PENGARUH INTERAKSI GURU TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA JURUSAN ILMU-ILMU SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI OLAHRAGA PROVINSI RIAU

akmal akmal, Ismail Ismail, Hermi Zaswita, Suhertina Suhertina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi guru dan siswa terhadap perilaku sosial siswa jurusan ilmu-ilmu sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Provinsi Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu dianalisis dengan dua cara yakni analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase dan analisis korelasi product moment yang dilanjutkan dengan analisis koefisien diterminasi untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara interaksi guru dan siswa terhadap perilaku sosial siswa. Hasil penelitian menunjukan Interaksi guru pada siswa sebesar 76,48%. Artinya, bahwa interaksi guru pada siswa dikategorikan “baik” karena berada pada rentang interval 61% - 80%. Hasil pada Perilaku sosial siswa pula menunjukan sebesar 78,23%. Artinya bahwa perilaku sosial siswa tergolong baik karena berada pada rentang interval 61% - 80% dikategorikan “baik”. Kemudian, untuk hasil pengaruh interaksi guru terhadap perilaku sosial siswa dilihat dari r hitung > r tabel (0,159<0,683> 0,210) menunjukan adanya pengaruh yang signifikan. Persentase sumbangan pengaruh interaksi guru terhadap perilaku sosial siswa jurusan ilmu-ilmu sosial sebesar 46,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Kata kunci: Interaksi Guru, Perilaku Sosial, Pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, (2011). Rencana Pembelajara, (Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Abdul Wahid & Atun Wardatun, (2009). Tendensi Teks: Ambiguitas Visi Sosial Buku PAI SMU Depag RI dan Hasil Bahtsul Masa’il NU (Mataram: Alam Tara Institute.

Ating Somantri dan Smabas Ali Muhidin, (2006). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian, Bandung: Pustaka Setia.

Azhar Arsyad, (2010). Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Wali Pers.

Dadang Supardan, (2009). Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati, (2006). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Elizabeth B. Hurlock, (2007). Perkembangan Anak, Jilid 1 Edisi Keenam, Jakarta: Erlangga.

Etin Solihatin, (2008). Cooperatif Learning Model Pembelajaran IPS, Jakarta: Bumi Aksara.

Ety Nur Inah, Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib Vol 08 Nomor 02 Tahun 2015,

Fuad Nashori, (2008). Psikologi Sosial Islami, Bandung: Refika Aditama.

Imam Ghozali, (2006). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jalaludin Rachmat, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001,

Kusnadi, Nurasmawi, dan Akmal, (2012). Strategi Pembelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P-IPS Ekonomi), Pekanbaru: Yayasan Pustaka Riau,

Martinis Yamin, (2013). Kita Membelajarkan Siswa, Ciputat: Referensi (GP Press Group).

Mudasir, (2011). Manajemen Kelas, Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Muuzirman, (2009) Interaksi guru pendidikan agama islam dengan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah menengah pertama padang luas kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, FTK UIN SUSKA, Skripsi Tidak Dipublikasikan, Pekanbaru.

Myers, David G, (2012). Psikologi Sosial, Salemba Humanika.

Nana Syaodith, (2006). Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuriman Abdullah, Analisis Pengaruh Iklim Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar Santri Dayah Berbasis Long-Life Learning di Aceh. (Majelis Pendidikan Daerah Aceh. Jurnal Pencerahan Volume 8, Nomor 2, 2014)

Purwanto, (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Penelitian Psikologi dan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rudi Hartono, (2013). Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid, Jogjakarta: Diva Press.

Samsunuarti Mar’at dan Like Indieningsih Kartono, (2010). Perilaku Manusia, Bandung: PT. Refika Aditama.

Saptono, (2006).Sosiologi Untuk Sma Kelas X. (Jakarta: PT. Phibeta Aneka Gama.

Sardiman A.M, (2014).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Wali Pers.

Siti Hartinah, Pengembangan Peserta Didik, Bandung: Refika Aditama, 2008,

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2013,

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Jilid 1, Yogyakarta: Andi,2002,

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005,

W.A. Gerungan, (2009). Psikologi Sosial. (Bandung: PT. Refika Aditama.

Wina Sanjaya, (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana,

Wuji Dara, Hubungan Antara Interaksi Belajar-mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah pertama negeri 3 Tualang Kabpaten Siak, FTK UIN SUSKA, 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v1i2.17341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View MyStat View MyStat

 

INDEXED BY:

      

 

Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.