1111. ISSN-L: 2501 – 1111
Rendika Vhalery etc. 2020. Persepsi Mahasiswa Tentang Pembelajaran Online ‘Google Classroom’ Pada Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Intelektium. Volume 2 (1) https://doi.org/10.37010/int
Rika Syariani S dan Rohana . 2021. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa FKIP Universitas Labuhan Batu Pada Pembelajaran Daring Tahun 2020. Jurnal Education and Development. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Volume 9 (2). E-ISSN: 2614-6061
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Presss
Widya Astuti Alam Sur, Minhatul Hasanah, Muhammad Rochmat M. 2020. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid19. Jurnal Equation : Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika. Volume 3 (2) E-ISSN ; 2614-3933
Yani Fitriyani, Irfan Fauzi, Mia Zultrianti Sari. 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan Dibidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Vol 6 (2) E ISSN; 2442-7667
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v1i2.18448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View MyStat
INDEXED BY:
Published By:
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.