IMPLEMENTASI STRATEGI INKUIRI DALAM MENINGKATKANPEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mbuktikan peningkatan pemahaman peserta didik tentang manusia, tempat dan lingkungannya melalui implementasi strategi inkuiri. Metode yang digunakan adalah Tindakan kelas dengan 2 siklus (4 pertemuan). Siklus 1 diperoleh hasil yang cukup baik kendati masih terdapat kelemahan terutama dalam proses pembelajaran yang dilalui siswa. Perbaikan yang dilaksanakan pada siklus ke 2 berdampak pada meningkatnya hasil belajar dan proses terlaksana secara optimal. Peningkatan hasil belajar pada siklus I adalah 80% mencapai kriteria kelulusan dan pada siklus II naik menjadi 90,62%. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa strategi inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga tepat digunakan sebagai alternative strategi pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Sabri, (2010), Strategi Belajar Mengajar, Ciputat: Quantum Teaching
Amir Pada, (2020), Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 84 Kota Pare-pare, Jurnal Publikasi Pendidikan, Volume 10 Nomor 1, 73-79.
Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R., (2010), Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi., (2017) Penelitian Tindakan kelas, Jakarta, Rineka Cipta
Dwi Susilowati, (2018) PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN Edunomika Vol. 02 No. 01, 36-46
Fathurrohman, M. (2017) Belajar dan Pembelajaran Modern, Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran.
Hamruni, (2012), Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani
Hendrawati, Endah., (2013), pengaruh Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar melalui metode Inkuiri Terhadap hasil belajar Siswa, Pedagogia, Vol. II. No1
Mas’ud Zein dan Darto, (2012) Evaluasi Pembelajaran Matematika, Pekanbaru: Daulat Riau
Nasution S, (2005) Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Ngalim Purwanto, (2006) Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya
Riyono dan Retnoningsih, (2015), Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture Dengan Strategi Inkuiri Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa, Unnes;Journal of Biology Education, Vol. 4(2) 166-172.
Sanjaya, Wina, (2006), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidika, Jakarta, Kencana Perdana Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v1i1.16282
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View MyStat
INDEXED BY:
Published By:
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.